Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Diet Sehat Tanpa Obat

Cara Mudah Diet Sehat Tanpa Obat – Memiliki tubuh ideal merupakan impian setiap kaum hawa. Tidak heran jika berbagai cara rela dilakukan demi mendapatkan tubuh dambaan. Salah satu trik yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah diet. Baik diet secara alami maupun diet instan dengan menggunanakan obat-obatan, yang mana keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Diet instan dengan memanfaatkan obat-obatan tidak membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan tubuh idaman, tetapi cara ini memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan. Sebaliknya cara diet alami tanpa obat justru akan memberikan manfaat lebih, yaitu selain dapat menggilas lemak juga dapat mencegah berbagai penyakit yang bersarang di tubuh. Berikut langkah-langkah yang dapat dipraktikkan:

diet sehat tanpa obat
diet sehat tanpa obat

Olah raga secara teratur

Akvitas fisik dan berolah raga dapat membuat diet sehat tanpa obat menjadi lebih optimal. Tidak hanya itu, dengan berolah raga, badan pun akan terasa bugar dan menjadi sehat. Tidak perlu melakukan olah raga berat yang menguras tenaga, cukup berolah raga ringan, seperti jalan kaki, jogging, senam aerobik dan berenang. Kegiatan tersebut sudah dapat membakar kalori di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal lakukan secara rutin, setidaknya 30 menit per hari.

Istirahat yang cukup

Apabila menginginkan kesuksesan dalam proses penurunan berat badan, maka harus istirahat yang cukup. Dilansir dari berbagai sumber, bahwa istirahat yang baik adalah tidur. Karena jika seseorang kurang tidur, maka akan meningkatkan hormon tertentu yang memunculkan keinginan untuk makan secara berlebihan. Tidak hanya itu, intensitas tidur yang kurang juga dapat mengganggu keseimbangan sistem tubuh, sehingga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, kanker, nyeri sendi, dan lain-lain. oleh karena itu, seseorang harus memiliki kualitas tidur yang baik yaitu selama kurang lebih 7-8 jam setiap hari.

Makan makanan yang bergizi seimbang

Tubuh memerlukan berbagai zat/nutrisi penting, seperti karbohindrat, vitamin, mineral, lemak, dan protein. Saat melakukan diet sehat tanpa obat, zat/nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara benar. Makan buah dan sayur sangat dianjurkan karena kandungan serat, vitamin dan mineralnya sangat tinggi. Selain itu  makan makanan tinggi protein, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak dan telur juga disarankan, sebab dapat membuat seseorang merasa kenyang tanpa mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Sehingga  berat badan pun dapat dikendalikan.

Selama proses penurunan berat badan tentunya pola makan tersebut harus diatur sedemikian rupa, agar tidak berlebihan dan menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh. Cara efektif yang dapat dilakukan yaitu dengan mengurangi porsi makan sebanyak 10-20%. Kemudian makan secara perlahan setidaknya dalam durasi 20 menit. Hal tersebut akan membuat perut terasa cepet kenyang dan pola makan pun terkontrol.

Banyak minum air putih

Yang tidak kalah penting dalam program diet sehat tanpa obat ialah dengan banyak minum air putih. Karena cara ini efektif untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Minum 3 gelas air putih 30 menit sebelum makan, akan membuat perut terasa lebih cepat kenyang. Sehingga seseorang akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Di samping itu, dengan banyak minum air putih tubuh akan terasa lebih segar karena tetap terhidrasi.

Menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat tanpa obat memang tidak secepat diet instan. Namun merupakan salah satu cara ampuh menurunkan berat badan minim  risiko. Karena praktiknya tidak menggunakan obat yang dapat mengganggu sitem kerja organ-organ tubuh. Meskipun demikian tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi, supaya tepat dalam melakukan langkah demi langkahnya. Jadi tidak hanya tubuh ideal yang dimiliki, tetapi juga tubuh yang sehat.

 

 

 


Post a comment for "Cara Mudah Diet Sehat Tanpa Obat"