Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan. Selain diet, olahraga adalah salah satu strategi paling umum yang sering digunakan untuk mengurangi berat badan. Olahraga ini dapat membakar kalori, dan memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan. Selain dapat membantu penurunan berat badan, olahraga juga sering dikaitkan dengan banyak manfaat lainnya. Ini termasuk dapat meningkatkan mood, membuat tulang lebih kuat, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

olahraga sehat untuk diet

Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Penurunan Berat Badan

1.   Berjalan

Berjalan adalah salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Ini adalah cara yang nyaman dan mudah bagi pemula untuk olahraga. Anda tidak akan merasa kewalahan dengan olahraga ini, dan bahkan Anda tidak membutuhkan peralatan. Selain itu, latihan ini tidak begitu berdampak pada sendi sehingga Anda tidak akan stres. Bahkan menurut studi kesehatan Harvard, orang yang berjalan 30 menit (dengan kecepatan 6,4 km/jam) dapat membakar hingga 167 kalori. Jadi cobalah memasukkan ini ke dalam aktivitas harian Anda, seperti saat berangkat bekerja atau yang lainnya.

2.   Jogging atau lari

Jogging atau lari adalah latihan olahraga sehat untuk diet yang bagus untuk membakar lemak perut. Kedua aktivitas ini mungkin tampak serupa, namun kecepatannya berbeda-beda. Kecepatan joging umumnya antara 6,4 hingga 9,7 km/jam. Sementara kecepatan lari biasanya lebih cepat dari 9,7 km/jam. Menurut studi kesehatan Harvard, orang yang melakukan jogging (dengan kecepatan 8 km/jam) selama 30 menit dapat membakar hingga 298 kalori. Sedangkan ketika mereka lari dengan kecepatan lebih dari 9,7 km/jam mampu membakar hingga 372 kalori per 30 menit.

3.   Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang mampu meningkatkan kebugaran sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun secara tradisional ini dilakukan di luar ruangan, namun Anda juga bisa melakukannya di gym, pusat kebugaran, atau di dalam rumah dengan sepeda stasioner. Menurut studi kesehatan Harvard, Anda bisa membakar sekitar 260 kalori per 30 menit dengan mengendarai sepeda stasioner kecepatan sedang. Sementara ketika Anda mengendarai sepeda umum maka bisa membakar hingga 298 kalori per 30 menit dengan kecepatan sedang (19–22,4 km/jam).

4.   Latihan beban

Latihan beban adalah pilihan olahraga sehat untuk diet menurunkan berat badan yang paling popular. Menurut studi kesehatan Harvard, Anda bisa membakar sekitar 112 kalori per 30 menit dengan latihan beban. Selain itu, latihan beban juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Jadi akan ada banyak kalori yang dibakar dengan latihan beban ini, bahkan ketika Anda tidak berolahraga sekalipun.

5.   Berenang

Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh. Menurut studi kesehatan Harvard, berenang selama setengah jam dapat mengurangi hingga 233 kalori. Sayangnya, banyak kalori ini juga dipengaruhi dengan cara berenang. Contohnya, orang yang berenang dengan gaya punggung dapat membakar hingga 298 kalori per 30 menit. Sementara renang gaya dada bisa membakar hingga 372 kalori, renang gaya kupu-kupu sekitar 409 kalori, dan berjalan di air bisa membakar hingga 372 kalori.

Banyak jenis latihan olahraga sehat untuk diet menurunkan berat badan. Beberapa pilihan yang bagus meliputi berjalan, jogging, lari, bersepeda, latihan beban, dan renang. Namun jenis latihan lainnya seperti yoga dan pilates juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Yang terpenting adalah Anda menyukai latihan ini. Dengan begitu Anda bisa berpegang teguh pada latihan untuk jangka panjang.


Post a comment for "5 Jenis Latihan Olahraga Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan"