Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Masakan Indonesia yang Enak Dimulai Dari Rempah-Rempah

Resep masakan Indonesia yang enak dimulai dari rempah-rempah. Salah satu yang mempengaruhi cita rasa masakan Indonesia adalah jenis rempah-rempah. Tanpa bahan dasar rempah-rempah yang tepat, maka cita rasa makanan itu akan berbeda. Itulah yang membuat masakan Indonesia sangat khas, karena tidak ada negara lain di dunia yang menghasilkan rempah-rempah sebesar Indonesia.

Jenis Rempah-Rempah Khas Masakan Indonesia

Jahe

Jehe merupakan jenis rimpang yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Jadi, penambahan jahe ke dalam bumbu makanan seperti sayur lodeh atau kari bebek akan menguatkan aromanya. Jahe sendiri memiliki rasa yang agak pedas dan cenderung memberikan efek hangat, sehingga banyak digunakan untuk campuran minuman dan obat tradisional.

masakan Indonesia yang enak
masakan Indonesia yang enak

Lengkuas

Lengkuas atau laos merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama dengan jahe, namun aromanya tidak sekuat jahe. Biasanya kulit lengkuas ini lebih kasar daripada jahe, selain itu daging rempahnya juga berserat dan keras. Lengkuas banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa masakan Indonesia yang enak seperti kuah sup dan ayam goreng.

Gula Aren

Gula aren atau gula jawa biasanya dijual dalam bentuk balok atau silinder yang padat, jadi harus dihaluskan dulu sebelum dipakai. Jenis gula ini terbuat dari getah aren (kadang-kadang kelapa) dan biasa digunakan untuk menyeimbangkan rasa pada jenis makanan yang gurih. Selain itu, gula aren juga dapat digunakan untuk membuat permen dan isian untuk jenis kue tertentu.

Kemiri

Jenis kacang yang satu ini biasa dikenal dunia sebagai candleberry, candlenut, atau Indian walnut. Ukuran dan teksturnya hampir sama dengan kacang macadamia di Amerika. Fungsinya sendiri sebagai penambah tekstur dan rasa masakan Indonesia yang enak, seperti: saus, kari, atau kuah sayuran tertentu. Namun sebelum dipakai, kacang mentah ini harus digoreng terlebih dahulu untuk mengeluarkan racunnya.

Kluwak

Jenis rempah yang satu ini biasanya digunakan untuk memberi warna hitam dan rasa yang khas pada masakan rawon. Kluwak sendiri pada dasarnya merupakan biji pohon kepayang yang memiliki cangkang keras dan mengandung racun hydrogen sianida. Untuk itu, sebelum digunakan maka biji kluwak ini harus direbus dan direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan racunnya.

Bawang Goreng

Masakan Indonesia yang enak biasanya tidak jauh-jauh dari yang namanya bawang goreng. Ini adalah topping gurih yang banyak dimasukkan ke dalam hidangan masakan seperti soto, bakso, mie goreng, sup dan sebagainya. Ada banyak produk jadi yang dijual dipasaran, namun jika Anda membuatnya sendiri juga tidak sulit. Bawang goreng pada umumnya terbuat dari irisan bawang merah yang dikeringkan lalu digoreng dengan minyak sayur.

Kecap Manis

Kecap manis merupakan jenis akulturasi budaya China dan Indonesia yang terjadi pada dahulu kala. Para imigran China kemungkinan memiliki dampak yang besar dalam mengenalkan kecap dan kedelai di nusantara. Sementara orang Indonesia membuat kecap mereka sendiri dengan tambahan gula.aren. Hasilnya, kecap Indonesia memiliki tekstur yang lebih kental dan lebih manis dari kecap China. Ini sangat lezat ketika dicampurkan untuk saus ikan bakar, nasi goreng, dan sebagainya.

Bahan-bahan di atas merupakan jenis rempah mentah dan olahan yang sering dipakai untuk membuat masakan Indonesia yang enak. Tanpa bahan di atas, maka makanan yang Anda nikmati belum tentu seenak dan sesehat sekarang. Jadi bersyukurlah karena Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber bahan panganan.


Post a comment for "Resep Masakan Indonesia yang Enak Dimulai Dari Rempah-Rempah"