Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghindari Masuk Angin


Cara Menghindari Masuk Angin. Sebenarnya, masuk angin adalah penyakit yang dirasakan oleh semua orang di seluruh dunia. Meski bukan penyakit berat, masuk angin bisa mengganggu kenyamanan Anda, baik ketika berada di rumah, sekolah, kantor ataupun tempat-tempat lainnya.

Perlu diketahui, masuk angin bukanlah penyakit berbahaya. Namun demikian, Anda mesti mengatasinya agar tidak menghambat aktivitas keseharian Anda. Bayangkan, seandainya Anda punya tugas kantor yang mesti dikerjakan dengan waktu yang tidak begitu lama, atau Anda akan melakukan presentasi, sementara perut Anda sakit karena masuk angin. Tentu Anda tidak menginginkannya.

Cara Efektif Menghindari Masuk Angin

Berdasarkan info dari sejumlah sumber kesehatan tepercaya yang berhasil Kami himpun, masuk angin bisa dihindari dengan beberapa cara yang efektif berikut ini.
masuk angin

1. Meminum air hangat

Air hangat tentu bisa dengan Anda peroleh ketika berada di rumah ataupun di kantor. Dengan meminum air hangat, semua rasa nyeri yang terasa di tubuh Anda akan mulai berangsur hilang. Namun, perlu Anda ketahui, sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi. Sebab, minuman seperti itu bisa membuat perut Anda kembung.

2. Menghindari udara dingin

Salah satu penyebab seseorang masuk angin adalah karena tubuh terkena udara dingin alami atau udara dingin buatan yang berasal dari pendingin udara.
Atas dasar itu, ketika hendak keluar rumah pada malam hari atau saat turun hujan, sebaiknya Anda menggunakan jaket agar tubuh Anda tidak terkena terpaan angin.
Ketika berada di sebuah ruangan yang dilengkapi kipas angin atau pendingin udara, sebaiknya Anda menjauh dari alat-alat tersebut agar tidak masuk angin.
Selain itu, minyak penghangat tubuh yang dijual bebas di toko obat, mini market, dan toko-toko umum, bisa Anda oleskan ketika berada di tempat-tempat yang bersuhu dingin.

3. Segera mandi dengan air hangat

Cara ketiga agar Anda tidak masuk angin adalah segera mandi dengan air hangat setiba di rumah apabila Anda terkena hujan selama di perjalanan.
Menurut ilmu kedoteran, air hangat yang diguyur ke seluruh tubuh bisa mengurangi ketegangan otot-otot tubuh Anda ketika merasa lelah sehabis pulang dari kantor atau aktivitas lain yang sangat menguras tenaga.

Untuk lebih efektif dalam mencegah masuk angin, Anda sediakan air panas di wadah yang besar seperti baskom atau ember di kamar mandi, lalu tuangkan minyak penghangat secukupnya. Setelah itu, tutup pintu kamar mandi agar tidak ada uap air yang keluar.
Langkah selanjutnya adalah Anda menghirup uap air panas yang telah dicampur dengan minyak penghangat itu. Rasakan uap air masuk ke dalam hidung Anda. Lalu bernafaslah dengan normal. Tunggu beberapa saat hingga nafas Anda terasa lega. Jika terasa telah cukup, Anda bisa mandi dengan air panas tersebut setelah dicampur dengan air dingin hingga terasa hangat.

4. Rutin berolahraga

Cara keempat ini pun ampuh untuk mencegah masuk angin yaitu berolahraga secara rutin. Jika Anda melakukan kegiatan olah raga secara kontinu, sudah dipastikan tubuh Anda terasa sehat dan tidak gampang terkena penyakit.

Tak dipungkiri, banyak orang sibuk dengan pekerjaannya di kantor yang membuat mereka tidak sempat berolahraga. Mereka pun mengemukakan beragam alasan. Kami tidak mengatakan alasan mereka salah. Namun, seharusnya olahraga tidak mesti dilakukan di tempat-tempat tertentu atau waktu-waktu tertentu saja.

Untuk menghindari masuk angin, Anda bisa berolahraga ringan di sela-sela istirahat. Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan ringan dalam jam kerja selama tidak mengganggu pekerjaan Anda dan kolega Anda. Misalnya, menggerak-gerakkan kepala ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri. Bisa juga melakukan peregangan tangan selama beberapa menit untuk menghilangkan rasa kantuk.

Intinya, masuk angin bisa dicegah dengan cara yang sangat mudah dan sederhana selama Anda mau melakukannya di mana pun berada.

Post a comment for "Cara Menghindari Masuk Angin"