Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Alami Mengikuti Ajaran Islam


Memang tidak ada literasi secara khusus tentang Diet Sehat Alami Mengikuti Ajaran Islam. Akan tetapi jika mendalami secara mendetil dan teliti, ternyata apa yang tertulis di Al-Qur’an dan apa yang diajarkan Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam mengajarkan bagaimana hidup sehat. Dalam kitab suci Islam banyak sekali bahan bahan alami yang memiliki khasiat dan bisa membentuk tubuh ideal. Sebut saja cairan madu yang memiliki kandungan yang baik bagi tubuh dan terbukti bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Diet pada dasarnya adalah pola makan atau makanan yang diatur sedemikian rupa untuk membentuk tubuh sesuai yang diinginkan. Diet disini berarti membatasi makan yang apabila di kesehariannya terlalu berlebihan. Atau memakan makanan yang mengandung bahan bahan yang tidak menyehatkan. Jika merunut arti dari diet itu sendiri, puasa atau shaum memiliki aturan pola makan yang diatur oleh ajaran Islam. Dan atau, mengkonsumsi bahan bahan yang sudah di sebutkan di dalam Al-Qur’an atau dicontohkan nabi pun sudah tergolong diet.

Puasa

diet sehat alami
Dari pagi hari hingga terbenamnya matahari umat Islam dilarang untuk mengkonsumsi makanan atau minuman. Ini merupakan perintah puasa yang bertujuan untuk mengalami penderitaan yang dialami kaum lemah. Ini bisa dibilang diet sehat alami yang sudah diatur sedemikian rupa oleh agama. Jika anda hanya berpuasa di bulan Ramadhan, mengapa anda tak mencoba berpuasa di setiap Senin dan Kamis atau puasa puasa sunnah yang lainnya. Ada 2 hal yang akan anda dapatkan. Yakni pahala mengharapkan ridho-Nya dan tubuh ideal sesuai dengan yang anda inginkan.

Komsumsi Herbal

Herbal banyak jenisnya, terutama yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Sebut saja kurma, madu, jintan hitam, semangka dan banyak lainnya. Kurma, sangat baik bila dikonsumsi sebagai sarapan di pagi hari. Bahkan memakan 7 butir kurma di pagi hari anda bisa terhindar dari sihir dan bisa bertahan sampai siang hari. Baik pula jika dikombinasikan dengan semangka. Sesuai dengan yang terdapat di hadits Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam. Madu pun jika di konsumsi di pagi hari bisa digunakan sebagai tambahan energi cadangan dan tambahan daya tahan tubuh jika ingin membatasi makanan yang masuk.

Makan Sebelum Lapar, Selesai Belum Kenyang

Pola diet sehat alami selanjutnya adalah menahan diri dari nafsu belaka. Adalah betul jika anda sebaiknya makan sebelum perut terasa lapar, dan memakan makanan yang sekiranya tidak sampai membuat kenyang sekali. Ini berarti anda diharuskan makan tepat waktu dan teratur. Artinya tidak ada lagi telat makan atau makan berlebihan. Apalagi jika anda adalah tipikal orang yang super sibuk sampai makan akhirnya telat. Dan ketika makan, anda mengkonsumsi makanan 2x lipat dari porsi biasanya. Ini tak baik bagi tubuh. Mulailah untuk mengatur pola makan agar bisa mengontrol dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan.

Sesungguhnya anda tak perlu bersusah payah untuk mencoba untuk diet model A atau diet model B dan melakukan diet ketat selama berbulan bulan. Anda bisa mengalami stress dan ini menjadi kebiasaan buruk. Bahkan di beberapa pola diet anda dilarang sama sekali untuk mengkonsumsi jenis jenis makanan tertentu. Jika anda mengikuti pola diet alami yang sudah diajarkan agama Islam, anda masih bebas untuk mengkonsumsi sesuai dengan takaran. Pun jika anda tidak mengkhususkan untuk diet, secara tidak langsung anda melakukan diet sehat alami secara otomatis.

Post a comment for "Diet Sehat Alami Mengikuti Ajaran Islam"