Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Alami dengan Mengkonsumsi Makanan Berserat


Diet Sehat Alami dengan Mengkonsumsi Makanan Berserat! Setiap orang bahwasannya mengerti jika ia membutuhkan makanan berserat, namun tidak banyak yang tahu makanan mana yang kaya akan serat. Makanan berserat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk semua orang, karena dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh.

Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol, dan dapat mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda mengkonsumsi cukup serat, akan terhindar dari beberapa penyakit diantaranya terkena stroke, serangan jantung, diabetes dan lainnya. Selain itu, makanan berserat sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, dipercaya dapat menurukan berat badan, dan menjaganya agar tidak mudah naik.

Pada tulisan kali ini, kami akan menyampaikan diet sehat alami dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Dengan adanya tulisan ini setidaknya dapat membantu anda untuk  mengatasi kekeliruan selama ini. Jadi, anda tidak akan lagi salah memilih jenis makanan apa saja yang mengandung serat. Untuk itu mari kita simak bersama-sama ya daftar makanan apa saja yang kaya akan serat:
diet sehat alami

Sayur dan Buah

Sayuran yang banyak mengandung serat diantaranya, brokoli, salada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, bengkoang, labu, asparagus, kacang panjang dan kentang. Sedangkan buah-buahan yang mengandung serat adalah jeruk, apel, pisang, nangka, mangga, sukun, srikaya, buah beri, buah pir, dan buah persik.

Biji-bijian

Untuk serat dalam biji-bijian biasanya anda akan menemukannya dalam bentuk yang sudah diolah. Misalnya dalam bentuk pasta, roti yang memiliki kandungan biji-bijian, beras merah, sereal seperti oatmeal. Makan-makanan tersebut memiliki kandungan yang kaya akan serat, jadi ketika anda sedang menjalani program diet sehat alami jangan dilewatkan ya mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang kaya akan serat diantaranya kacang hitam, lentil, kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari. Selain itu kacang almond dan pistacho juga kaya akan serat loh jadi jangan salah pilih makanan lagi ya!.

Memang mengkonsumsi makanan berserat menjadi salah satu tips paling aman dan ampuh untuk menjalankan program diet. Anda bisa mengkonsumsi makanan berserat ini sebagai menu pendamping untuk makan besar, atau bisa juga dijadikan cemilan. Namun, kami sangat menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsi hanya satu jenis makanan serat, yang dimakan secara berulang misalnya dalam seminggu. Dengan mengkonsumsi makanan serat yang beragam, selain tidak menimbulkan kebosanan tetapi dapat membuat kebutuhan akan serat anda lebih beragam.

Ketika anda sedang menjalani diet sehat alami, maka anda harus mengurangi makan cemilan ringan yang tidak sehat. Tapi, tidak sedikit orang yang sering merasa kelaparan dibeberapa waktu yang mengharuskan mengkonsumsi cemilan itu. Daripada anda mengkonsumsi cemilan tidak sehat, yuk lebih baik mengkonsumsi cemilan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Eitsss, ada yang perlu anda pahami sebelumnya, meskipun makanan serat itu baik untuk pencernaan dan melancarkan proses diet. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan juga, karena bisa membuat perut anda menjadi kembung. Mengkonsumsi serat juga perlu diseimbangi dengan asupan air putih yang cukup, karena jika kekurangan air putih malah akan memperburuk konstipasi.

Jadi, upayakan untuk menyeimbangi asupan makanan sehat lainnya dengan makanan berserat untuk mendukung proses pencernaan. Dengan begitu diet sehat alami anda berhasil, dan sistem pencernaan dalam tubuh anda juga akan lancar.

Post a comment for "Diet Sehat Alami dengan Mengkonsumsi Makanan Berserat"