Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Diet Sehat Untuk Jantung Koroner


Ini Dia Diet Sehat Untuk Jantung Koroner. Jantung adalah organ vital pada tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru serta ke seluruh tubuh lain agar nutrisi dan oksigen dapat diserap tubuh. Namun, semakin bertambahnya usia seseorang, semakin beresiko orang tersebut terserang penyakit.

Penyakit yang sering dijumpai pada lansia salah satu nya adalah penyakit koroner. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah pada nanti atau arteri koroner mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh lemak. Bila lemak dibiarkan menumpuk, maka sudah dipastikan arteri akan menyempit sehingga membuat aliran darah ke jantung menjadi berkurang.

Plak pada dinding arteri yang dihasilkan dari penyumbatan ini menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Biasanya terdiri dari beberapa hal seperti kalsium dan kolesterol. Semakin tua umur seseorang maka resiko pembentukan plak semakin tinggi. Jika terus menerus dibiarkan, plak yang ada ini akan mengganggu dan menyebabkan penurunan elastisitas pada pembuluh arteri. Jika Anda menghiraukan plak tersebut, pembuluh arteri pada jantung akan menyempit yang akan berakibat pada suplai oksigen ke jantung semakin sedikit pula.

Gejala Jantung Koroner

  • Rasa tidak nyaman seperti nyeri di area dada, tapi juga dapat menjalar ke leher, rahang, bahu, tangan kiri, punggung, bahkan perut bagian kiri merupakan gejala jantung koroner.
  • Sering muncul keringat dingin, rasa mual, muntah, dan mudah merasa lelah.
  • Gejala jantung koroner lainnya adalah Irama denyut jantung mulai tidak stabil bahkan menyebabkan jantung terhenti yang bila tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian.
jantung koroner

Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi penyakit jantung koroner,meliputi:
  • Usia lanjut. Semakin tua, arteri akan semakin menyempit dan rapuh.
  • Gender. Resiko penyakit jantung koroner akan lebih tinggi pada laki-laki.
  • Genetik. Jika keluarga anda mempunyai riwayat penyakit ini, maka resiko anda terkena penyakit ini semakin tinggi.
  • Nikotin pada rokok dapat pempersempit arteri yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.
  • Memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan/atau kadar lemak darah yang tinggi.
  • Memiliki trauma mental atau stres psikologis berat jangka waktu panjang.



Diet Sehat Untuk Jantung Koroner

Diet sehat jantung bersumber dari makanan yang segar dan alami, bukan makanan digoreng, makanan olahan, makanan kemasan, dan makanan ringan bergula. Pola variasi makan kita keseluruhan lebih penting dari pada makanan tertentu. Karena tidak ada satu jenis makanan yang bisa membuat kita sehat secara ajaib. Hal ini berlaku juga pada penyakit jantung koroner. Terdapat Beberapa pola diet sehat untuk mengatasi penyakit ini, antara lain ialah:
  • Batasi penggunaan garam bila ada tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih, sebaiknya anda mengurangi jumlah makanan pokok sebagai sumber hidrat arang kalian untuk mengurangi resiko jantung koroner. Contohnya seperti mie instan, bihun, beras, roti, tepung, gula dan lain sebagainya.
  • Bahan makanan yang berlemak sebaiknya dibatasi. Pilihlah daging tampak lemak atau ikan segar, ayam dll
  • Sebaiknya anda menghindari sayuran yang mengandung gas seperti kol, lobak, nangka muda jika anda ingin terbebas dari jantung koroner

Semoga artikel ini bisa membantu anda dan memberikan pemahaman tentang penyakit jantung serta pola dietnya. Itu dia beberapa pembahasan mengenai penyakit jantung koroner, mulai dari pengertian hingga pemicu nya. Lebih jauh semoga artikel ini secara tidak langsung bisa menjadi pedoman hidup sehat anda. Baik itu dalam pola kehidupan dan pola makan anda.

Post a comment for "Ini Dia Diet Sehat Untuk Jantung Koroner"