Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Memulai Diet Sehat Alami Ala Orang Mediterania

5 Cara Memulai Diet Sehat Alami Ala Orang Mediterania. Adaptasi pola makan dari orang Mediterania umumnya terkenal sebagai diet tersehat di dunia. Sebagian besar menu mereka hanya berfokus pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak zaitun. Dalam diet ini juga melibatkan sumber protein hewani, seperti ikan dan daging merah tanpa lemak (seperti daging ayam tanpa kulit). Namun ini biasanya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Manfaat mengikuti pola makan Mediterania ini sangat banyak. Beberapa penelitian menunjukkan jika diet ini bisa menurunkan berat badan, mengontrol kadar glukosa (gula) darah, dan mengurangi risiko depresi. Selain itu manfaat pola makan ini juga sering dikaitkan dengan berkurangnya tingkat peradangan, risiko serangan jantung, stroke, dan Alzheimer.

diet sehat alami
diet sehat alami

Lalu seperti apa diet sehat alami ala Mediterania ini, dan bagaimana Anda memulainya? Berikut ini akan kami uraikan langkah-langkah yang bisa Anda ambil. Pilihlah salah satu strategi di bawah ini, dan biasakanlah. Ketika Anda sudah puas, maka pindah ke strategi berikutnya. Tidak peduli darimana Anda memulai, lima cara berikut tetap akan membantu Anda menuai manfaat kesehatan.

Cara Memulai Diet Sehat Alami Ala Mediterania

1.    Masak dengan Minyak Zaitun

Jika Anda terbiasa memasak dengan minyak sayur atau minyak kelapa, maka kini beralihlah ke minyak zaitun extra-virgin. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (jenis kolesterol baik). Menurut studi di jurnal Circulation, kolesterol HDL ini dapat mengangkut partikel LDL "jahat" keluar dari arteri. Anda bisa memulainya untuk hidangan ikan atau ayam untuk meningkatkan rasanya.

2.    Makan Lebih Banyak Ikan

Sumber protein dalam diet sehat alami Mediterania adalah ikan. Namun secara khusus ini lebih ditekankan pada ikan salmon, sarden dan mackerel. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung dan otak. Tapi ikan-ikan yang lebih ramping dan memiliki lebih sedikit lemak (seperti ikan cod atau nila) masih bisa digunakan. Untuk memulainya, tetapkan satu hari setiap minggu sebagai malam ikan. Anda bisa memasukkannya dalam menu makan malam seperti tumis atau sup.

3.    Makan Sayuran Sepanjang Hari

Jika Anda memperhatikan pola makan Anda dan khawatir akan ada sedikit warna hijau yang terlihat, maka ini adalah kesempatan untuk memasukkan lebih banyak sayuran. Cara baik untuk memulainya adalah dengan makan satu sayur untuk kudapan, seperti mengunyah paprika atau memasukkan bayam ke dalam smoothie. Setidaknya ambil dua porsi sayuran per hari, lebih banyak lebih baik. Menurut catatan Australia, makan tiga porsi sayuran setiap hari dapat membantu Anda mengatasi stres.

4.    Ngemil Kacang

Kacang adalah makanan pokok lain yang bisa dipakai untuk diet sehat alami. Mengambil segenggam kacang, entah itu almond, mete, atau pistachio, bisa menjadi cemilan yang memuaskan. Sebuah studi di jurnal Nutrition menemukan bahwa orang yang mengganti makanan ringan mereka (kue, keripik, kerupuk, sereal) dengan almond, akan lebih sedikit mendapatkan kalori kosong. Kacang-kacangan juga mengandung lebih banyak serat dan mineral (seperti potassium) dibandingkan makanan ringan olahan.

5.    Nikmati Buah untuk Makanan Penutup

Umumnya buah segar yang mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik adalah menu yang dapat menjaga kesehatan gigi Anda. Cobalah untuk tetap menyimpan buah segar di rumah, dan sisahkan satu atau dua potong untuk camilan sehat ketika perut lapar. Jika ini cukup membantu, maka Anda bisa menambahkan madu pada irisan pir, atau taburkan sedikit gula cokelat pada jeruk bali.

Pola makan orang Mediterania pada dasarnya adalah gaya hidup, seperti halnya diet sehat alami lainnya. Alih-alih melahap makanan Anda di depan TV, disini Anda akan belajar duduk di meja bersama keluarga. Selain itu, Anda juga akan belajar menyesuaikan diri dengan sinyal rasa lapar dan kenyang. Jadi selamat mencoba!

 

 


Post a comment for "5 Cara Memulai Diet Sehat Alami Ala Orang Mediterania"