Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Golongan Darah B, Seperti Apa Itu?

Diet Golongan Darah B, Seperti Apa Itu? Metode diet sesuai golongan darah yang dipopulerkan oleh Dr. Peter J. D' Adamo dalam bukunya "Eat Right 4 Your Type" ini cukup banyak menarik perhatian. Pasalnya orang dengan golongan darah B harus mengkonsumsi makanan yang berbeda dari golongan darah lainnya (A, AB, dan O). Teori ini didasarkan pada premis bahwa protein dalam makanan Anda, yang disebut lektin, akan bereaksi berbeda pada golongan darah tertentu.

Sementara itu, para pendukung diet ini juga percaya bahwa mengkonsumsi makanan yang sesuai tipe darah akan membantu kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk dapat menyimpan sedikit lemak, dan menghindari penyakit tertentu. Lalu apa yang dikatakan diet ini untuk jenis golongan darah B? Menurut D'Adamo, orang dengan tipe darah B secara tradisional bersifat nomaden. Jadi orang dengan golongan darah ini harus mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi dibandingkan yang lain.

diet golongan darah B
diet golongan darah B 

Menu Diet Golongan Darah B Menurut D'Adamo

1.    Kombinasi sayuran hijau

Metode diet golongan darah B dari D'Adamo umumnya tidak membedakan antara resus positif atau negatif. Jadi semua yang memiliki darah B baik positif atau negatif, disarankan untuk menyeimbangkan pilihan diet hewani dan nabati. Mereka yang memiliki darah B harus makan “daging bermanfaat”, seperti domba, kambing, kelinci, atau rusa. Selanjutnya mereka juga harus menyeimbangkan pilihan daging tersebut dengan sayuran hijau, telur, dan susu rendah lemak.

2.    Menghindari gandum

Menurut D'Adamo, orang yang memiliki darah B baik positif atau negative harus menghindari makanan berkarbo seperti gandum. Ini termasuk semua jenis produk gandum seperti roti gandum, bubuk gandung, krim gandum dan sebagainya. Penganut diet ini percaya jika gandum konon dapat meningkatkan kemungkinan diabetes dan menambah berat badan. Selain itu, orang tipe-B juga harus menghindari soba, gandum hitam, couscous, beras, dan tepung jagung.

3.    Menghindari menu unggas dan ikan tertentu

Sementara itu, D'Adamo juga mencatat bahwa tipe darah B harus menghindari segala jenis ayam, angsa, bebek, dan burung puyuh. Dia mengklaim bahwa senyawa yang ada pada unggas bisa berpotensi menyebabkan gangguan kekebalan tubuh dan stroke. Diet golongan darah B juga melarang untuk mengkonsumsi jenis ikan tertentu. Ini meliputi ikan teri, salmon asap, dan makanan laut lainnya seperti kerang, udang, tiram dan lobster.

4.    Boleh mengkonsumsi susu asal hati-hati

Berbeda dengan saran diet golongan darah A dan O, disini tipe darah B diperbolehkan untuk mengkonsumsi produk susu dalam jumlah sedang. Produk yang diperbolehkan termasuk susu sapi, telur, butter milk, dan keju (seperti cheddar atau Swiss). Sementara itu, ada juga produk susu yang harus dihindari, seperti es krim dan beberapa jenis olahan keju.

5.    Membatasi protein tumbuhan

Menurut D'Adamo, protein nabati tertentu dianggap terlarang di dalam menu diet golongan darah B. Ini termasuk kacang yang katanya dapat menghambat fungsi hati dan menyebabkan penurunan gula darah. Selain itu, mereka juga harus menghindari biji wijen dan lentil, yang diduga dapat menghambat penyerapan nutrisi pada individu tipe-B. Kacang mete, pistachio, kacang polong, kacang pinto, biji labu, biji bunga matahari dan tahu adalah contoh makanan lainnya yang harus dibatasi.

Meskipun saran diet golongan darah B tidak terlalu ekstrem seperti golongan darah lainnya, namun ini masih belum terbukti secara ilmiah. Kekhawatiran lebih lanjut terletak pada kenyataan bahwa makanan tertentu mungkin dibatasi untuk golongan darah tertentu. Jadi ini akan lebih sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan. Jadi alih-alih melakukan diet mode, maka lebih baik Anda mengatur pola hidup dan makanan yang seimbang.


Post a comment for "Diet Golongan Darah B, Seperti Apa Itu?"

Berlangganan via Email