Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cantik dan Bahagia Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui

Cantik dan Bahagia Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui - Aktifitas menyusui bagi seorang ibu merupakan moment bonding bersama bayi. Namun, kadang aktifitas menyusui sering dijadikan alasan mengenai berat badan. Hati dan rasa ingin merasakan jadi cantik dan bahagia saat menjalankan diet sehat bagi ibu menyusui, supaya dirinya tetap menikmati dengan rutinitas baru.

 

Diet yang baik untuk ibu menyusui adalah diet yang memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Apabila ingin menurunkan berat badan tentunya seoarang ibu menyusui harus mempertimbangkan dan memikirkan kesehatan, baik kesehatan diri maupun kesehatan bayinya.

 

Hampir semua ibu menyusui menginginkan tampilan menarik, apalagi banyak saudara, teman, kolega dan sahabat yang datang berkunjung menengok. Menyambut kedatangan bayi merupakan kebahagian tersendiri. Ditambah lagi jika ibu menyusui bisa tampil cantik dan bahagia menjalankan diet sehat ibu menyusui sesuai program diet yang diikuti.


diet sehat ibu menyusui

Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang tentu ibu menyusui tidak akan merasa khawatir dengan asupan gizi. Berkonsultasi dengan dokter tentunya akan lebih baik dalam menjalankan program diet saat menyusui. Terlebih bagi ibu menyusui, kondisi ASI menjadi prioritas, demikian juga dengan kesehatan si anak, agar tidak kekurangan nutrisi selama ibu menjalankan diet.

 

Sebenarnya aktifitas menyusui itu bisa sambil melakukan diet sehat ibu menyusui, karena menyusui mampu membakar kalori. Namun, antara ibu menyusui yang satu dengan yang lain kondisinya berbeda sehingga ada yang cepat turun dan ada juga yang lambat. Menurunkan berat badan untuk ibu menyusui itu bertahap tidak instan. Namun untuk hasil yang lebih baik, mungkin bisa dimulai dengan pemilihan menu yang dikosumsi agar masuk dan tetap terjaga nutrisinya.

 

Menu Harian Diet Sehat Ibu Menyusui


Tumis kangkung dan ikan panggang

Sayuran hijau memang bagus untuk dikonsumsi. Kangkung salah satu sayuran hijau yang mengandung serat baik untuk pencernaan dan menambah energi, sehingga ibu menyusui tidak akan bermasalah dengan metabolisme tubuh. Kangkung juga mengandung vitamin A, asam folat sebagai penyumbang kualitas dan kuantitas ASI.

 

Sedangkan ikan mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumai oleh ibu menyusui. Ikan bermanfaat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak, menjaga kesehatan jantung, mengurangi depresi/stres, dan memenuhi kebutuhan vitamin D bagi ibu dan bayi. Sehingga, tetap aman meski sedang melakukan diet sehat ibu menyusui.

 

Sayur asam dan pepes tahu


Sayur asam dengan berbagai isian diantaranya labu, melinjo, dan kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi ibu menyusui dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI.  Pepes tahu mengandung nutrsi baik. Karena tahu merupakan bahan makanan terbuat dari kedelai yang baik untuk kulit sangat baik untuk dikonsumsi biar cantik dan bahagia menjalankan diet sehat ibu menyusui dalam program menurunkan berat badan. Kandungan kalsium pada tahu sangat baik untuk tulang, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui agar ASI untuk bayi juga banyak mengandung kalsium.

 

Telur mata sapi dan mie shirataki


Mie shirataki merupakan jenis mie yang rendah kalori dan kandungan serat glucomannan dapat menurunkan kadar gula darah serta resiko terjadinya resintensi insulin. Selain itu kandungan polisakarida pada serat glucomannan baik untuk merangsang pertumbuhan baikteri baik di usus, sehingga pergerakan usus bekerja dengan baik dan pembuangan menjadi lancar.  Mengonsumsi telur mata sapi yang mengandung protein dengan mie shirataki yang baik untuk pencernaan terutama usus sebagai menu diet sehat ibu menyusui.

 

Menu yang tidak banyak mengandung minyak merupakan menu yang baik dikonsumsi supaya tetap cantik dan bahagia saat menjalankan diet sehat ibu menyusui. Menu makanan yang dimasak dengan cara dipanggang maupun dikukus lebih baik karena nutrisi makanan terjaga baik sehingga tidak berpengaruh negatif dalam program menurunkan berat badan.

 


Post a comment for "Cantik dan Bahagia Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui"