Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Latihan Olahraga Sehat untuk Diet yang Dapat Anda Praktikkan

8 Jenis Latihan Olahraga Sehat untuk Diet yang Dapat Anda Praktikkan - Tahukah anda bahwa salah satu kunci untuk hidup sehat dan memiliki berat badan ideal adalah dengan rutin olahraga? Tidak mengherankan jika aktivitas olahraga juga dijadikan cara diet terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya banyak orang yang justru melewatkan olahraga sebagai kunci diet terbaik yang perlu dilakukan. Salah satu alasan yang terkadang mendasarinya adalah rasa malas untuk mendatangi pusat kebugaran.

Padahal olahraga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, termasuk dilakukan di rumah. Ada banyak jenis olahraga ringan dan sederhana yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Dan yang terpenting, efek dan manfaat dari olahraga sederhana ini sama saja dengan olahraga di pusat kebugaran. Pastikan anda melakukannya dengan keseriusan dan teknik pergerakan yang tepat supaya hasilnya optimal. Nah, biar lebih jelas, berikut ini beberapa jenis latihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

olahraga sehat untuk diet

Jenis Latihan Olahraga Sehat untuk Diet

1. Skipping

Skipping atau yang dikenal dengan lompat tali menjadi salah satu olahraga sehat untuk diet yang mungkin saja sering anda mainkan saat masih kecil. Meski terlihat sederhana, namun latihan skipping efektif dalam menurunkan berat badan secara cepat. Lantaran saat melakukan loncatan, tubuh akan membakar kalori dalam jumlah banyak serta mengurangi penumpukan lemak.

2. Yoga

Beberapa orang mengenal yoga sebagai latihan untuk meningkatkan kesehatan pikiran, ketenangan, serta kesehatan fisik. Jika memiliki pikiran yang tenang dan kesehatan mental terjaga, pastinya nafsu makan akan lebih stabil. Tetapi ternyata, yoga bisa membakar kalori dengan cepat yang akan membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih ideal. Cukup lakukan latihan selama 30 menit, anda dapat membakar kalori lebih banyak hingga 149 kalori.

3. Berenang

Olahraga sehat untuk diet yang satu ini sangatlah menyenangkan, serta menjadi salah satu alternatif untuk penurunan berat badan. Ada banyak teknik berenang yang bisa anda pelajari, di mana setiap tekniknya mempengaruhi jumlah pembakaran kalori tubuh. Misalnya saja untuk teknik renang menggunakan gaya punggung, diklaim mampu membakar hingga 298 kalori. Selain itu, teknik renang dengan gaya dada mampu membakar hingga 372 kalori dan juga gaya kupu kupu melakukan pembakaran hingga 409 kalori.

4. Tinju

Banyak orang kerap menganggap bahwa olahraga tinju identik dengan latihan keras yang memerlukan banyak energi. Namun dibalik latihannya yang cenderung memerlukan banyak energi, ternyata olahraga ini cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Bagi anda yang menyukai jenis latihan ini, anda bisa melakukannya selama 1 jam untuk membakar sebanyak 800 kalori.

5. Bersepeda

Selain beberapa olahraga menyenangkan di atas, ternyata bersepeda juga bisa dijadikan olahraga sehat untuk diet. Aktifitas ini bisa anda lakukan kapan pun, baik itu pagi, siang, sore, atau malam sekalipun. Jika tak memiliki banyak waktu luang, cobalah bersepeda untuk suatu hal seperti berbelanja, berangkat sekolah, bekerja, atau pergi kemana pun.

6. Lari

Ingin melakukan olahraga murah dan sederhana, serta tanpa membutuhkan peralatan apapun? Anda bisa mencoba latihan lari yang bisa dilakukan di mana pun, misalnya berkeliling halaman rumah, kompleks perumahan, lapangan, dan lain sebagainya. Ketahuilah bahwa lari kurang lebih 30 menit mampu membakar sebanyak 298 hingga 372 kalori dalam tubuh

7. Senam

Latihan olahraga sehat untuk diet dan sangat menyenangkan, salah satunya adalah senam. Tubuh akan bergerak sembari mengikuti alunan lagu yang diputar, sehingga pembakaran kalori semakin banyak. Ada banyak jenis latihan senam yang bisa anda coba, contohnya seperti zumba, aerobik, dance, dan berbagai pilihan senam lainnya.

Menurunkan berat badan bukan sekadar untuk memiliki penampilan yang lebih menarik, tetapi lebih ke manfaat kesehatan yang didapatkan. Olahraga sehat untuk diet menjadi salah satu usaha untuk berat badan yang ideal, sekaligus menyehatkan tubuh.


Post a comment for "8 Jenis Latihan Olahraga Sehat untuk Diet yang Dapat Anda Praktikkan"