Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayo Atur Berat Badan Ideal Anda dengan Jenis Diet yang Baik


Pandemi yang saat ini belum berakhir mengakibatkan beberapa sektor mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Secara otomatis, aktivitas bergerak juga akan terbatasi karena kegiatan tersebut. Berbulan-bulan tanpa aktivitas bergerak secara normal tentunya akan menimbulkan efek samping. Salah satu efek samping terbesar adalah jumlah berat badan yang berlebih. Kelebihan berat badan saat ini menjadi masalah bagi banyak orang.

Bukan hanya akan menghambat kita untuk melakukan sesuatu, namun juga menimbulkan komplikasi penyakit-penyakit ganas seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Banyak sekali jenis diet yang baik mencoba untuk menjawab masalah tersebut. Tapi, sayangnya banyak dari jenis diet tersebut justru terkesan tidak sehat bagi sebagian orang. Kelebihan berat badan bisa terjadi karena banyak faktor.

Namun, faktor penyebab paling utama seseorang mengalami kelebihan berat badan adalah orang tersebut memiliki jenis pola makan yang berlebih sekaligus tidak sehat. Biasanya, obesitas terjadi karena jumlah konsumsi gula, karbohidrat, dan lemak yang melebihi batasan. Alhasil, sisa-sisa makanan tersebut mengendap di bagian-bagian tubuh. Maka dari itu, diet adalah solusi terakhir untuk memperbaikinya. Banyak faktor yang menjadikan jenis diet pilihan Anda justru memperparah keadaan Anda.
jenis diet yang baik
Mulai dari kesalahan Anda sendiri dari menerapkan prinsip diet, ketidakcocokan tubuh Anda untuk memakai jenis diet tersebut, hingga jenis diet tersebut sebetulnya memang tidak baik. Memilih jenis diet yang baik adalah hal mutlak bagi Anda yang mendambakan tubuh ideal sekaligus sehat.
Salah satu jenis diet yang tidak baik dan cenderung ekstrim adalah diet Kol. Dalam praktiknya, diet ini mengharuskan Anda untuk mengganti seluruh menu makanan Anda dengan sayur kol terus menerus selama minimal 10 hari.

Walaupun hasilnya cukup signifikan untuk menurunkan berat badan, namun diet jenis ini mengakibatkan Anda mengalami malnutrisi karbohidrat, mineral, dan protein. Tentunya bukan jenis diet yang baik bukan?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan pilihan diet. Yang paling utama adalah harus mengenal tubuh Anda terlebih dahulu. Anda harus mengetahui kapasitas tubuh Anda apabila Anda memilih untuk melakukan diet. Pada prinsip dasarnya, diet adalah melakukan pengurangan asupan makanan keseharian Anda untuk mengurangi berat badan secara signifikan.

Apabila tubuh tidak siap untuk menerima metode diet yang Anda terapkan, alih-alih mendapatkan berat badan yang ideal, justru penyakit komplikasi lain bisa-bisa datang menggerayangi Anda sewaktu-waktu. Memilih jenis diet yang baik adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan berat badan ideal, sekaligus mencegah efek samping yang tidak diharapkan.

Cara yang paling mudah dalam memilih metode diet terbaik bagi Anda adalah melakukan konsultasi dengan dokter, khususnya dengan dokter gizi. Melalui cara tersebut, Anda dapat mengatur program diet terbaik menyesuaikan dengan kekuatan tubuh Anda sendiri. Namun bagi beberapa orang, cara tersebut cukup rumit. Ditambah, biaya konsultasi juga tidak murah.

Oleh sebab itu sebagian orang lebih memilih untuk mencari jenis diet yang baik baginya melalui hasil selancar di internet. Tidak berlebihan memang, karena banyak konten yang menyajikan berbagai program jenis diet yang cukup menggoda untuk dipraktikkan. Mulai dari karena mudah, hingga cara paling cepat dalam menurunkan berat badan.

