Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Ala Rasulullah

Diet sehat ala Rasulullah- Diet ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan bagi orang yang ingin mendapatkan tubuh sehat ideal dan mengurangi berat badan tentunya. Umum disadari komitmen untuk melakukan diet adalah halangan terbesar bagi orang untuk mencapai goal keberhasilan diet nya. Dengan ikhtiar mengikuti sunah Rasulullah bisa jadi merupakan motivasi tersendiri untuk terus menjaga komitmen tersebut. Seperti apakah diet ala Rasulullah ini? Mari kita simak bersama.

Makanan yang Halal dan Thayyib

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal tak lepas dari  pola makan yang baik. Dalam islam Rasul telah mencontohkan pola makan yang baik, dan paling utama dari semua yang bisa kita tiru adalah hanya konsumsi makanan yang halal dan thayyib. Terkait psikologis, jika kita sadar hanya mengonsumsi makanan yang halal maka ketenangan akan mengalir dalam pikiran hingga keseluruh tubuh. Hal ini baik untuk mengindari stres tentunya.

Diet sehat ala Rasulullah
Diet sehat ala Rasulullah

Thayyib sendiri bisa dimaknai sebagai berkualitas dalam hal ini kita wajib memilih makanan yang bergizi untuk dikonsumsi, menghindari makanan sampah seperti junk food atau makanan yang dapat memicu datangnya penyakit tertentu bagi tubuh. Diet sehat ala Rasulullah sangat menekankan pada dua hal ini. Kehalalan suatu makanan bisa ditinjau dari cara memperoleh nya maupun dari jenis bahan makanan tersebut. Seperti daging babi yang memang sudah diharamkan dalam agama Islam, pun makanan yang diperoleh dengan cara mencuri secara tegas wajib kita hindari.

Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Rasul selalu menyampaikan agar sebaiknya seorang muslim makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.  Makan dan minum hendaknya tidak berlebih-lebihan karena Allah tidak menyukai orang-orang yang senang berlebih-lebihan. Takaran yang pas untuk tubuh bukanlah persoalan banyaknya asupan yang kita konsumsi, kecukupan gizi  yang pas sebenarnya sudah cukup. Persoalan nafsu makan hanyalah soal bagaimana kita memanajemen psikologis tentang makanan enak. Padahal tubuh tak mementingan enak atau tidak, tubuh hanya membutuhkan gizi yang cukup.

Puasa

Diet sehat ala Rasulullah yang paling trend adalah berpuasa. Puasa adalah cara paling efektif untuk mengatur pola makan. Dengan berpuasa kita akan terbiasa mengistirahatkan organ pencernaan dari kerja kerasnya selama 24 jam nonstop mencerna dan mengolah bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Puasa juga bisa dikatakan sebagai treatment yang kita berikan agar tubuh dapat mendetox diri dari penumpukan racun dan lemak yang dapat memicu datangnya berbagai penyakit.

Rutin Konsumsi  Beberapa Jenis Makananan Berikut

Siapa sangka resep sehat ala Rasulullah justru menggunakan bumbu-bumbu dapur yang umum kita gunakan. Bahan alami serti jahe, kunyit, ketumbar dan lada yang biasa kita gunakan untuk mengolah masakan enak ternyata punya khasiat yang luar biasa. Kunyit dan jahe misalnya jika kita olah menjadi infuse water yakni dengan merendamnya dengan air hangat dan dikonsumsi setelah di diamkan selama kurang lebih 6 jam akan menjadi anti toxin yang manjur untuk tubuh.

Dalam Islam telah diajarkan bahwa apapun yang kita usahakan untuk dicapai sebaiknya tetap diniatkan untuk jalan kebaikan menuju keridhoan Allah Subhanahuwata’ala. Menjaga tubuh dengan baik agar selalu sehat adalah bentuk kecintaan terhadap karunia terbaik yang Allah berikan yaitu tubuh kita sendiri dengan segala keistimewaannya. Bagi yang terlanjur memiliki tubuh kurang ideal ada baiknya menjalanka diet sehat ala Rasulullah ini semoga bisa menjadi  metode yang cocok dan nyaman untuk rutin dilakukan.

 


Post a comment for "Diet Sehat Ala Rasulullah"