Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Durasi Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan?

Berapa Lama Durasi Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan? Ketika Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan, ada beberapa potensi jebakan yang mungkin akan Anda temui. Terkadang banyak orang terlalu banyak olahraga hingga akhirnya makan berlebihan. Atau mereka mungkin tidak cukup berhasil dalam olahraga karena tidak melihat perubahan apapun pada timbangan. Untuk itu, bagaimana seharusnya latihan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Sebagian peneliti dan ahli medis memberikan rekomendasi latihan penurunan berat badan berdasarkan durasi waktu, yakni per hari atau per minggu. Latihan ini tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat untuk mencegah berat badan naik kembali. Jadi untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara olahraga, maka bisa mengikuti panduan berikut ini.

olahraga sehat untuk diet

Pedoman Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

1.   Pedoman Olahraga Mingguan

Sebuah studi oleh American College of Sports Medicine (ACSM) meneliti berbagai rekomendasi latihan olahraga sehat untuk diet menurunkan berat badan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika olahraga antara 150-250 menit per minggu mungkin bisa menurunkan berat badan. Untuk durasi latihannya bisa antara 22-35 menit per hari, namun lebih dari itu juga baik. ACSM merekomendasikan lebih dari 250 menit per minggu untuk menurunkan berat badan secara signifikan. 

Sementara itu, ada juga beberapa cara untuk mengurangi waktu latihan dan tetap bisa menurunkan berat badan. Caranya yakni dengan mengurangi asupan kalori secara moderat (tidak drastis) selain olahraga. Dengan demikian Anda bisa merencanakan olahraga intensitas sedang sekitar 150-250 menit per minggu untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan. ACSM tetap menyarankan Anda melakukan aktivitas fisik ini bahkan setelah Anda mencapai penurunan berat badan. 

2.   Pedoman Olahraga Harian

Berapa banyak olahraga sehat untuk diet yang ampuh menurunkan berat badan bisa dilihat dengan menggunakan kalkulator aktivitas. Kalkulator ini akan membantu Anda menetapkan tujuan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Sebagai pedoman umum, Anda mungkin perlu membakar sekitar 3.500 kalori untuk menurunkan 0,5 kg berat badan. Dengan begitu, Anda bisa memilih aktivitas yang sesuai dan melihat berapa banyak durasi yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan.

Contoh aktivitas ringan yang bisa membantu menurunkan 0,5 kg berat badan meliputi lari selama 5 jam per minggu atau sekitar 40 menit per hari. Jika Anda tidak suka berlari maka bisa berjalan selama 2 jam per hari, atau berenang sekitar 40 menit per hari. Untuk Anda yang suka aktivitas bersepeda, maka bisa melakukan ini sekitar satu jam setiap hari. Atau jika Anda suka aerobik maka bisa mengikuti 7 jam kelas per minggu (atau satu jam kelas setiap hari).

3.   Pedoman Olahraga yang Dipersonalisasi

Olahraga sehat untuk diet yang dilakukan setiap hari akan membantu Anda dalam membangun kebiasaan teratur yang sehat. Sayangnya ini sulit direalisasi ketika Anda sibuk bekerja. Untuk itu, cobalah mempersonalisasi durasi dan intensitas latihan Anda. Misalnya, Anda bisa mengubah durasi pendek latihan setiap hari menjadi durasi panjang yang bisa dilakukan tiga hari sekali. Dengan demikian Anda masih bisa memenuhi pedoman latihan penurunan berat badan, meskipun meninggalkan beberapa hari.

Mencoba olahraga sehat untuk diet menurunkan berat badan terdengar agak sulit bagi sebagian orang. Karena alasan itulah banyak orang kemudian mencoba menggabungkan diet dan olahraga untuk mencapai defisit kalori yang tepat dalam penurunan berat badan. Selain itu, konsistensi  adalah yang paling penting. Jadi untuk Anda yang tidak yakin harus mulai dari mana, maka cobalah dari yang sedang (olahraga mingguan).

 

Post a comment for "Berapa Lama Durasi Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan?"