Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Kunci Sukses Diet Mayo

3 Kunci Sukses Diet Mayo – Program diet ini merupakan sebuah metode penurunan berat badan yang dikembangkan berdasarkan penelitian ahli klinis dan pemantauan rinci oleh para ahli kesehatan Mayo Clinic yeng berpusat di Minnesota, Amerika Serikat. Pada dasarnya program diet ini simpel dilakukan, yaitu cukup membatasi kadar karbohidrat dan garam pada makanan yang dikonsumsi. Tetapi meskipun demikian, tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalankannya.

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa kiat sukses diet yang diprakarsai oleh Mayo Clinic. Tetapi sebelumnya akan dipaparkan terlebih dahulu, fase-fase yang wajib dipatuhi selama menjalankan program diet ini. Pertama yaitu lose it!, atau fase awal. Fase ini berlangsung selama 14 hari atau 2 minggu dengan merubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi gaya hidup sehat. Kedua yaitu live it!, dalam fase ini dianjurkan untuk lebih aktif berolahraga. Selain itu wajib membuat pilihan makanan, porsi, dan menu yang tetap berpedoman pada kebiasaan sehat.


Diet Mayo
Diet Mayo

3 Kunci Sukses Diet Mayo yang Wajib Dipraktikkan

Olahraga teratur

Diet Mayo tidak akan berhasil tanpa diimbangi dengan olahraga secara teratur. Agar optimal, disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit per harinya. Kegiatan ini selain efektif untuk membakar tumpukan lemak, juga akan membantu mengencangkan kulit, tubuh pun akan terasa lebih sehat dan bugar. Olahraga dapat dilakukan di pusat kebugaran atau cukup dilakukan di sekitar rumah, seperti lari, jogging,  lompat tali atau skipping.

Memilih makanan sehat

Program diet asal Amerika Serikat ini memiliki piramida makanan yang dijadikan sebagai panduan gizi. Piramida makanan tersebut menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak (lapisan bawah), kemudian dilanjutkan karbohidrat, daging, produk susu, dan lemak, sedangkan makanan manis menempati posisi teratas, atau dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Menu harian yang dapat jadikan referensi selama melakukan program diet mayo, yaitu menu sarapan pagi terdiri dari 1 buah pisang, 95 gram sereal gandum atau setara dengan ¾ cangkir, dan minuman bebas kalori. Menu makan siang terdiri dari 1 porsi salad, 75 gram buah nanas, 1 potong roti gandum utuh, 1,5 sendok teh mentega dan minuman bebas kalori (air putih). Untuk menu makan malam terdiri dari 3 ons kerang, 1 sendok teh minyak zaitun, kentang tumbuk dengan campuran bawang putih dan kembang kol, 175 gram buah bit, dan minuman bebas kalori. Sedangkan untuk camilan terdiri dari 8 keping biskuit gandum dan 2 buah plum.

Mengurangi makan sembari menonton TV

Selama melakukan program diet ini sebaiknya hindari kegiatan ngemil atau makan saat menonton TV. Meskipun telah menerapkan pola makan sehat setiap harinya namun kegiatan ini akan memicu adanya keinginan untuk makan secara terus menerus. Sebab selama menonton otak akan terditraksi dan tidak akan memperhatikan jenis makanan yang akan dimakan. Sebenarnya tidak hanya menonton TV, kegiatan seperti bermain game pun tidak perlu dilakukan sembari mengkonsumsi makanan. Hal ini perlu ditekankan agar program diet dapat maksimal dan berhasil sesuai dengan harapan.

Diet mayo hanyalah salah satu dari program diet sehat yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam pelaksanaan metode diet ini, perlu adanya komitmen yang kuat dan kesabaran ekstra. Sebab diet ini butuh proses yang tidak sebentar. Dimulai dari mengubah pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan memilih makanan yang sehat, hingga wajib berolahraga secara teratur. Hal itu bukanlah perkara yang mudah. Kondisi tubuh pun juga harus diperhatikan. Tidak ada salahnya jika berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi untuk memaksimalkan pelaksanaan program diet yang hendak dijalani.

 


Post a comment for "3 Kunci Sukses Diet Mayo"