Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Mencoba Diet Karbo Efektif?Kenali Dulu Jenis Makanan Pilihan dan Pantangannya

Ingin Mencoba Diet Karbo Efektif?Kenali Dulu Jenis Makanan Pilihan dan Pantangannya - Diet karbo adalah salah satu jenis diet yang dalam prakteknya berfokus membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak sehat dan tinggi protein. Ada juga yang mengenal diet karbo sebagai diet keto dan diet atkins. Namun, pada dasarnya semua metode tersebut sama, yakni menghindari makanan makanan karbohidrat tinggi.

Manfaat Diet Karbo Efektif

Diet Karbo Dapat Menurunkan Berat Badan Menjadi Lebih Ideal

Diet Karbo secara efektif dapat menurunkan berat badan menjadi lebih ideal apabila dilakukan secara teratur. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan tertentu yang kandungan karbohidratnya terbatas sangat baik untuk tubuh. Contoh makanan yang yang direkomendasikan adalah beras merah, sesekali boleh makan kentang, sayur dan buah juga baik untuk yang sedang melakukan diet karbo.


diet karbo efektif
diet karbo efektif


Diet Karbo Efektif Mengurangi Nafsu Makan

Berat badan yang naik secara drastic biasanya dimulai dari nafsu makan yang juga naik. Namun, dengan menerapkan diet karbo efektif ini, nafsu makan akan dapat dikendalikan. Karena makanan yang dikonsumsi bukan dari segala jenis makanan yang dapat memicu timbulnya nafsu makan. Makanan tertentu yang ada dalam diet dipercaya mampu menekan nafsu makan sehingga berat badan pun terkontrol.

Tingkat Insulin dan Gula Darah Menurun

Karbohidrat telah dikenal sebagai asupan yang banyak mengandung gula. Gula yang terlalu berlebihan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, diet ini sangat baik untuk menekan gula yang berlebihan. Orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes pun sangat dianjurkan untuk melakukan diet ini agar tingkat gula darahnya tidak terlalu tinggi. Contoh makanan dengan kadar gula rendah adalah beras merah dan jagung.

Cara Diet Karbo yang Baik dan Benar

Jumlah karbohidrat yang ideal untuk dikonsumsi setiap harinya adalah berkisar antara 45-65% dari total asupan harian. Atau sekitar 225-325 gram per hari. Namun, untuk yang sedang melakukan diet karbo efektif asupan tersebut harus berkurang karena memang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat  karbohidrat yang harus dikonsumsi adalah sekitar 50-150 gram.

Sebenarnya tidak ada aturan resmi dalam menjalani. Semuanya bergantung pada kondisi tubuh seseorang yang jelas berbeda. Belum tentu jumlah asupan karbohidrat satu orang akan sama dengan orang lain. Oleh karena itu penting untuk dilakukan eksperimen berapakah jumlah asupan karbohidrat yang tepat untuk tubuh sendiri. Yang paling penting dari diet sebenarnya tidak hanya berat badan yang cepat turun, tapi juga bagaimana agar badan tetap sehat di masa diet.

Makanan Pilihan dan Pantangan Untuk Diet Karbo

Diet karbo dalam prakteknya bukan berarti tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Tetap boleh, hanya saja jumlahnya harus dikurangi. Adapun jenis makanan dikonsumsi yang mengandung karbohidrat tergantung dari kondisi tubuh saat ini. Misalnya melihat dari berat badan, kondisi tubuh dan berapa bobot tubuh yang ingin diturunkan. Makanan yang baik untuk diet karbo efektif ini adalah daging, telur dengan omega 3, sayuran, ikan Salmon, lemak sehat dan buah-buahan.

Makanan Pantangan Untuk Diet Karbo

Untuk Anda yang sedang menjalani diet karbo, terdapat beberapa makanan yang memang menjadi pantangan. Hal ini dimaksudkan agar diet yang dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh pun tetap sehat. Adapun makanan yang menjadi pantangan bagi diet ini adalah gula, makanan kemasan, makanan dengan lemak jahat dan sayuran yang mengandung pati, misalnya kacang merah, kentang dan jagung.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan untuk melakukan diet karbo efektif. Dengan mengetahui jenis makanan yang dianjurkan serta dilarang akan lebih efektif melakukannya. Salam sehat.

 


Post a comment for "Ingin Mencoba Diet Karbo Efektif?Kenali Dulu Jenis Makanan Pilihan dan Pantangannya"