Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Penyebab Jantung Koroner yang Harus Kalian Hindari


Ini Dia Penyebab Jantung Koroner yang Harus Kalian Hindari! Penyakit jantung koroner atau yang sering disebut dengan istilah PJK merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah pada jantung atau arteri koroner. Kerusakan ini bisa saja disebabkan salah satunya oleh penumpukan kolesterol juga zat residu dari metabolisme di dinding arteri.

Tumpukan kolesterol dan zat sisa metabolisme ini juga dikenal dengan istilah ateroma. Ateroma yang semakin menumpuk inilah yang akan menjadikan dinding arteri semakin tebal hingga kemudian rusak dan timbulah penyebab jantung koroner.
penyebab jantung koroner

Faktor Penyebab Jantung Koroner

Adapun selain menumpuknya ateroma pada dinding arteri, masih banyak lagi penyebab dari terjadinya gangguan jantung. Tentu saja faktor ini harus diminimalisir sedemikian mungkin. Beberapa diantaranya adalah:

1. Rokok

Tentu saja kalian pernah membaca tulisan yang terdapat pada bungkus rokok, bukan? Disana tertera tulisan yang mengatakan bahwa merokok merupakan salah satu penyebab jantung koroner. Nikotin serta kandungan CO Yang terdapat pada rokok inilah yang akan membebani kinerja jantung. Karena terbebani, maka secara tidak langsung kinerja jantung juga akan semakin cepat dan terjadilah penggumpalan darah pada pembuluh jantung.

2. Diabetes

Seseorang yang memiliki riwayat menderita diabetes maka ia akan lebih beresiko terserang penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan dinding pada pembuluh darah akan menebal sehingga alirannya tidak lancar alias terganggu.

3. Trombosis

Trombosis diketahui juga menjadi salah satu penyebab jantung koroner. Trombosis merupakan suatu bekuan yang biasa terbentuk pada pembuluh darah. Baik itu pembuluh darah vena atau arteri. Bahayanya, jika trombosis atau bekuan darah ini terjadi di pembuluh arteri, maka suplai darah ke jantung akan berkurang sehingga beresiko terserang PJK.

4. Tekanan darah tinggi

Seseorang dengan gangguan kesehatan hipertensi alias memiliki riwayat penyakit darah tinggi maka jantungnya akan bekerja lebih cepat dari orang normal. Adapun penyakit darah tinggi ini biasanya dipicu oleh konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi.

5. Kadar kolesterol tinggi

Kolesterol juga menjadi salah satu penyebab jantung koroner. Kolesterol sendiri merupakan lemak yang dihasilkan oleh hati dengan tujuan membantu proses pembentukan sel sehat. Akan tetapi, meski fungsinya sangat besar, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru akan memicu timbulnya PJK.

Adapun untuk kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis. Ada kolesterol baik yang akan membantu pembentukan sel baru yang biasa disebut dengan HDL, lalu ada juga kolesterol jahat yang menumpuk pada dinding arteri sehingga terjadi penyumbatan dan biasa disebut sebagai LDL. Kadar LDL normal pada orang dewasa adalah kurang dari 100 mg/dl. Hal ini akan berbeda bagi mereka yang sudah mempunyai riwayat PJK, dimana kadarnya lebih rendah dari orang normal.

6. Berat Badan Berlebih

Kelebihan berat badan alias obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab jantung koroner. Hal ini dikarenakan seseorang yang mempunyai berat badan berlebih cenderung memiliki tumpukan lemak yang akan menyumbat aliran darah ke jantung. Inilah mengapa penderita jantung koroner mayoritas juga sebagai penderita obesitas.

7. Kurang Beraktivitas
Seseorang yang kurang melakukan aktivitas fisik akan lebih besar resiko terkena PJK nya. Hal ini dikarenakan dengan melakukan aktivitas fisik maka kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah akan terkontrol dengan baik. Aktivitas fisik juga akan meminimalisir terjadinya obesitas.

8. Pola Makan Tidak Sehat
Pola makan juga bisa menjadi penyebab jantung koroner tanpa disadari. Pola makan tidak sehat seperti terlalu banyak konsumsi garam, minyak, gula, dan lemak jenuh lainnya akan mengundang kolesterol, gula darah, juga tekanan darah meningkat sekaligus. Tidak hanya jantung koroner, penyakit lain pun juga akan menyerang jika pola makan tidak benar.

Post a comment for "Ini Dia Penyebab Jantung Koroner yang Harus Kalian Hindari"