Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Pecinta Kuliner? Cobain Masakan Jawa Timur Sederhana Ini


Kuliner salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat anda sedang menjalani liburan atau sedang berkunjung ke daerah tertentu. Setiap daerah pasti memiliki makanan atau kuliner yang khas dan unik, khususnya daerah-daerah yang ada di provinsi jawa timur. Banyak sekali kuliner-kuliner yang ada di setiap daerah di provinsi jawa timur yang bisa anda coba dan menjadikan provinsi jawa timur sebagai salah satu surganya wisata kuliner yang ada di Indonesia dan beberapa kuliner dibawah mungkin sudah anda kenal dan mungkin sudah anda dicicipi. Jika anda pecinta kuliner? Cobain masakan jawa timur sederhana ini.

Pecel Semanggi

Masakan jawa timur sederhana
Kuliner pertama yang dimiliki oleh provinsi jawa timur adalah pecel semanggi dimana bahan utama dari kuliner ini adalah daun semanggi. Bahan-bahan yang digunakan di kuliner pecel semanggi hampir sama dengan pecel pada umumnya tapi daun semanggi menjadi salah satu bahan special dari kuliner ini. Alasan daun semanggi digunakan sebagai bahan dasar dari kuliner ini karena daun semanggi mudah ditemukan di semua daerah yang ada di jawa timur. Daun semanggi di pecel semanggi disajikan dengan bahan pecel pada umumnya seperti tauge, kangkung rebus, kerupuk dan ditambahkan bumbu pecel.

Sego Tempong

Masakan jawa timur sederhana selanjutnya yang harus anda coba adalah sego tempong yang berasal dari daerah yang mempunyai julukan “The Sunrise Of Java” yaitu Banyuwangi. Nama sego tempong berasal dari Bahasa jawa yang memiliki arti “nasi tampar” karena keunikan dari kuliner ini adalah sambalnya yang sangat pedas, segar, dan bikin nagih. Kuliner terdiri dari berbagai lauk yang biasanya bisa anda pilih sendiri dan ditambah dengan sambal yang sangat pedas yang bisa memberikan rasa seperti di tampar saat menyantap kuliner ini.

Rujak Soto

Selain memiliki sego tempong, Banyuwangi juga memiliki kuliner lain yang tidak kalah enaknya dan tidak kalah unik dengan kuliner sego tempong, yaitu kuliner rujak soto. Mungkin terdengar aneh, namun kuliner ini sangat disukai oleh masyarakat Banyuwangi karena cita rasa dari rujak soto yang segar dan kaya rempah. Kuliner ini biasanya terdiri dari bahan-bahan dari rujak pada umumnya yang dicampur dengan kuah soto yang kaya rempah dan kadang-kadang ditambahkan beberapa irisan ayam.

Bebek Sinjay

Tidak hanya Banyuwangi yang memiliki masakan jawa timur sederhana tapi daerah Madura juga memiliki kuliner khasnya yang lebih terkenal dan sangat lezat yaitu bebek sinjay. Kuliner ini berbahan dasar bebek yang dibumbui kuning dan kuliner ini berasal dari daerah Sinjay, di kabupaten Bangkalan, Madura yang sudah bisa anda temui di beberapa daerah di jawa timur karena banyak yang menjual kuliner ini. Bebek sinjay terkenal dengan empuknya tekstur dari daging bebek dan gurihnya bumbu kuning yang menyerapa ke daging bebek.

Lontong Kupang

Kuliner terakhir yang dimiliki provinsi jawa timur adalah lontong kupang yang berbahan dasar dari kupang putih. Kuliner ini cukup popular di jawa timur dan memiliki banyak penggemar karena keunikan bahan yang digunakan di kuliner Lontong Kupang. Kupang merupakan hewan laut seperi butiran beras dan hanya ditemukan di beberapa daerah seperti Sidoarjo, Surabaya, dan Pasuruan.

Demikian beberapa rekomendasi masakan jawa timur sederhana yang bisa anda coba saat berkunjung ke daerah dimana kuliner tersebut dijual atau bisa pergi ke cabang dari kuliner diatas. Kuliner-kuliner diatas selain memiliki cita rasa yang enak, namun juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Selamat berburu kuliner jawa timur.

Post a comment for "Anda Pecinta Kuliner? Cobain Masakan Jawa Timur Sederhana Ini"