Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Masakan Jawa Yang Terkenal Paling Enak


3 Masakan Jawa Yang Terkenal Paling Enak. Masakan tradisional Pulau Jawa sudah melanglang buana ke seluruh Indonesia hingga dunia. Sudah banyak orang yang mengakui bahwa masakan atau kuliner tradsional dari Pulau Jawa memeanglah memiliki cita rasa yang enak. Dari Banten hingga Jawa Timur, semua daerah di Pulau Jawa memiliki kuliner tradisionalnya masing-masing.

Jika kamu sedang ada di Pulau Jawa  kamu harus patut mencoba salah satu masakannya. Masakan tradisional dari Jawa sangat kaya dengan berbagai macam rempah – rempah, sehingga memiliki aroma dan rasa yang sedap. Tapi, sekarang pasti bingung karena dari sekian banyak  kuliner masakan tradisonal jawa yang enak – enak. Tidak usah khawatir, karena kami disini akan memberikan ulasan mengenai beberapa masakan tradisional Jawa yang paling enak disantap.

Daftar Masakan Jawa Terenak Untuk Kamu Coba

Rujak Cingur

Masakan jawa
Masakan jawa pertama yang menurut kami paling enak adalah rujak cingur. Kuliner tradisional ini berasal dari daerah Jawa Timur. Untuk kamu yang belum tahu mengenai rujak cingur itu bagaimana tampilannya? Rujak cingur memiliki beragam potongan buah – buahan yang kemudian ditambah dengan cingur (mulut sapi).
Tidak hanya itu, di dalam rujak cingur juga ditambahkan sayur – sayuran dan tahu. Bumbu dari rujak cingur sendiri terdiri dari petis, cabai, gula merah, kacang goreng, bawang putih. Setelah itu diulek dan dicampur dengan berbagai potongan buah, sayuran, dan tahu. Biasanya juga rujak cingur dikonsumsi dengan kerupuk, yang akan menambah rasa nikmat kamu dalam menyantap kuliner yang satu ini.

Lontong Balap

Ada yang tahu enggak, kenapa masakan jawa  yang satu ini dinamai dengan nama lontong balap? Nah, dibalik nama itu ceritanya dulu banyak pedagang lontong yang membawa dagangannya keliling kota Surabaya dengan jalan kaki. Tetapi, mereka membawa dagangannya dengan sangat cepat, hingga nama lontong balap begitu melegenda di wilayah Jawa Timuran.
Di dalam lontong balap terdiri dari lontong, touge, lenthok, bawang goreng, sambal, tahu goreng, sambal., dan siraman dari kuahnya yang memiliki ciri khas. Rasa dari kuahnya yang membuat ketagihan untuk menyantapnya terus – menerus. Jika kamu ke Jawa Timur, khususnya Surabaya kamu wajib mampir untuk mencobanya. Santaplah lontong balap selagi hangat, jangan sampai dingin baru dimakan hehe.

Tahu Tek

Nama masakan jawa yang satu ini tidak kalah unik dengan kuliner tradisional yang sebelumnya. Dibalik namanya ini memiliki cerita yang tak kalah unik dengan lontong balap. Nah, dinamakan tahu tek, karena para penjual tahu tek biasanya kalau berjualan selalu mengetuk garpu sambil mengatakan “tek – tek – tek”. Maka dari itu dinamakan tahu tek

Apakah kamu pernah mencoba kuliner yang satu ini ? tahu tek biasanya ditemukan pada saat malam hari. Di dalam satu porsi tahu tek kamu akan dimanjalan dengan tahu goreng, lontong, tauge, kentang goreng, krupuk, timun, dan telur. Dan juga jangan lupa siraman dari bumbu tau tek yang sangat menggugah selera. Selagi kamu ada di Jawa kamu wajib untuk mencicipi kuliner ini, harganya sangat murah kok, biasanya dibanderol Rp10.000 per porsi.

Nah, itulah beberapa masakan jawa yang terenak menurut kami, dan sangat disarankan untuk kamu mencobanya. Tenang, kalau soal harga pastinya semua kuliner tersebut sangat ramah ke kantong. Dipastikan lidah kamu akan termanja dengan kelezatan berbagai kuliner tradisional yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari referensi kuliner tradisional jawa.

Post a comment for "3 Masakan Jawa Yang Terkenal Paling Enak"