Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner, Pembunuh Nomor 2 Dunia


Begini Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner, Pembunuh Nomor 2 Dunia! Penyakit jantung koroner atau yang sering disebut dengan istilah PJK merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah pada jantung atau arteri koroner. Kerusakan ini bisa saja disebabkan salah satunya oleh penumpukan kolesterol juga zat residu dari metabolisme di dinding arteri.

Tumpukan kolesterol dan zat sisa metabolisme ini juga dikenal dengan istilah ateroma. Ateroma yang semakin menumpuk inilah yang akan menjadikan dinding arteri semakin tebal hingga kemudian rusak dan timbulah penyebab jantung koroner. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas mengenai cara pencegahan jantung koroner.

Sebelum itu, perhatikan fakta menarik berikut. Seluruh data kematian akibat kardiovaskuler, hampir separuh dari mereka, atau sekitar 42,3% merupakan dampak dari PJK alias penyakit jantung koroner. Fakta lainnya juga menyebutkan bahwa PJK tidak hanya menyerang orang-orang lanjut usia saja, melainkan juga remaja, dewasa, bahkan anak-anak tanpa mengenal usia. PJK menyerang siapa saja yang tidak menerapkan pola hidup sehat.
pencegahan jantung koroner


Pencegahan Jantung Koroner

Setelah mengetahui betapa berbahayanya gangguan pembuluh pada jantung ini, maka kita akan masuk pada pembahasan utama yaitu mengenai cara pencegahan jantung koroner, diantaranya:

1. Sering Berolahraga

Dengan rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya, seseorang akan membakar timbunan lemak pada tubuh. Selain itu aliran darah juga menjadi lancar. Salah satu penyebab jantung koroner adalah tersumbatnya arteri. Nah, dengan rajin berolahraga maka kalian dapat meminimalisir datangnya penyakit jantung koroner ini.

2. Menghindari Makanan LDL Tinggi

LDL merupakan nama salah satu jeni kolesterol, yaitu kolesterol jahat. Sebenarnya keberadaan kolesterol ini sangat besar manfaatnya. Hanya saja jika berlebihan juga tidak akan baik. Oleh karena itulah, menghindari makanan berlemak bisa menjadi salah satu upaya pencegahan jantung koroner yang paling ampuh.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kalian semua tentu saja pernah melihat slogan yang ada pada tulisan merokok membunuhmu, bukan? Disana dikatakan bahwa merokok dapat menjadi penyebab jantung koroner. Nikotin serta karbon monoksida dari rokok akan menambah beban kerja jantung. Semakin berat jantung memompa darah, maka semakin sedikit pula asupan yang diperoleh.

4. Minimalkan Makanan Asin

Cara pencegahan jantung koroner yang selanjutnya adalah dengan menghindari garam yang berlebihan. Terlalu banyak garam akan mengakibatkan seseorang terkena hipertensi dan berakibat fatal bagi jantung. Mungkin setelahnya rasa makanan kalian akan sedikit plain, tapi biasakanlah untuk memperoleh hidup yang lebih sehat.

5. Menerapkan Pola Makan yang Benar

Pola makan yang benar adalah mulai makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak tinggi, pemicu kolesterol, juga makanan terlalu manis. Manajemen sendiri pola makan kalian. Atau jika kalian merasa kesulitan, konsultasikan kepada dokter supaya memperoleh hasil yang maksimal.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan sebagai upaya dalam pencegahan jantung koroner. Mulai dari menghindari apa saja penyebab dari gangguan kesehatan tersebut hingga melakukan berbagai himbauan yang dapat meminimalisir resiko terkena. Oh iya, jika dalam keluarga kalian terdapat riwayat jantung koroner, sebaiknya kalian didampingi oleh dokter dalam melakukan upaya pencegahan ini.

Baiklah, semoga kalian dapat mengambil manfaat dari pembahasan seputar pencegahan jantung koroner ini. Terapkan pola hidup yang sehat, semoga kita semua sehat selalu. Terima kasih!

Post a comment for "Begini Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner, Pembunuh Nomor 2 Dunia"