Sayangnya, saat memilih salah satu jenis program diet, banyak yang cenderung menyepelekan kesiapan tubuh mereka sendiri. Alhasil, memang berat badan menurun secara drastis, tapi potensi untuk mendapatkan penyakit komplikasi juga semakin besar. Hal ini terjadi karena jenis diet tersebut tidak cocok dengan ketahanan tubuh. Bukannya sehat, malah Anda bisa saja lebih sering sakit. Menakutkan bukan?

Anda tidak perlu khawatir! Berikut ini kami akan memberikan beberapa program jenis diet yang baik sekaligus penerapannya yang bisa Anda lakukan tanpa harus memikirkan efek samping yang berarti. Beberapa rekomendasi diet di bawah ini bisa menyesuaikan dengan ketahanan tubuh setiap orang.

Penyeimbangan jumlah nutrisi dan kalori

Diet yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh setiap orang adalah jenis ini. Secara sederhana, berat badan yang berlebih bukan hanya terjadi karena faktor Anda terlalu banyak menerima asupan nutrisi. Tapi juga kurangnya aktivitas fisik yang Anda lakukan, dalam hal ini adalah olahraga.
Olahraga adalah kunci utama dalam menekan jumlah kalori yang menumpuk di tubuh, sekaligus menciptakan tubuh ideal. Jenis diet yang baik ini berprinsip kepada penyeimbangan yang Anda lakukan terhadap jumlah asupan kalori sekaligus pengeluaran kalori tersebut. Cara paling efektif untuk mengeluarkan kalori tersebut adalah berolahraga.

Anda tidak perlu melakukan aktivitas olahraga yang ekstrim. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari dengan tensi ringan sudah cukup untuk berpotensi menurunkan berat badan Anda yang berlebih.

Namun, Anda perlu berhati-hati juga menngenai jumlah kalori yang masuk. Seperti yang telah kami jabarkan di atas, Anda juga harus mengontrol jenis kalori yang masuk. Karena jenis diet yang baik bisa Anda dapatkan secara efektif apabila Anda juga membatasi jumlah asupan makanan Anda sendiri.

Salah satu jenis olahraga efektif namun mudah untuk menerapkan diet ini adalah bersepeda minimal 15 menit setiap hari. Mengingat saat ini aktivitas bersepeda telah menjadi tren bagi banyak orang, tentu tidak sulit bukan?

Selain itu, Anda juga bisa mengimbanginya dengan meminum air putih dengan cukup. Uji ilmiah banyak yang menyimpulkan bahwa minum air putih minimal 1,5 liter tiap hari mampu secara efektif mencegah penambahan berat badan secara signifikan. Jenis diet yang baik bukan?

Program diet dengan puasa

Jenis diet ini merupakan rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin melakukan diet secara sehat dan alami. Bahkan, kedahsyatan puasa sudah terjamin sejak ribuan tahun lalu.

Prinsip jenis diet yang baik ini sangat mudah. Anda tidak boleh makan dan minum kecuali di waktu-waktu tertentu. Waktu tersebut adalah saat sebelum subuh, di mana Anda diharuskan untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang cukup. Lalu di waktu setelah maghrib. Secara sederhana, Anda diwajibkan untuk berpuasa dari matahari terbit hingga matahari tenggelam.

Bagi umat muslim, diet model ini cukup mudah dilakukan karena setiap tahun mereka melakukannya dalam satu bulan penuh, yaitu di bulan Ramadhan. Anda juga bisa melakukan program diet ini kapanpun Anda mau, tanpa ada batasan hari yang berarti.

