Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Olahraga Sehat Untuk Diet (Berlari) Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah Olahraga Sehat Untuk Diet (Berlari) Bisa Menurunkan Berat Badan? Berlari bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi tidak dengan cara yang Anda pikir. Lalu bagaimana dengan berenang dan bersepeda, apakah bisa membakar kalori? Iya tentu saja bisa. Kedua olahraga itu bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi mereka memiliki penghalang yang lebih besar dibandingkan berlari. Misalnya Anda mungkin butuh sepeda atau kolam renang untuk melakukannya. Sementara, ketika Anda berlari maka hanya butuh sepatu olahraga saja.

Meskipun begitu, berlari dengan tujuan menurunkan berat badan juga tidak semudah yang Anda bayangkan. Ini lebih rumit dibandingkan dengan hanya menghentakkan kaki di trotoar dan berharap bisa menghilangkan beberapa kilogram berat. Ada strategi yang terlibat untuk membuat rencana olahraga ini lebih efektif. Untuk itu kami akan membantu Anda, menemukan semua yang harus Anda ketahui untuk menurunkan berat badan dengan efektif.

olahraga sehat untuk diet

Cara Memaksimalkan Olahraga Sehat Untuk Diet (Berlari)

1.   Perhatikan diet dan olahraga Anda

Ada miliaran manfaat berlari, termasuk sebagai metode olahraga sehat untuk diet penurunan berat badan. Sayangnya, berlari saja tidak cukup dan bukan alasan untuk mengabaikan pola makan Anda. Bahkan, Anda mungkin akan mendapatkan berat badan berlebih ketika terlalu banyak berlari. Secara umum, Anda bisa membakar sekitar 100 kalori per satu setengah kilometer. Jadi ketika Anda berlari sejauh tiga kilometer, maka Anda hanya bisa membakar sekitar 200 kalori.

Sementara itu, banyak orang cenderung menambahkan 400 kalori di dalam makanan mereka seperti brownis atau pizza. Bahkan mereka juga cenderung akan makan berlebih setelah olahraga. Padahal, mereka seharusnya membuat defisit kalori secara keseluruhan jika ingin menurunkan berat badan. Jadi katakanlah jika Anda memiliki asupan harian lebih dari 400 kalori, maka cobalah untuk mengurangi hingga 200 kalori per hari.

2.   Motivasi diri Anda, namun jangan terlalu dipaksa

Anda bukanlah seorang atlet yang harus terus mengoptimalkan rencana olahraga sehat untuk diet. Karena jika demikian maka Anda bisa jadi gila jika baru memulainya. Dalam hal penurunan berat badan, membatasi dan membakar kalori adalah yang terpenting. Jadi jika Anda suka sprint, yang mampu membakar kalori lebih tinggi, maka lakukanlah. Sementara untuk Anda yang tidak suka, maka bisa melakukan olahraga jalan atau jogging sebagai alternatif dalam membakar kalori lebih lama.

Sebuah studi di bidang olahraga menemukan bahwa pelari dapat kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan pejalan kaki selama periode enam tahun. Ini sering dikaitkan dengan efek pembakaran setelah olahraga (afterburn). Jika Anda melakukan aktivitasi lari dengan intensitas tinggi, maka tubuh Anda cenderung terus membakar kalori bahkan ketika Anda tidak berlari. Untuk itu, Anda disarankan untuk memulai dengan berjalan (30 menit) dan berlari (30 detik) selama tiga kali seminggu.

3.   Jangan lupa melatih kekuatan Anda

Anda bisa melakukan olahraga sehat untuk diet dengan cara silang, yakni dengan berlari dan melatih kekuatan. Jenis latihan ini sangat penting karena memiliki beberapa alasan. Pertama, latihan kekuatan akan membuat Anda menjadi pelari yang lebih kuat dan dapat mengurangi risiko cedera. Berlari bisa membuat persendian Anda stres jika dilakukan tanpa otot yang kuat untuk menopangnya. Sementara alasan kedua, yakni angkat beban bisa membuat massa otot Anda bertambah. Dengan demikian ini bisa membakar lebih banyak kalori bahkan ketika Anda tidak berolahraga.

Pada dasarnya olahraga sehat untuk diet dengan cara berlari bisa membantu menurunkan berat badan lebih efektif. Karena ini bisa menguatkan otot dan meningkatkan pembakaran kalori. Sayangnya, jenis latihan ini juga harus dibarengi dengan pola makan yang sehat.


Post a comment for "Apakah Olahraga Sehat Untuk Diet (Berlari) Bisa Menurunkan Berat Badan?"