Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pilihan Makanan Diet Sehat yang Aman Dikonsumsi

5 Pilihan Makanan Diet Sehat yang Aman Dikonsumsi. Salah satu kiat melakukan diet sehat adalah mengatur pola makan dan diimbangi dengan olahraga. Dengan mengatur pola makan, asupan nutrisi dan kalori yang masuk dalam tubuh akan terkontrol sehingga jika sekiranya tubuh menyerap terlalu banyak kalori, Anda dapat mengendalikannya dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat membakar kalori tersebut.

Upaya-upaya mempercepat pembakaran kalori yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga, seperti lari, jalan cepat, bersepeda, bahkan aerobik. Namun jika tidak memiliki waktu yang cukup melakukannya, biasanya dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki jumlah kalori rendah atau bahkan makanan-makanan dengan kandungan 0 kalori.

makanan diet sehat
makanan diet sehat

Makanan Diet Sehat yang Aman Dikonsumsi

Umumnya, makanan diet sehat yang aman dikonsumsi oleh ornag-orang yang sedang menjalankan diet adalah jenis makanan rendah kalori. Hal ini karena jumlah kalori yang kecil itu akan secara alami dibakar oleh tubuh untuk dijadikan energi. Berikut adalah beberapa pilihan makanan 0 kalori yang aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Oatmeal

Pilihan makanan diet sehat yang pertama adalah oatmeal. Makanan yang mengandung serat tingggi dan memiliki angka indeks glikemik rendah ini adalah makanan yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena selain dapat membantu menurunkan berat badan, oatmeal juda mengandung berbagai nutrisi, seperti fosfor, protein, dan magnesium yang terntunya diperlukan oleh tubuh.

Telur

Selain dada ayam yang biasa dikonsumsi sebagai makanan diet sehat yang membuat kenyang lebih lama, produk dari ayam berikunya yang baik dikonsumsi untuk diet adalah telur, terutama dengan memanfaatkan putih telurnya. Putih telur ini mengandung protein yang tinggi, sebaliknya putih telur ini mengandung lemak yang lebih sedikit.

Ada perbedaan kadar protein dari putih telur dan kuning telur, yakni putih telur mengandung sebanyak 3,6 gram protein sedangkan kuning telur hanya mengandung 2,7 gram saja. Protein yang ada pada putih telur pun adalah protein kompeks yang kaya akan asam amino potensial yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Selain baik digunakan sebagai makanan diet karena proteinnya, telur tidak memiliki nilai glikemik, sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes yang menjalankan diet.

Apel

Apel tentunya bukan jenis buah yang sulit ditemukan. Ya, buah yang memiliki ciri daging buah tebal dan mengandung banyak air ini adalah salah satu buah rendah kalori yang aman dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet. Ini dikarenakan dalam 1 buah apel, makanan diet sehat yang memiliki berat kisaran 100 gram hanya mengandung 95 kalori saja.

Selain dikenal sebagai buah yang kaya serat dan mineral, apel rupanya juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Angka indeks glikemik dari salah satu makanan diet sehat ini juga  tergolong rendah. Oleh karenanya, buah ini aman digunakan sebagai buah yang bisa mengendalikan berat badan, bahkan bagi pengidap diabetes.

Mentimun

Menu makanan diet sehat berikutnya adalah mentimun. Ya, buah yang juga dikenal dengan nama timun atau ketimun ini adalah buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas tersebut membuat mentimun menjadi salah satu makanan diet sehat murah dan mudah ditemukan yang banyak dikonsumsi.

Namun selain itu, rupaya kalori rendah yang dikandung mentimun yakni hanya 45 kalori saja untuk 10 ons mentimun ini menjadikan buah ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet. Oleh karenanya, buah yang memiliki nama Latin Cucumis Sativus ini termasuk dalam golongan makanan diet sehat yang aman dikonsumsi.

Sebenarnya, selain 5 makanan diet sehat yang telah disebutkan di atas, masih banyak makanan-makanan yang aman dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet. Hal tersebut karena kandungan makanan tersebut paling banyak adalah air, sementara kalori yang dikandung relatif rendah. Meski rendah kalori, makanan-makanan tersebut kaya nutrisi yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

 

 


Post a comment for "5 Pilihan Makanan Diet Sehat yang Aman Dikonsumsi"