Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Aman Bagi Penderita Jantung Koroner

Diet Aman Bagi Penderita Jantung Koroner - Perlu kita ketauhi bahwa penyakit organ tubuh jantung yang paling banyak menyebabkan kematian bagi seorang penderita penyakit jantung  adalah pengidap jantung koroner. Penyakit ini akan menyebabkan serangan jantung yang akut. Serangan jantung biasanya terjadi karena adanya penyempitan arteri koronaria yang disebabkan karena hipertensi, kolesterol jahat yang tinggi, diabetes mellitus, merokok, atupun penyebab dari faktor genetika.

Selain itu, arteri koronaria juga dapat diakibatkan karena diet yang tinggi gula, kalori, lemak jenuh, kolesterol, garam dan rendah serat yang menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah yang berkontribusi menimbulkan penyakit jantung koroner. Selama ini banyak dari kita yang mengira bahwa diet adalah dengan mengurangi porsi makan kita, makan buah dan rajin berolah raga. Hal itu memang benar, tapi bagi seorang penderita jantung, perlu diperhatikan hal-hal seperti dibawah ini :

jantung koroner
jantung koroner 

1.     Mengontrol porsi makanan

Mengatur pola makan yang tepat tentunya dapat membantu memulihkan serta menunjang kesehatan jantung. Jadi, ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman sudah selayaknya kita mengetauhi takaran yang cukup untuk kondisi tubuh kita. Makan dan minumlah dengan porsi yang cukup, karena kita sadar bahwa segala yang berlebihan tentu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Bagi seorang penderita jantung koroner ada baiknya jika mengonsumsi makanan yang rendah kalori namun juga kaya akan nutrisi. Seperti buah dan sayur mayur.

2.  Mengonsumsi lebih banyak serat

Buah dan sayur tentunya mengandung kandungan yang baik bagi tubuh kita. Didalmnya sudah dipastikan banyak kandungan nutrisi juga vitamin yang dapat menjaga kesehtan tubuh kita. Sayur dan buah juga rendah akan kalori namun kaya akan serat. Mengonsumsi buah dan sayur akan membantu mengurangi makanan berkalori tinggi. Seperti daging, keju, gorengan yang di dalamnya mengandung lemak jahat yang tidak baik bagi seorang penderita penyakit jantung. Kalian bisa berkreasi dengan membuat salad buah ataupun salad sayur jika bosan dengan tampilan sayur yang begitu-gitu saja.

3.  Kurangi konsumsi lemak jahat

Lemak jenuh pada suatu makanan bisa membahayakan bagi kesehatan jantung kita. Jadi ada baiknya jika kita mengurangi konsumsi lemak jenuh dalam makanan agar dapat mengurangi kolesterol pada darah dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Kadar kolesterol yang tinggi sangat tidak baik bagi tubuh kita karena menyebabkan penmupukan plak arteri yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

4.    Kurangi penggunaan garam dalam makanan

Mengonsumsi makanan dengan natrium yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang mana merupakan faktor dari awal terjadinya penyakit kardiovaskular. Jika kalian penderita penyakit jantung, ada baiknya anda tidak mengonsumsi garam secara berlebihan dalam makanan anda. Mengurangi natriun juga sangat penting untuk kesahatan jantung anda. Biasanya saat tubuh kelebihan garam, sistem organ tubuh pada ginjal akan menyesuaikan kadar cairan darah. Hal ini menyebabkan jantung harus ekstra keras menyalurkan darah ke seluruh tubuh.  Semoga lekas pulih, ya.

Sebenarnya kita sadar  bahwa mengonsumsi makanan yang brlebihan itu tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu penting untuk kita mengetauhi bats kemampuan makan kita. Jangan makan terlampau kenyang, karena akan menyebabkan tubuh kita lelh dalam memproses makanan yang masuk dalam tubuh kita. Baik sekian pembahasan kami mengenai diet yang aman untuk penderita jantung koroner. Semoga lekas pulih, semangat ya.


Post a comment for "Diet Aman Bagi Penderita Jantung Koroner"