Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal Penting Sebelum Jalani Diet Sehat untuk Remaja

5 Hal Penting Sebelum Jalani Diet Sehat untuk Remaja - Memperhatikan hal penting sebelum menjalani diet sangat bermanfaat agar rencana diet tidak gagal. Orang tua sebaiknya mendampingi anak remajanya saat melakukan diet agar program yang dilakukan tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Kegemukan pada remaja menimbulkan banyak masalah, seperti munculnya beberapa penyakit metabolis hingga korban bullying sehingga perlu memilih cara diet yang tepat dan sesuai yang tidak menimbulkan risiko.


diet sehat untuk remaja
 

Memilih Cara Diet Sehat untuk Remaja

Banyak macam diet yang bisa menjadi pilihan untuk penurunan berat badan. Akan tetapi, tidak semua diet bisa menurunkan  berat badan dengan stabil dan berdampak baik untuk kesehatan. Bahkan, ada juga yang berefek yoyo, artinya berat badan naik kembali setelah turun dengan cepat. Hindari pelaksanaan diet yang menyiksa dan pemakaian obat-obatan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Berdiet pada remaja berarti tidak perlu mengurangi porsi makan secara drastis, makan makanan yang tidak enak, atau membuat diri kelaparan.

 

Bila menetapkan akan melakukan diet sehat untuk remaja, sebaiknya memperhatikan lima hal berikut ini:

1. Memiliki Target yang Realistis

Tidak seperti orang dewasa, remaja belum bisa membuat target jangka panjang. Hal ini karena umumnya remaja mudah bosan dengan banyak hal, termasuk di antaranya melakukan aktivitas yang sama setiap hari. Jadi, berikan target yang realistis bagi remaja yang tidak sulit untuk dicapai.

 

2. Memiliki Alasan Kuat Mengapa Menurunkan Berat Badan

Alasan yang kuat akan menjadi motivasi dan penyemangat bagi para remaja dalam menjalani diet.  Bila alasan sudah kuat, menjalaninya tentu dengan kesadaran, bukan paksaan. Ajaklah para remaja mengungkapkan tujuan mereka melakukan diet. Beri pengertian kepada mereka bahwa melakukan diet bukan hanya untuk alasan estetika, melainkan lebih ditekankan untuk alasan kesehatan. Jadi alasan mereka sebagai motivasi sehingga mereka dapat tertib menjalankan program diet sehat untuk remaja.

 

3. Rajin Berkonsultasi dengan Dokter

Setiap remaja memiliki kondisi tubuh dan kesehatan yang tidak sama. Sebaiknya, orang tua berkonsultasi dengan ahli gizi ataupun tenaga medis untuk memilih cara diet sehat  mana yang sesuai untuk anaknya. Setelah mendapatkan saran dan memilih yang sesuai, orang tua juga harus rutin memantau pelaksanaannya agar bisa menilai berhasil atau tidaknya diet yang dilakukan.

 

4. Jangan Terlalu Berlebihan dalam Melakukan Diet

Melakukan diet secara berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh. Remaja yang mengonsumsi lebih banyak air sepanjang diet, tubuhnya tetap kesulitan menahan air jika tidak makan makanan seimbang. Begitu juga bila terlalu berpantang pada makanan. Tubuh remaja bisa kekurangan nutrisi penting yang akhirnya mengganggu metabolisme. Berikanlah makanan yang seimbang dan mengandung semua gizi yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan remaja. Dan lakukanlah diet sehat untuk remaja yang benar.

 

5. Memberikan Dorongan

Dorongan sangat baik bagi berhasilnya diet sehat untuk remaja. Dengan lingkungan yang selalu bersahabat, apa pun jenis diet yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Orang tua bisa melakukan evaluasi bulanan dan terus melakukan pendampingan agar anak remajanya tidak kesulitan menjalani gaya hidupnya yang mungkin berbeda dengan yang lain. Alangkah baiknya jika para orangtua mendukung dengan hanya menyediakan makanan sehat di rumah sehingga para remaja tidak akan kesulitan menjalani program dietnya.

 

Demikian lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum menjalani diet sehat untuk remaja. Hal utama yang tidak boleh dilupakan adalah asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan remaja harus diperhatikan dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan dan proses tumbuh kembangnya. Semoga uraian di atas bermanfaat.


Post a comment for "5 Hal Penting Sebelum Jalani Diet Sehat untuk Remaja"