Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Diet sehat ibu menyusui? Berikut Langkahnya

Ingin diet sehat ibu menyusui? Berikut langkahnyaDiet sering dilakukan bagi wanita yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal seperti semula sebelum kehamilan. Namun sebelum melakukan diet, pertimbangkan tentang gizi untuk ASI yang berkualitas untuk si kecil. Lakukan diet sehat yang aman agar tidak mempengaruhi kesehatan si kecil agar nutrisinya tetap tercukupi. Berikut beberapa langkah yang aman untuk diet sehat.

diet sehat ibu menyusui

Langkah aman diet sehat ibu menyusui

Sebenarnya diet sehat ala ibu menyusui bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Diperlukan kerjasama dengan keluarga terutama suami agar bisa mengontrol kegiatan ibu menyusui. Dengan kerjasama dengan suami, bisa saling mengingatkan seumpama ibu menyusui melupakan salah satu poin-poin cara diet yang aman. Berikut langkah diet yang aman dan sehat untuk ibu menyusui.

Makan terjadwal

Langkah pertama diet sehat ibu menyusui yang harus dilakukan sebelum diet sehat adalah mengatur jadwal makan sehari-hari. Dalam sehari sebaiknya makan tiga kali, yaitu pagi, siang, dan sore menjelang malam. Ibu menyusui bisa menekan kegemukan jika mematuhi jadwal tersebut tanpa takut penurunan kualitas ASI. Ingat! Jangan melewatkan satu kali jadwal makan tersebut jika tidak ingin gagal dalam program dietnya.

Perhatikan porsi makan

Meskipun ibu menyusui harus mengonsumsi banyak makanan sehat, perlu diperhatikan juga jumlah dan porsi makannya. Ketika Anda mulai menjalankan diet sehat untuk ibu menyusui, perlu untuk mengurangi porsi makan. Ingat! Yang dikurangi adalah porsinya bukan jenis makanannya. Misalnya biasanya makan dengan 5 sendok nasi dikurangi menjadi 3 sendok nasi.

Perbanyak minum air putih

Langkah selanjutnya untuk diet sehat ibu menyusui adalah menambah konsumsi minum air putih. Selain membuat badan menjadi segar, namun juga berfungsi sebagai penekan nafsy makan. Ibu menyusui akan sering merasa lelah jika tidak memenuhi kebutuhan energi dan cairan dalam tubuh. Karena menyusui bukanlah masalah yang mudah.

Olahraga

Hal yang tidak kalah penting dalam program diet sehat untuk ibu menyusui adalah melakukan olahraga. Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga ringan. Misalnya senam, jalan kaki, yoga, dan sebagainya. Tujuannya agar kalori dan lemak di dalam tubuh agar cepat terbakar sehingga terhindar dari kegemukan. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang yang terpenting konsisten. Misalnya olahraga 10 - 30 menit setiap harinya setelah bayì tidur.

Makan makanan yang sehat

Ikuti panduan menu diet sehat ibu menyusui sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi tepat. Ada beberapa ide untuk ibu menyusui untuk mempertahankan diet yang aman. Pertama, cukupi jumlah kalori. Perlu diketahui untuk ibu menyusui perlu menambah kalori sebanyak 300 sampai 500 kalori per hari. Sehingga jumlah seluruh kalori setiap harinya adalah sekitar 2200 dan 2500 kalori.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga penting dimasukkan dalam program diet sehat untuk ibu menyusui. Pentingnya tidur tidak bisa dilebih-lebihkan. Karena ketika tidur, tubuh akan memperbaiki diri sendiri sehingga tubuh lebih sehat. Ketika tubuh menjadi sehat maka tekanan darah menjadi normal, otot menjadi rileks pelepasan hormon pertumbuhan menjadi lancar, pernapasan dan detak jantung menjadi stabil, dan aliran darah menuju otot dan organ semakin meningkat.

Itulah beberapa langkah untuk melakukan diet sehat ibu menyusui. Namun yang paling terpenting dalam diet adalah bersabar. Jangan terlalu memaksakan diri karena tubuh baru saja mengalami perubahan besar. Meski sangat bersemangat dalam menjalankan, tapi memerlukan waktu untuk pemulihannya. Semangat mencoba.

 


Post a comment for "Ingin Diet sehat ibu menyusui? Berikut Langkahnya"