Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Opsi Diet Sehat Cepat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan


6 Opsi Diet Sehat Cepat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengubah pola makan Anda. Namun, banyaknya rencana diet yang tersedia mungkin menyulitkan Anda untuk memulai. Anda mungkin memiliki banyak opsi diet, namun tidak tahu mana yang lebih cocok dan efektif. Untuk itu kami disini akan membantu Anda menguraikan beberapa opsi terbaik yang bisa Anda coba.

Beberapa diet bertujuan untuk membatasi nafsu makan atau mengurangi asupan makanan Anda. Sementara yang lain mungkin menyarankan untuk membatasi asupan kalori seperti karbohidrat atau lemak. Namun dengan perkembangan zaman, kini banyak metode diet yang lebih sehat dan tidak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

diet sehat cepat
diet sehat cepat

6 Rencana Diet Sehat Cepat Terbaik dan Efektif

 Intermittent fasting

Intermittent fasting (diet puasa) adalah strategi diet sehat cepat untuk mengatur siklus kapan Anda bisa makan, dan kapan Anda harus puasa. Jadi alih-alih mengurangi asupan makanan, ini lebih ke arah mengatur kebiasaan makan Anda. Ada banyak bentuk diet puasa, termasuk metode 16/8 (membatasi asupan kalori hingga 8 jam per hari), dan metode 5:2 (membatasi kalori harian menjadi 500-600 kalori per dua kali dalam seminggu).

Diet nabati

Diet nabati yang paling popular adalah dengan membatasi produk hewani seperti para vegetarian. Cara ini sebagian besar dilakukan dengan menghilangkan semua menu yang berkaitan dengan daging, unggas, atau ikan. Beberapa vegetarian juga menghindari telur dan susu, serta produk turunan mereka seperti: gelatin, madu, kasein, dan albumin. Namun tidak semua diet nabati membatasi produk hewani, karena ada juga yang lebih fleksibel dengan tetap mengonsumsi produk hewani dalam jumlah sedang.

Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat adalah salah satu diet sehat cepat yang paling populer untuk menurunkan berat badan. Contoh dari metode ini termasuk: diet Atkins, diet ketogenik (keto), serta diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak (LCHF). Secara umum, cara kerja diet ini yaitu dengan membatasi karbohirat dan menggantinya dengan asupan tinggi protein dan lemak. Cara ini dipercaya dapat membantu mengekang nafsu makan dan meningkatkan metabolisme lebih cepat daripada diet lemak.

Diet paleo

Pendukung diet paleo (diet manusia goa) pada dasarnya mengikuti pola makan nenek moyang pada zaman paleolitikum. Jadi mereka percaya bahwa penyakit modern yang ada sekarang disebabkan oleh tubuh manusia yang belum berevolusi untuk memproses makanan jadi. Untuk itu pendukung diet ini biasanya langsung mengkonsumsi makanan utuh seperti buah, sayur, daging tanpa lemak, kacang, dan biji-bijian. Mereka juga membatasi makanan olahan seperti gula dan produk susu.

Diet rendah lemak

Sama seperti diet rendah karbohidrat, diet sehat cepat ini juga sudah populer selama beberapa dekade. Mereka yang menganut diet ini percaya bahwa lemak bisa menyediakan 2x jumlah kalori per gram lebih banyak dibandingkan makronutrien lain seperti protein dan karbohidrat. Untuk itu mereka membatasi lemak hingga 30 persen dari jumlah kalori harian. Bahkan diet yang lebih ketat juga bisa membatasi hingga di bawah 10 persen dari jumlah kalori.

Diet Mediterania

Diet ini umumnya didasarkan pada pola makan orang-orang Itali dan Yunani, yang secara khusus dirancang untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Namun banyak penelitian menunjukkan jika diet ini dapat membantu penurunan berat badan. Pendukung diet Mediterania biasanya lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, umbi, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Sementara itu mereka juga tetap mengkonsumsi protein hewani seperti ikan dan makanan laut dalam jumlah sedang.

Sementara semua diet sehat cepat di atas telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, namun diet yang harus Anda pilih harus bergantung pada gaya hidup dan preferensi makanan Anda. Karena ini juga akan memastikan Anda bisa bertahan hidup dalam jangka panjang.


Post a comment for "6 Opsi Diet Sehat Cepat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan"