Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Panduan Diet DEBM Pemula, Untuk Yang Mau Kurus Tapi Hobi Makan

Qsehat.com - Diet debm pemula ini bagus untuk Anda yang ingin langsing tapi sangat doyan makan dan tidak bisa membiarkan perut lapar. Namanya saja DEBM, kependekan dari diet enak bahagia menyenangkan, sangat kontras dengan image diet yang selama ini melekat di masyarakat.

Robert Hendrik Liembono, pencetus metode diet ini, mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga menjadi 75 kg dari yang sebelumnya mencapai 107 kg. Cukup mampu bikin iri dan penasaran, bukan? Seperti mimpi saja jika bisa menurunkan berat badan drastis itu tanpa membuat perut kukuruyuk.

diet debm pemula
diet debm pemula
 Inilah Panduan Diet DEBM untuk Pemula yang Harus Anda Ikuti!

Supaya bisa segera diterapkan, berikut ini adalah panduan diet DEBM untuk pemula :

Konsumsi makanan rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak dan protein

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi penyumbang kalori terbesar. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak dapat memunculkan timbunan lemak dalam tubuh yang menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Hindari gula

Gula dapat meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh yang menyebabkan produksi lemak dalam tubuh meningkat.

Jangan lupa sarapan

Sarapan di rumah dengan menu yang ditentukan sendiri akan jauh lebih baik. Karena, tubuh tidak akan terasa lemas dan lapar yang menyebabkan keinginan untuk memakan apapun secara acak.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Diet DEBM Pemula

Meskipun menghindari karbohidrat dan gula, tetapi makanan yang dianjurkan untuk diet DEBM pemula ini masih cukup beragam. Hal inilah yang menyebabkan diet ini dikatakan diet yang enak, bahagia, dan menyenangkan.

Diantara makanan yang dianjurkan antara lain adalah telur, sayuran rendah zat pati (wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau), buah-buahan rendah gula tapu tinggi lemak, semua jenis ikan, daging sapi dan unggas, termasuk susu dan produk turunannya (yogurt, keju, mentega, dan krim).

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Diet DEBM Pemula

Sebagaimana disebutkan di atas, pelaku diet DEBM pemula harus menghindari konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan. Karbohidrat bisa terdapat pada nasi, mie, serta buah-buahan dengan zat pati tinggi. Sedangkan gula ini bisa terdapat dalam gula pasir maupun gula dalam buah dan makanan, termasuk madu.

Diet DEBM Tidak Sama Dengan Diet Ketogenik

Jika pernah mengetahui tentang diet keto (ketogenik), sekilas memang tampak mirip dengan diet DEBM. Yang membedakan adalah diet DEBM tidak mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak.

Sebagaimana seperti yang dianjurkan dalam diet keto (mencapai 75% dari asupan makanan sehari). Yang terpenting bagi pelaku diet DEBM pemula adalah mengurangi asupan karbohidrat dan gula, dibanding asupan protein dan lemak.

Sangat Disarankan Untuk Rutin Mengkonsumsi Buah

Buah alpukat merupakan buah berkalori tinggi tetapi memiliki kadar gula rendah sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Pembakaran kalori dapat lebih cepat terjadi jika rajin berolahraga. Dengan demikian, penurunan berat badan pun akan semakin cepat tercapai. Pelaku diet DEBM pemula dapat melakukannya dengan rutin berjalan kaki, push up, sit up, atau bersepeda.

Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat mencegah dehidrasi, sehingga badan akan tetap bugar dan tidak mudah lemas. Selain itu, air dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Termasuk konsumsi air putih saat sahur dan berbuka sangat penting dilakukan bagi pelaku diet DEBM pemula saat puasa agar tidak dehidrasi dan tetap bugar selama jam puasa.

Hindari Makan Setelah Jam 6 Sore

Hal ini disebabkan pada saat itu tubuh sudah mulai ingin beristirahat, tapi malah dipaksa mencerna makanan. Akhirnya, metabolisme tubuh pun jadi terganggu sehingga kadar lemak dalam tubuh pun meningkat.

Cukup mudah diterapkan, bukan? Pelaku diet DEBM pemula tak perlu khawatir kehilangan kesempatan makan bersama teman dan keluarga. Sebab, masih banyak jenis makanan yang bisa dipilih untuk dimakan bersama-sama, tanpa perlu khawatir ‘gagal diet'.

Post a comment for "10 Panduan Diet DEBM Pemula, Untuk Yang Mau Kurus Tapi Hobi Makan"