Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga dengan Metode Puasa 5: 2

Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga dengan Metode Puasa 5: 2. Metode puasa intermiten ini melibatkan puasa (membatasi kalori) selama dua hari dalam seminggu, dan bisa makan normal selama lima hari sisanya. Ide ini dipopulerkan oleh penyiar Inggris Michael Mosley dan pembawa acara larut malam Jimmy Kimmel.

Para pendukungnya mengklaim bahwa diet ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan menurunkan berat badan. Namun ini tentu saja tidak berhasil bagi semua orang. Jadi sebelum Anda mengikuti tren ini, alangkah baiknya jika Anda membaca ulasan berikut.

Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga (Puasa 5: 2)

1.    Apa itu diet 5: 2?

Diet 5: 2 adalah bentuk puasa dimana para pengikutnya hanya diperbolehkan makan normal selama lima hari, dan sisanya mereka harus berpuasa. Mereka bebas memilih dua hari dalam seminggu untuk melakukan puasa (seperti Senin dan Kamis). Dan pada saat puasa ini mereka harus membatasi kalori hingga 25 persen (sekitar 500-600 kalori) untuk dua hari tersebut.

Sebagian pengikut melakukan diet sehat alami dalam 1 minggu tanpa olahraga ini dengan cara mengkonsumsi nol kalori saat hari-hari puasa. Sementara yang lain membatasi hari-hari tanpa puasa dengan mengikuti diet ketogenik yang tinggi lemak. Anda mungkin juga pernah mendengar tentang diet 4: 3, yang merupakan konsep puasa yang sama tapi mengharuskan puasa selama tiga hari, bukan dua.

2.    Apa yang bisa Anda makan saat diet 5: 2?

Tidak ada aturan keras tentang apa yang harus dimakan pada diet 5: 2. Jadi pada dasarnya Anda bisa makan apa pun yang Anda suka di hari-hari puasa, selama itu tetap dalam batas kalori. Biasanya, orang akan makan makanan rendah kalori pada hari-hari puasa. Ini bisa termasuk sayuran, ikan, sup, telur, dan daging tanpa lemak, ditambah minuman tanpa kalori (seperti air dan kopi atau teh hitam). Anda bahkan bisa makan hingga tiga kali sehari pada hari puasa, asalkan kalori yang disarankan tidak dilanggar.

3.    Bisakah Anda menurunkan berat badan dengan diet 5: 2?

Itu tergantung bagaimana Anda menjalankan diet sehat alami dalam 1 minggu tanpa olahraga ini. Secara teori, diet intemiten 5: 2 akan membatasi kesempatan Anda untuk makan. Ini juga bisa menurunkan berat badan dengan konsumsi kalori yang lebih sedikit secara keseluruhan. Misalnya, jika Anda berpuasa dengan makan donat, maka hal itu akan mencegah Anda untuk makan lebih banyak kalori setelahnya.

Tujuan yang sama juga bisa dicapai dengan makan camilan sehat sekitar 30 menit sebelum melakukan puasa. Dan jika Anda mengalami defisit kalori secara keseluruhan selama seminggu dengan cara ini, maka kemungkinan Anda menurunkan berat badan juga lebih besar. Namun diet ini hanya mengontrol asupan kalori selama dua hari dalam seminggu. Sementara lima hari sisanya rawan digunakan sebagai ajang balas dendam atau makan lebih banyak.

4.    Apakah diet 5: 2 baik untuk kesehatan Anda?

Ingatlah bahwa tidak ada diet sehat alami dalam 1 minggu tanpa olahraga yang sempurna. Bahkan defisit 500 kalori dalam diet 5: 2 juga dirasa tidak cukup untuk menopang fungsi dasar tubuh Anda saat istirahat. Untuk itu, Anda harus hati-hati saat melakukan olahraga di hari-hari rendah kalori. Karena Anda kemungkinan tidak memiliki bahan bakar yang cukup untuk menjalankan olahraga ini. Plus, itu juga tidak cukup untuk memasok kebutuhan harian Anda akan vitamin dan mineral utama.

Itulah sedikit ulasan mengenai diet sehat alami dalam 1 minggu tanpa olahraga dengan metode puasa 5: 2. Ingatlah bahwa Anda tidak harus membatasi hari-hari tertentu untuk tidak makan. Yang mana ini hanya akan membatasi kegiatan bermanfaat lainnya seperti olahraga atau makan dengan orang tercinta. Ada banyak cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga, jadi pastikan Anda bisa menikmatinya.


Post a comment for "Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga dengan Metode Puasa 5: 2"