Misalnya, Anda melakukan jenis diet yang baik ini setiap hari senin dan kamis. Namun untuk mendapatkan hasil yang sangat-sangat maksimal, Anda bisa melakukan program diet ini setiap hari selang-seling. Misalnya, Anda memutuskan untuk berpuasa di hari Senin, maka Anda bisa berpuasa lagi di hari Rabu. Hari Selasa merupakan waktu libur Anda. Tidak sulit bukan?
jenis diet yang baik
Saat melakukan puasa, Anda tidak akan dibatasi jenis nutrisi yang harus dikonsumsi. Anda bebas memakan dan meminum apapun di waktu-waktu selain masa puasa. Selain itu, Anda juga tidak dibatasi untuk melakukan aktivitas apapun. Jenis diet yang baik ini tidak memiliki aturan-aturan yang sangat sulit.

Banyak penelitian yang mencoba membedah manfaat kegiatan puasa. Rata-rata, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program diet dengan berpuasa adalah salah satu model terbaik. Selain karena tidak ada batasan jumlah nutrisi yang harus dikonsumsi, puasa juga cenderung tidak memiliki efek samping secara signifikan bagi ketahanan tubuh seseorang.

Justru, jenis diet yang baik ini adalah cara terbaik untuk memperbaiki tubuh. Selain dapat menurunkan berat badang secara masif, beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa sangat efektif untuk mengontrol gula darah penyebab diabetes, mengurangi efek peradangan, meningkatkan efektivitas kerja jantung, bahkan mengurangi risiko mengalami depresi. 

Terlepas dari faktor lain, puasa adalah salah satu program terbaik yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman penurunan berat badan secara maksimal sekaligus memperbaiki kinerja setiap organ di dalam tubuh. Berani mencoba?

Tubuh ideal denga diet Mayo

Jenis diet yang baik ini bukan berarti Anda harus mengurangi jumlah konsumsi mayones. Bukan begitu. Istilah diet Mayo diambil dari pembuat rancangan model diet ini, yaitu Mayo Clinic. Sekadar informasi, Mayo Clinic adalah lembaga kesehatan sekaligus instansi pendidikan medis terbaik di dunia, terletak di Amerika Serikat.

Rata-rata, terjadi salah kaprah mengenai diet jenis ini. Di Indonesia sendiri, diet Mayo dikenal dengan kegiatan puasa secara penuh terhadap garam, mengurangi jumlah kalori, dan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Hal itu dilakukan terus menerus dalam jangka waktu 13 hari. Padahal, diet Mayo tidak demikian adanya.

Dilansir dari website utama Mayo Clinic, jenis diet yang baik ini tidak berhubungan dengan menghentikan konsumsi garam. Justru, diet ini menganjurkan untuk mengongsumsi garam, dengan takaran yang wajar tentunya. Selain itu, diet Mayo tidak hanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu. Anda bebas melakukannya sebanyak yang Anda mau.

Pada dasarnya, diet Mayo menyaranka Anda untuk menerapkan lima pola hidup sehat. Di antaranya adalah konsumsi buah dan sayur, sarapan sehat dengan jumlah yang wajar, konsumsi serat yang baik (whole grains), olahraga yang baik, dan konsumsi lemak sehat yang baik. Prinsip ini cenderung bertolak belakang dengan konsepsi diet Mayo yang sudah telanjur menyebar di masyarakat.

Dalam jenis diet yang baik ini, Anda harus menghindari, atau bahkan menghilangkan, 5 pola hidup tidak sehat. Yaitu menghindari konsumsi gula berlebih, hindari aktivitas apapun saat makan, hindari konsumsi jajanan ringan, hindari makan di luar rumah, serta hindari konsumsi daging secara berlebih. Selebihnya, Anda bebas melakukan apapun.

Dalam program diet Mayo, Anda masih diperbolehkan untuk mengonsumi berbagai asupan nutrisi. Namun, dalam penerapannya, Anda harus memperhatikan kaidah piramida nutrisi Mayo sebagai acuan dalam memilih dan memilih jenis makanan yang bisa Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga harus mengadopsi 5 kegiatan positif untuk menunjang program diet Anda. Yaitu memiliki catatan makanan yang telah Anda konsumsi, mengonsumsi makanan yang diolah dengan sehat, melakukan aktivitas olahraga kurang lebih satu jam setiap hari, memiliki jurnal aktivitas, sekaligus membuat target harian untuk menunjang program diet Anda. Tidak sulit untuk menerapkan jenis diet yang baik ini bukan?

