Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menurunkan Berat Badan Agar Ideal dan Tetap Sehat

Qsehat.com - Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan semua orang terutama bagi kaum wanita. Namun sayangnya, demi untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut banyak orang yang mengabaikan cara menurunkan berat badan yang aman.

Mereka cenderung ingin hasil yang cepat dengan mengonsumsi obat diet, melakukan olahraga ekstrem atau bahkan melakukan diet secara ketat. Tentu hal tersebut dapat berpotensi mengganggu kesehatan.

cara menurunkan berat badan
cara menurunkan berat badan

Inilah 7 Cara Diet Sehat Alami Agar Tubuh Ideal dan Tetap Sehat

Apabila ingin tubuh menjadi ideal, maka tentu harus berusaha menurunkan badan secara rutin dan teratur. Proses yang aman dan sehat tentu tidak dapat bekerja secara instan. Berikut merupakan beberapa cara menurunan berat badan yang dapat diterapkan di rumah:

1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Makanan yang mengandung serat dapat ditemukan pada sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan roti. Pada dasarnya semua buah dan sayuran itu mengandung serat dan serat banyak terdapat pada kulitnya. Contohnya dengan mengonsumsi apel, jambu, dan anggur yang dimakan bersama kulitnya.

Usahakan untuk rutin dalam mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi agar dapat menurunkan berat badan. Selain itu juga dapat melancarkan pencernaan, membantu mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Sebab, rutin mengonsumsi air putih dapat melancarkan kinerja ginjal agar bisa bekerja optimal.

Dan ginjal sendiri berfungsi untuk membuang racun dan limbah berbahaya dalam tubuh.
Minumlah air putih setidaknya dalam satu hari sebanyak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas. Dengan begitu 100 kalori dalam tubuh dapat terbakar setiap harinya.

3. Melakukan Yoga

Cara menurunkan berat badan agar ideal selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Olahraga ini diganyang dapat membakar kalori dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Walaupun kalori yang dibakar tidak sebanyak ketika melakukan olahraga kardio atau aerobic.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan Siap Saji

Apabila terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji, tentu bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu beresiko mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan makanan siap saji dapat menyebabkan lemak dalam tubuh menjadi tertimbun.

5. Rajin Berolahraga

Apabila ingin menurunkan berat badan, maka jangan malas melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Tidak perlu memikirkan olahraga yang berat-berat, cukup dengan olahraga ringan saja seperti yoga, aerobic, atau jogging. Dengan begitu perlahan berat badan akan menurun.

6. Mengonsumsi Madu dan Jahe

Apabila seseorang dapat rajin mengonsumsi madu dan jahe, maka ia akan memiliki energi yang lebih. Dengan begitu sudah tidak perlu lagi makan terlalu banyak sebab kebutuhan energi sudah tercukupi. Akan lebih baik kalau mengonsumsi madu murni agar hasilnya dapat lebih efektif.

7. Mengurangi Porsi Makan Bukan Frekuensi Makan

Banyak orang yang beranggapan keliru mengenai hal ini. Anggapan yang beredar ialah dengan mengurangi frekuensi makan dapat menurunkan berat badan. Hal itu tidaklah benar karena kenyataannya justru berbeda.

Orang yang makan hanya 1 kali sehari namun dengan porsi besar malah akan berpotensi menimbulkan permasalahan baru. Seharusnya yang perlu dilakukan yaitu bukan mengurangi frekuensi makan, tetapi porsi makanlah yang dikurangi. Misalnya makan tetap 3 kali sehari namun dengan hanya 3 suap nasi dan lauk.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa cara menurunkan berat badan agar ideal dan tetap sehat. Hendaknya apabila ingin hasil yang optimal, maka lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur. Selain itu juga perlu diiringi dengan mengonsumsi menu diet sehat.

Post a comment for "7 Cara Menurunkan Berat Badan Agar Ideal dan Tetap Sehat"