Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Masuk Angin Selain Dengan Obat-obatan


Cara Mengobati Masuk Angin Selain Dengan Obat-obatan! Penyakit memang banyak sekali jenisnya. Entah itu mual, bersendawa, pilek, batuk, perut yang kembung, badan yang pegal-pegal, begah, seringnya melakukan buat angin, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana jika merasakannya secara berbarengan dalam satu waktu? Maka, orang-orang akan menyebutnya dengan masuk angin. Masuk angin adalah jenis penyakit yang paling umum dan sering disebut oleh orang Indonesia jika mengalami gejala-gejala itu secara bersamaan. Anda tentunya sering juga mendengarnya.

Berbeda dengan jenis penyakit lain yang harus diobati dengan menggunakan obat, masuk angin ini tidak diharuskan meminum obat. Ada beberapa cara alternatif yang bisa menjadi pengganti obat untuk mengobati masuk angin. Cara ini sangat berguna bagi Anda yang tidak bisa meminum obat atau alergi. Jika Anda penasaran apa saja cara yang bisa menjadi alternatif mengobati masuk angin, berikut ini ulasan yang Anda butuhkan.

Tips Menghindari Masuk Angin

cara mengobati masuk angin

Memperbanyak Istirahat

Bagi Anda yang merasa memiliki banyak kegiatan, cara mengobati masuk angin adalah dengan memperbanyak istirahat. Karena orang yang sedang mengalami masuk angin membutuhkan banyak-banyak istirahat agar tubuh kembali segar dan lekas pulih. Istirahat yang diperlukan untuk masuk angin bisa dengan tidur selama 8 jam bahkan bisa lebih pada malam hari. Bagi Anda yang ingin tidur, usahakan tempat yang akan dipakai memiliki suhu lembap dan hangat. Karena orang yang masuk angin, akan tidak merasa nyaman dalam kondisi dingin.

Memperbanyak Minum Air Putih

Ketika masuk angin, pasti akan merasakan tidak nyaman untuk melakukan kegiatan apa pun. Yang harus Anda lakukan adalah jaga kondisi agar tubuh tidak kekurangan cairan. Menjaga asupan cairan dengan meminum air putih. Selagi merasa tidak sehat karena masuk angin, hindari meminum minuman dengan kandungan kafein atau soda. Contoh minuman berkafein yaitu teh, kopi, dan cokelat. Mengapa? Karena dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Menyeduh Rempah-rempah, Lemon, dan Madu

Menyeduh rempah-rempah dapat membuat tenggorokan menjadi lega dan merupakan cara mengobati masuk angin alternatif. Yaitu dengan menyeduh rempah seperti kayu manis, pala, dan jahe. Anda bisa menambahkan dengan lemon atau madu agar khasiatnya lebih maksimal dan membuat tubuh cepat pulih. Untuk madu sendiri memiliki manfaat yaitu meredakan radang. Tidak hanya itu, madu pun bisa sebagai konsumsi yang mengandung antibakteri serta mengurangi batuk. Sedangkan rempah yang diseduh juga bisa membuat rangsangan akan produksi air liur.

Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Selanjutnya, ketika merasa tubuh tidak sehat, tentu tubuh membutuhkan begitu banyak nutrisi dan kandungan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi dan sehat akan membantu sel darah putih untuk melawan virus ataupun bakteri yang menyerang dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih cepat sehat dan pulih. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan agar tubuh masuk asupan vitamin dan energi. Jika Anda ingin lebih memiliki asupan, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan seng yang akan membuat imunitas menjadi meningkat.

Melakukan Kerokan

Kerokan atau juga sering disebut dengan kerikan, adalah cara mengobati masuk angin yang sudah menjadi turun temurun dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Orang-orang akan membalur punggung dengan minyak kayu putih, minyak angin, atau balsem. Lalu baluran di punggung dikerik memakai koinkoin, koin khusus, atau sendok khusus. Menurut guru besar yang berasal dari Fakultas Kedokteran di UNS atau Universitas Sebelas Maret, menyatakan jika melakukan kerokan dapat membuat gejala masuk angin jadi lebih ringan dan aman.

Itulah ulasan mengenai cara mengobati masuk angin alternatif yang bisa Anda lakukan selain mengonsumsi obat. Selamat mencoba!

Post a comment for "Cara Mengobati Masuk Angin Selain Dengan Obat-obatan"

Berlangganan via Email