Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Diet Sukses? Perhatikan 5 Pantangan Makanan dalam Diet Sehat untuk Remaja

Ingin Diet Sukses? Perhatikan 5 Pantangan Makanan dalam Diet Sehat untuk Remaja.- Jangan dikira diet itu hal yang sulit untuk dilakukan. Kalau melakukan diet untuk menjaga kesehatan, diet sebenarnya bukan hal sulit. Akan tetapi, bila hanya memikirkan penampilan semata, diet akan terasa berat dan sulit dilakukan. Hal ini karena para remaja yang sedang diet akan terobsesi untuk segera mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal dengan cara yang cepat.


Sebagian remaja kesulitan menjalankan program diet, meskipun telah berusaha keras. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang memang masih belum baik. Kurang tidur, kurang minum air putih, membiarkan perut kelaparan hingga seharian, dan mengkonsumsi junk-food menjadi beberapa penyebab gagalnya diet pada remaja. Mengetahui penyebab kegagalan diet membantu para remaja untuk mencapai target berat badan ideal yang sangat baik bagi kesehatan maupun penampilan.


diet sehat untuk remaja

Diet Sehat untuk Remaja Bukan Diet yang Menyiksa


Saat masih dalam masa pertumbuhan, sebaiknya memperhatikan pilihan diet sehat untuk remaja. Diet bukan hanya mengejar target mempunyai bentuk tubuh dan berat badan ideal, tetapi perhatikanlah unsur-unsur kesehatan agar program diet tidak menyiksa tubuh dan mengganggu aktifitas harian. Lakukan konsultasi dengan ahli diet atau tenaga medis untuk mengetahui cara diet yang benar.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat melakukan diet.


1. Roti Putih


Roti putih dengan mentega atau aneka selai memang nikmat.  Sayangnya roti putih mengandung banyak karbohidrat yang harus dihindari karena sangat berpotensi menyebabkan obesitas pada remaja. Makanan ini juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, dan gangguan metabolis lain yang dapat memicu penyakit jantung.


Remaja yang sedang menjalankan diet sehat untuk remaja sebaiknya mengganti roti putih dengan roti gandum. Roti gandum sangat rendah karbohidrat dan lemak, akan tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut kenyang lebih lama, hal ini mengakibatkan keinginan ngemil di luar jam makan bisa ditekan. Kandungan serat yang tinggi pada gandum juga membantu pencernaan karena membuat gerakan usus lebih teratur.


2. Es Krim


Sebagian remaja sulit menghindarkan diri dari makanan jenis ini karena rasanya yang lezat. Tapi tahukah anda bahwa es krim mengandung lemak dan gula yang sangat tinggi. Bila ingin diet sehat, harus berpantang pada makanan nikmat ini. Remaja bisa mendapatkan manfaat es krim dari makanan lain yang lebih bergizi. Apabila tetap ingin menikmati es krim, silahkan membuat sendiri dengan bahan yang aman dan gula yang tidak banyak.


3. Jus dan Minuman dalam Kemasan


Jus dan minuman kemasan tidak baik dikonsumsi terutama saat sedang menjalankan diet sehat untuk remaja karena biasanya minuman ini telah ditambahi pemanis buatan. Tidak hanya itu, sebagian besar minuman dalam kemasan tentunya telah diberi tambahan aneka zat kimia yang berfungsi untuk menambah rasa dan mengawetkan yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


4. Camilan


Camilan yang mengandung lemak tidak sehat harus dihindari saat menjalankan diet. jangan makan camilan yang telah diolah menggunakan lemak trans, karena dapat mengakibatkan penimbunan lemak di dalam tubuh. Hindari juga camilan yang mengandung banyak gula seperti roti, biskuit, dan pie karena dapat menyebabkan tumpukan gula di dalam darah. Sebaiknya konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan yang telah direbus tanpa garam.  


5. Makanan Rendah Lemak


Lemak di dalam tubuh berfungsi membantu menyerap nutrisi. Jadi, tidak selamanya makanan rendah lemak itu bagus. Lemak membantu remaja menambah energi sehingga bila konsumsi harian adalah rendah lemak akan berpengaruh pada ketahanan tubuh dalam beraktivitas. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, udang, dan kacang saat melakukan diet sehat untuk remaja.


Demikian lima pantangan dalam diet sehat untuk remaja. Mengatur pola makan memang selayaknya menjadi kebiasaan baik agar terus terbawa hingga usia bertambah.


Post a comment for "Ingin Diet Sukses? Perhatikan 5 Pantangan Makanan dalam Diet Sehat untuk Remaja"