Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Masakan Jawa Yang Masih Populer

Mari kita intip masakan jawa yang masih populer saat ini. Indonesia terkenal akan berbagai kuliner yang sangat beragam. Dari setiap kota yang ada di indonesia memiliki makanan khas daerahnya sendiri. Terutama pulau jawa. Di daerah jawa banyak sekali masakan-masakan yang rugi apabila tidak di coba. Masakan yang beragam dan juga memiliki cita rasa yang sangat enak membuat para masyarakat pulau jawa menjadikan hal itu sebuah peluang untuk dapat dijual.

Semakin berkembangnya zaman, banyak masakan-masakan tradisional yang kehilangan kepopulerannya. Hal itu dikarenakan zaman sekarang ini telah banyak masakan modern dan siap saji. Untuk soal rasa memang sama enaknya. Tetapi masakan tradisional memiliki rasa rempah yang khas. Hal itulah yang membuat masakan tradisional sangat berbeda dengan masakan modern saat ini. Kebanyakan makanan modern seperti cepat saji, mengandung bahan yang belum tentu sehat.

Tetapi masakan tradisional berbeda, banyak dari masakan-masakan tradisional yang masih menggunakan rempah-rempah asli dalam bahan utamanya. Masakan jawa terkenal dengan rasa yang beragam. Mulai dari makanan pedas, manis dan masakan kering bahkan berkuah semuanya ada di daerah jawa. Pulau jawa sendiri memiliki beberapa provinsi. Dan setiap provinsi tersebut memiliki masakan yang khas dari daerah mereka masing-masing.

Meskipun berada didalam satu pulau yang sama, tetapi untuk soal rasa, mereka mempunyai selera masing-masing. Biasanya masyarakat di pulau jawa lebih banyak menyukai makanan yang pedas. Seperti yang kita tahu di daerah jawa banyak sekali masakan-masakan pedas yang dapat mengunggah selera. Tetapi untuk kalian yang tidak terlalu menyukai masakan pedas, jangan sesekali mencobanya. Agar kalian tidak mempunyai masalah pada lambung.

Saat ini banyak masakan yang telah tergantikan oleh masakan-masakan modern. Tetapi biasanya masyarakat jawa yang masih bertimpat tinggal di daerah pedesaan, masih sering memasak masakan yang bisa dibilang tradisional. Karena mereka lebih suka masakan jawa yang masih beraroma rempah-rempah itu. Meskipun banyak sekali masakan-masakan modern yang tidak kalah enak, tetapi mereka cenderung banyak yang tidak suka.

Inilah masakan jawa yang masih populer hingga saat ini

Pecel


Pecel merupakan masakan yang masih populer saat ini. Di daerah jawa pecel ini ada berbagai macam. Mulai dari pecel ayam hingga pecel lele. Pecel ini memiliki rasa yang tidak pernah pudar sepanjang masa. Masakan ini biasanya menggunakan nasi dan bumbu kacang diatasnya. Dan juga biasanya pecel ini, diatas nasi diberi sayuran seperti kangkung dan toge. Dari masakan itu kita masih mendapatkan vitamin dari sayuran yang ada di pecel tersebut.

Rawon

Masakan jawa yang satu ini memang tidak ada habisnya jika diungkapkan soal rasa. Biasanya di daerah jawa rawon ini sering kita jumpai pada hajatan-hajatan. Masakan yang memiliki rasa gurih ini dapat mengunggah selera makan kita. Bisa dibilang rasa dari rawon tidak dapat tergantikan. Rawon ini merupakan masakan berkuah yang cocok kita sandingkan dengan nasi dan juga biasanya terdapat daging didalam rawon tersebut.

Dodol jawa

Makanan yang satu ini tidak bisa kita sandingkan dengan nasi. Dodol ini sama halnya dengan permen. Tetapi dodol memiliki tekstur yang lembut dan tentunya memiliki rasa manis yang khas. Hal itu dikarenakan dodol tersebut terbuat dari gula jawa yang juga sering disebut gula aren. Gula jawa tersebut memiliki rasa yang khas apabila kita memakannya. Dan di jawa biasanya dodol ini disajikan untuk tamu.

Nah itulah beberapa masakan jawa yang masih populer hingga saat ini. Dan tidak perlu diragukan lagi masakan-masakan tersebut masih mengandung rempah-rempah yang aman untuk tubuh kita.

Post a comment for "Intip Masakan Jawa Yang Masih Populer"

Berlangganan via Email