Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menurunkan Berat Badan Usia 40 Tahun Tanpa Repot

Qsehat.com - Melakukan diet memang susah-susah gampang. Cara menurunkan berat badan usia 40 tahun memang tidak sama dengan saat usia masih produktif. Pada usia 40 tahun perubahan tubuh banyak terjadi. Mulai masalah kulit, kelelahan, hingga berat badan yang makin naik.

Masalah ini tak hanya Anda rasakan, tapi juga dirasakan 40 persen perempuan berusia 40 tahun di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai metabolisme yang menurun hingga hormon yang secara fluktuatif jelang menopause. Jangan khawatir, berikut ini ada cara khusus melakukan diet bagi Anda yang berusia 40 tahun.
cara menurunkan berat badan usia 40 tahun

Inilah Cara Diet Sehat Usia 40 Tahun

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara aman dan tetap baik untuk tubuh, bisa ikuti langkah-langkah ini:

1. Buat Jadwal Makan

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika Anda konsisten membuat jadwal dan mengetahui kebiasaan makan, maka Anda bisa menurunkan 50 persen berat badan. Oleh karenanya, Anda bisa mulai dengan membiasakan diri dengan membuat jadwal makan yang tepat.

Jadwal makan yang baik yakni konsisten setiap kali sarapan, makan siang, hingga makan malam. Agar tidak lupa, Anda bisa membuat catatan di smartphone. Jika ingin lebih efektif, Anda bisa memakai pengingat alarm di ponsel. Sehingga Anda tak akan salah setiap menentukan waktu makan.

2. Pilih Sumber Lemak Omega-3

Kandungan Omega-3 sangat berguna untuk menurunkan berat badan sekaligus menambah asupan lemak sehat di dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian telah membuktikan hal ini dan dipublikasikan di Obesity Review.

Manfaat lain dari kandungan Omega-3 untuk Anda yang sudah berusia 40 tahun yakni dapat mengurangi frekuensi dan intensitas hot flash akibat menopause. Anda bisa mendapatkan manfaat Omega-3 dalam ikan salmon maupun ikan laut lainnya.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang mengandung serat tinggi mampu melancarkan pencernaan. Itu artinya juga sangat baik dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang melakukan diet. Meningkatkan konsumsi serat membuktikan dapat membantu memerangi perut kembung dan lambatnya pencernaan akibat perubahan hormon.

4. Kurangi Makan Makanan Manis

Makanan manis sangat tidak bagus, terlebih untuk usia 40 tahun ke atas. Banyak mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan diabetes. Selain itu akan menyebabkan penumpukan lemak. Sehingga membatasi makanan manis ketika melakukan diet merupakan cara menurunkan berat badan usia 40 tahun.

5. Minum Teh Hijau

Dalam The Journal of Nutrition, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu Anda dalam membakar lemak hingga 12 persen. Tak hanya itu, di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang dapat menambah cadangan energi sehingga Anda lebih bugar.

6. Minum Air Sebelum Makan

Diet yang bagus yakni dengan mengurangi porsi makan sehingga kalori yang masuk sedikit. Hal ini bisa Anda peroleh dengan mengakali sebelum makan biasakan minum air putih. Setelah Anda minum, perut akan terasa kenyang sehingga akan makan dalam porsi lebih kecil.

Cara ini cukup efektif baik bagi Anda yang memulai diet maupun sudah melakukan diet selama sebulan lebih. Bahkan ada penelitian yang membuktikan dengan cara ini bisa menurunkan 13 kilogram berat badan mereka. Lakukan cara menurunkan berat badan usia 40 tahun ini selama 12 minggu untuk hasil terlihat.

7. Ganti Camilan dengan Buah-Buahan

Godaan terbesar saat melakukan diet yakni tidak bisa makan camilan. Jika Anda pemula, maka sebaiknya gunakan buah-buahan sebagai camilan Anda. Anda bisa mengonsumsi apel atau jeruk.
Polifenol dalam jeruk bisa mencegah kerusakan tubuh akibat mengonsumsi banyak lemak. Vitamin C dalam jeruk juga membantu produksi kolagen yang bermanfaat mencegah penuaan dini seperti kerutan di dahi, mata, dan smile line.

Selain itu, buah-buahan yang mengandung banyak air juga bisa dijadikan camilan. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis buah sebagai salad tanpa mayonaise. Sebaiknya jangan gunakan pemanis buatan lainnya ketika memakan buah-buahan.

Cara menurunkan berat badan usia 40 tahun yang cukup mudah bisa Anda lakukan kapan saja. Anda bisa mulai dengan pelan-pelan, selangkah demi selangkah agar tubuh tidak kaget. Selain itu, cara-cara di atas harus Anda lakukan secara konsisten agar hasilnya optimal. Jika perlu Anda bisa melakukannya sebagai gaya hidup selamanya.

Post a comment for "7 Cara Menurunkan Berat Badan Usia 40 Tahun Tanpa Repot"