Diet Mayo lebih mengharapkan Anda untuk menciptakan kebiasaan baru yang baik dan sehat bagi tubuh. Dua fase penting dalam diet ini adalah 2 minggu pertama dan setelahnya. Dalam dua minggu pertama, Anda harus menyesuaikan kesadaran konsep pola hidup diet Mayo. Setelah 2 minggu, dengan asumsi bahwa Anda sukses menerapkannya, maka untuk hari-hari selanjutnya Anda akan melakukan konsep itu sebagai kebiasaan hidup yang Anda miliki.

Jenis diet yang baik adalah saat di mana Anda melakukannya bukan karena keterpaksaan untuk mengurangi berat badan, tapi menciptakan kebiasaan yang baik bagi tubuh dan kesehatan Anda, sehingga pengurangan berat badan hanyalah menjadi sebuah “bonus” yang Anda terima dari kebiasaan tersebut.

Diet Mayo juga mengajarkan mengenai pentingnya kekuatan persepsi. Jika Anda berhasil menerapkan diet model ini, maka bukan hanya Anda bisa sukses mendapatkan berat badan ideal, namun juga Anda mampu menciptakan pola hidup yang baik dan berkualitas untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Berani mencoba?

Manfaat diet sehat bagi tubuh

Manfaat utama dalam berdiet adalah mengurangi berat badan dan menciptakan tubuh yang ideal. Namun, apabila Anda menerapkan jenis diet yang baik seperti di atas, banyak manfaat ekstra yang bisa Anda dapatkan.

Saat Anda, terkhusus yang memiliki berat badan berlebih, memutuskan untuk berdiet, maka Anda akan secara langsung mengurangi berbagai macam risiko yang mengintai Anda apabila Anda tetap mempertahankan berat badan yang tidak baik tersebut.

Penyakit utama orang yang memiliki berat badan berlebih adalah diabetes dan tingginya gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi organ, bahkan bisa berujung ke kematian. Selain itu, jenis diet yang baik dapat menekan Anda terkena risiko jantung.

Jantung adalah salah satu organ vital yang juga bisa terpengaruh dengan pola hidup Anda. Saat Anda, terkhusus memiliki berat badan berlebih, memutuskan untuk berdiet, maka Anda akan membantu beban kerja jantung dalam memompa darah lebih baik dari sebelumnya. Dengan kata lain, risiko Anda tervonis jantung koroner bisa ditekan.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik. Saat Anda memutuskan untuk berdiet, maka otak akan menstimulus organ lain dengan hormon-hormon positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Dengan kata lain, Anda bisa menghindari risiko terkena depresi dan penyakit mental lainnya apabila menerapkan jenis diet yang baik.

Banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan diet, terlebih bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih. Bukan hanya faktor fisik yang bisa Anda perbaiki dengan baik, namun faktor mental juga ikut terpengaruh sisi positif Anda saat memutuskan untuk berdiet.

Demikian beberapa jenis diet yang baik yang bisa Anda terapkan untuk menunjang tujuan hidup sehat Anda. Benang merah dari seluruh jenis diet di atas adalah bahwa Anda harus memperbaiki pola hidup sehat Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menekan pola makan, sekaligus meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, Anda juga diharapkan untuk meningkatkan konsumsi air putih yang lebih banyak.

Jenis diet yang baik adalah saat di mana Anda bukan hanya membuat diet tersebut sebagai program tujuan Anda. Melainkan, Anda bisa membuat jenis diet tersebut menjadi salah satu kebiasaan yang akan Anda terapkan terus menerus. Berani mencoba?

Post a comment for "Ayo Atur Berat Badan Ideal Anda dengan Jenis Diet yang Baik"