Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Cepat Untuk Penderita Asam Lambung

Diet Sehat Cepat Untuk Penderita Asam Lambung. Amankah melakukan diet bagi penderita asam lambung? Sebuah pertanyaan yang mungkin pernah terlintas dalam pikiran Anda saat ingin melakukan diet. Kebanyakan orang melakukan diet dengan cara mengurangi porsi makan, sehingga dapat menyebabkan sakit bagi yang memiliki penyakit asam lambung. Diet sehat untuk penderita asam lambung bukanlah mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit dari biasanya, melainkan mengenai mengatur pola makan.

Bagi penderita asam lambung, telat makan sedikit saja akan menyebabkan naiknya asam lambung tersebut. Hal inilah yang membuat orang yang mengalami sakit asam lambung merasa kesulitan untuk diet. Setiap orang bisa melakukan diet sekalipun lambungnya sedang bermasalah dengan penyakit maag atau asam lambung. Ikuti langkah-langkah diet yang sehat dan aman. Berikut ini tips diet bagi penderita asam lambung.

diet sehat cepat
diet sehat cepat

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Diet Sehat Cepat Untuk Penderita Asam Lambung

Konsumsi Makanan yang Tepat

Sakit maag atau asam lambung bukan masalah untuk Anda yang ingin diet. Anda harus pandai memilih jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag atau asam lambung sekaligus dapat menurunkan berat badan. Kunci utama diet sehat cepat untuk penderita asam lambung yaitu dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolori dan lemak, namun mengandung protein tinggi. Misalnya, ikan, daging sapi tanpa gajih, telur ayam bagian putihnya saja, dan daging ayam tanpa kulit.

Ganti makanan yang mengandung karbohidrat harian Anda dengan buah-buahan atau karbohidrat kompleks dengan kandungan serat tinggi.  Apalagi karbohidrat dari makanan olahan seperti kue, donat atau roti. Sebaiknya ganti dengan karbohidrat kompleks dengan mengandung serat yang tinggi seperti roti gandum dan nasi merah. Konsumsi buah-buahan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jadi, Anda tidak perlu mengurangi makan, Anda hanya perlu mengganti menu makanan Anda.

Atur Porsi Makan

Atur porsi makan Anda menjadi makan sedikit namun sering. Hindari makan dalam porsi besar tapi sekali makan. Jangan mengurangi porsi makan Anda. Jika terbiasa makan tiga kali sehari, jangan menguranginya menjadi satu atau dua kali sehari. Makanlah dalam jumlah kecil dengan jenis makanan yang tepat akan membantu Anda dalam menjalankan diet sehat cepat yang aman untuk penderita asam lambung.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan bagian penting dalam program menurunkan berat badan. Olahraga adalag salah satu cara efektif dan murah yang bisa dilakukan untuk diet. Namun, penting untuk Anda konsultasikan pada dokter sebelum memulai untuk rutin berolahraga. Karena beberapa jenis olahraga ternyata dapat mengakibatkan menurunnya aliran darah konsisten pencernaan. Hal tersebut malah akan membuat asam lambung Anda kambuh.

Diet sehat cepat untuk penderita asam lambung bisa Anda mulai dengan melakukan olah raga ringan secara rutin. Di antara olah raga yang bisa Anda pilih, yaitu jogging, berjalan, yoga, atau berenang.  Anda bisa melakukannya selama 30 menit minimal 3 kali dalam satu minggu. Lihat reaksi yang terjadi pada kondisi tubuh Anda. Apabila asam lambung tidak kambuh, Anda bisa mencoba olah raga yang lebih berat.

Demikian tiga langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan diet sehat cepat untuk penderita asam lambung. Terlihat sederhana, namun hasil akan didapatkan apabila Anda konsisten melakukannya. Hindari makan-makanan yang mengandung gula dan makanan instan. Jaga pola makan agar berat badan Anda turun dan tubuh tetap sehat. Sekarang Anda tidak lagi perlu merasa khawatir, karena penderita asam lambung juga bisa melakukan diet.


Post a comment for "Diet Sehat Cepat Untuk Penderita Asam Lambung"