Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sumber Lemak yang Bisa Membantu dalam Diet Sehat Alami dan Cepat

5 Sumber Lemak yang Bisa Membantu dalam Diet Sehat Alami dan Cepat. Diet bebas lemak dengan makan sayuran, buah, yogurt atau susu mungkin terlihat sangat modis, namun ini memiliki kelemahan. Secara umum, lemak yang Anda konsumsi akan membentuk sebagian besar dinding sel. Jadi jika Anda melakukan diet rendah lemak atau tanpa lemak, maka dinding sel tubuh Anda tidak akan fleksibel. Keadaan ini akan menyulitkan bagi nutrisi yang akan melewati dan ingin memberi makan sel-sel Anda.

Sementara itu, dinding sel yang kaku biasanya akan kurang responsif terhadap pesan dari hormon dan molekul penting lainnya. Padahal jika Anda tahu bedanya, maka tidak semua jenis lemak itu buruk. Faktanya, lemak alami juga sangat penting dalam menyeimbangkan hormon. Yang pada gilirannya dapat membantu mengatasi stres, meningkatkan tidur, dan mengatur suhu tubuh. Ini juga dapat membantu dalam penggunaan vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak.

diet sehat alami dan cepat

Dapatkan Lemak Super ini dalam Diet Sehat Alami dan Cepat Anda

1.    Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan yang bisa membantu diet sehat alami dan cepat ini meliputi: kacang almond, kenari, kacang mete, dan pistachio. Kacang ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menyehatkan jantung, serta mampu meningkatkan metabolisme untuk pembakaran lemak berlebih. Jenis kacang ini juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi keinginan untuk ngidam makanan.

2.    Telur Utuh

Telur adalah jenis makanan yang padat nutrisi dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Ditambah lagi, telur juga kaya akan vitamin B6, B12, A, D, E dan K, folat, kolin, lutein, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan asam lemak omega-3. Sementara itu, banyak studi menyebutkan jika sarapan telur di pagi hari bisa menurunkan berat badan dua kali lipat, dibandingkan jika Anda sarapan karbohidrat.

3.    Minyak Kelapa

Minyak kelapa umumnya mengandung asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acid, MCFA) yang merupakan jenis lemak jenuh paling sehat. Ini sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan sambil menjaga kesehatan Anda. Sementara lemak lain hanya disimpan dalam sel-sel tubuh, MCFA dalam minyak kelapa ini langsung dikirim ke hati, di mana mereka segera diubah menjadi energi. Jadi memasukkan kelapa atau minyak kelapa dalam diet sehat alami dan cepat tidak akan membuat Anda gemuk, melainkan bisa membuat Anda lebih berenergi.

4.    Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan. Kandungan asam lemak esensial ini dapat membantu memecah dan menghilangkan kolesterol atau lemak jahat dari tubuh. Ini juga dapat memberi Anda energi dan mendorong kulit untuk menahan air, dan menjadikannya halus serta awet muda. Selain itu, asam lemak ini juga penting bagi otak dan sel saraf Anda. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, yang memungkinkan tubuh Anda melakukan tugasnya dalam mengatur gula darah.

5.    Biji Rami

Biji rami umumnya mengandung banyak serat yang merupakan kunci dalam diet sehat alami dan cepat. Selain itu, biji rami juga merupakan sumber senyawa lignan. Lignan ini bertindak sebagai fitonutrien, yang mampu membantu menyeimbangkan hormon tubuh dan membuat Anda awet muda serta ramping. Namun untuk mendapatkan manfaat asam lemak esensial dari biji ini maka harus digiling terlebih dahulu. Jika Anda memakannya secara utuh, maka Anda akan kehilangan lemak baik tersebut.

Itulah beberapa sumber lemak esensial yang baik untuk dimasukkan dalam menu diet sehat alami dan cepat. Anda bisa memasukkan atau memodifikasi jenis sumber lemak ini ke dalam menu harian Anda. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan nutrisi diet lainnya.


Post a comment for "5 Sumber Lemak yang Bisa Membantu dalam Diet Sehat Alami dan Cepat"

Berlangganan via Email