Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Islami Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat Islami Untuk Menurunkan Berat Badan. Di dunia saat ini, salah satu masalah kebugaran paling umum yang kita hadapi adalah obesitas. Itulah sebabnya kita melihat banyak orang mengikuti diet yang berbeda (terkadang berbahaya) untuk menurunkan berat badan. Pada dasarnya, diet untuk menurunkan berat badan tidak selalu menjadi hal buruk. Karena Anda hanya perlu belajar bagaimana berpegang teguh pada gaya hidup sehat, untuk mendapatkan manfaat fisik dan psikologis yang hebat.

Beberapa manfaat yang bisa diberikan dengan gaya hidup sehat meliputi: penurunan berat badan yang membuat pernapasan lebih lancar, meningkatkan kelangsungan hidup terutama bagi orang yang memiliki penyakit obesitas atau diabetes tipe-2, dan dapat membantu mengurangi tekanan gula darah. Untuk itu, ajaran Islam telah memberikan kepada kita bagaimana cara memecahkan masalah berat badan ini tanpa harus menyakiti diri sendiri.

Diet sehat Islami
Diet sehat Islami 

Cara Memulai Diet Sehat Islami Yang Aman

Berpuasa

Islam telah mengajarkan kepada umatnya untuk membatasi makanan, salah satunya dengan cara berpuasa. Diet sehat Islami dengan berpuasa ini dapat dilakukan setiap hari senin atau kamis, di luar bulan Ramadhan. Puasa dapat membantu Anda untuk menyehatkan fisik, mental, dan spiritual. Namun selama melakukan diet ini, usahakan untuk menjaga makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sementara itu hindari makanan gorengan saat berbuka.

Menghindari kelebihan

Seorang Muslim yang baik akan makan untuk hidup, bukan hidup untuk dimakan. Di Al-Qur'an (7:31) sendiri telah dikatakan, "makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan”. Sementara itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk tidak berlebih-lebih dalam menyantap makanan. Cukup sepertiga untuk makan, seperti lagi untuk minum, dan sepertiga lainnya untuk bernapas

 Makan yang cukup dalam jumlah kecil

Mengisi makanan untuk perut sendiri tidak hanya memberikan kenaikan berat badan, tapi juga membuat Anda lamban dan cepat lelah. Jadi diet sehat Islami yang bisa Anda lakukan disini yaitu dengan memberikan kelebihan makanan untuk yang membutuhkan. Seperti yang dikatakan Nabi, perut adalah rumah penyakit, dan semakin banyak makanan yang tidak perlu Anda makan, maka semakin lemah sistem kekebalan tubuh Anda.

Makan sarapan

Banyak orang mengabaikan sarapan di pagi hari, sehingga mereka rentan terkena maag. Padahal makan di pagi hari atau sarapan bisa mempercepat metabolisme tubuh. Sarapan dapat memelihara Anda di awal hari sehingga Anda tidak akan telat makan dan lelah. Itu juga dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW, "makanlah makananmu pada waktu fajar, karena ada berkah dalam makanan saat itu". Dan yang dimaksud berkah disini ada dalam tiga hal, yakni makan pagi, roti, dan sup.

Minum air yang cukup

Air adalah metode diet sehat Islami yang dapat membatu menurukan berat badan, sekaligus juga menyiram racun dalam tubuh dan melembabkan kulit. Dalam Al-Qur’an (2:60) dikatakan, "makan dan minumlah dari rezeki (yang diberikan) Allah". Jadi alih-alih mengkonsumsi minuman yang tidak sehat seperti soda, maka lebih baik meminum banyak air saat Anda haus (setidaknya 8-10 gelas per hari). Karena kebetulan soda juga dapat memperlambat metabolisme dan mempercepat pembusukan gigi.

 Bersabar

Begitu banyak metode diet yang hancur karena orang-orang kehilangan semangat dan kembali ke rutinitas yang buruk. Padahal dalam Al-Qur'an (2:155) sudah dikatakan, "Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kehilangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Tapi sampaikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang tabah". Jadi alih-alih menyerah, maka cobalah untuk tekun dan tetap teguh.

Itulah beberapa cara diet sehat Islami yang sudah diajarkan untuk para muslim dan muslimah dalam mengurangi berat badan. Tidak ada metode yang memberatkan dalam Islam ini, hanya saja Anda mungkin perlu bersabar dan tekun untuk melaksanakannya. Dengan begitu, keimanan Anda juga pasti lebih kuat.

 

 


Post a comment for "Diet Sehat Islami Untuk Menurunkan Berat Badan"