Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Bagi Ibu dan Bayi

Ini Dia Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Bagi Ibu dan Bayi - Sudah menjadi hal yang umum bahwa setiap wanita yang hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis dan cukup banyak. Namun pada beberapa wanita, kenaikan berat badan ini bertahan lama, bahkan setelah melahirkan dan saat menyusui pun tubuh masih tetap melar.

Kondisi ini demi mengembalikan bentuk tubuhnya yang ideal. Tetapi untuk bisa melakukan diet sehat bagi ibu menyusui, tentunya haruslah hati-hati karena berpengaruh terhadap asupan nutrisi bayi. Berikut ini adalah beberapa cara diet yang bisa diterapkan oleh ibu menyusui agar memiliki berat yang kembali ideal.

diet sehat ibu menyusu

Beberapa Cara diet Sehat Ibu Menyusui

Makan makanan sehat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mempertahankan diet sehat ibu menyusui, yaitu anda harus memastikan kecukupan asupan kalori. Seorang ibu menyusui akan kehilangan banyak kalori ketika menyusui, sehingga sangat penting memperhatikan makanan yang tepat. Anda bisa menambah asupan makanan dari kondisi saat hamil, hingga tercapai sekitar 2.200 dan 2.500 kalori. Kalori yang sehat bisa anda dapatkan melalui produk olahan susu rendah lemak, sayur dan buah-buahan, biji-bijian, dan lain sebagainya

Cukupi waktu tidur

Cara diet ibu menyusui yang juga penting adalah istirahat, supaya metabolisme dan kinerja organ tubuh menjadi optimal. Karena ibu menyusui seringkali tidak memiliki waktu tidur yang cukup, sehingga beresiko mengalami penambahan berat badan. Jika sering menyusui saat malam hari, anda bisa menyempatkan diri untuk tidur saat siang ataupun ketika bayi tengah tertidur.

Sering menyusui bayi

Kegiatan menyusui bayi mampu membakar kalori dengan cepat, sehingga sering dijadikan program diet sehat ibu menyusui. Jadi ketika menyusui sesuai keinginan bayi, anda akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari bahkan saat malam sekalipun. Namun anda harus menyeimbangkan juga dengan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi, supaya produksi ASI tetap lancar. Karena meski anda banyak makan, tetapi tidak akan menyebabkan penumpukan lemak jika anda tetap rajin menyusui bayi setiap hari.

Menurunkan berat badan pelan dan bertahap

Dalam menjalankan diet sehat saat tengah menyusui, anda harus mengingat hal terpenting yaitu produksi ASI. Banyak cara diet yang justru memberikan efek penurunan pasokan ASI yang akan mengurangi asupan nutrisi pada bayi. Sehingga sebaiknya turunkan berat badan secara pelan dan bertahap, mengikuti bertambahnya usia bayi dan kebutuhan ASI yang berkurang. Misalnya jika disesuaikan dengan usia bayi mulai 2 bulan, 6 bulan, hingga 2 tahun selesai memberikan ASI eksklusif.

Penuhi kebutuhan cairan harian

Cara selanjutnya dalam menjalankan diet sehat ibu menyusui yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cairan tidak hanya didapatkan dari minum air putih saja, tetapi juga bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti buah dan sayuran. Asupan cairan bagi ibu menyusui harus tercukupi, demi mengoptimalkan metabolisme tubuh agar bekerja dengan baik. Jika sampai kekurangan cairan, bukan tidak mungkin anda akan mudah merasa kelelahan.

Langkah terpenting untuk diet sehat ibu menyusui adalah bersabar dan tetap memprioritaskan kebutuhan ASI bayi. Jangan hanya demi penampilan, ibu memaksakan diri dan mengesampingkan kebutuhan bayi. Terlebih tubuh Anda baru saja mengalami banyak perubahan besar setelah hamil dan melahirkan, sehingga perlu banyak asupan nutrisi untuk pemulihan. Maka dari itu, selalu jaga program diet anda dengan cara tepat yang baik bagi kesehatan ibu maupun bayi

 

 


Post a comment for "Ini Dia Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Bagi Ibu dan Bayi"