Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Masakan Jawa Tengah yang Patut Anda Coba

Rekomendasi Masakan Jawa Tengah yang Patut Anda Coba - Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang begitu populer dengan menu kulinernya yang khas. Bahkan tak jarang, beberapa menu masakan yang begitu diminati oleh para wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Karena selain nikmat dan unik, beberapa diantaranya adalah menu yang legendaris. Tentu hal ini membuat anda tergoda untuk menikmati sajian khas dari Jawa Tengah. Oleh karena itulah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi masakan yang patut Anda coba.

Rekomendasi Masakan di Jawa Tengah

1. Tahu Petis

Salah satu jenis masakan berupa cemilan ini sudah begitu populer dikalangan masyarakat. Keunikan dari tahu petis ini adalah cara penyajian yang ditambahkan dengan bumbu saus hitam. Bumbu saus hitam dibuat dari bahan petis atau olahan udang atau ikan yang sudah mengental.

masakan Jawa Tengah
masakan Jawa Tengah

2. Tempe Mendoan

Jika dilihat dari namanya, tentu bahan yang digunakan untuk membuat masakan Jawa Tengah tempe mendoan adalah bahan tempe. Proses pembuatan masakan Jawa Tengah ini pun sama, yakni dengan tempe goreng pada umumnya. Hanya saja proses memasak tidak membutuhkan waktu lama, sehingga gorengan tempe tidak terlalu matang. Maka dari itu, diperlukan minyak yang cukup banyak agar tingkat kematangan sama.

3. Nasi Gandul

Menu makanan khas dari Jawa Tengah selanjutnya adalah nasi gandul yang memiliki cita rasa nikmat dan gurih. Tak jarang, menu ini juga disebut dengan nama nasi uduk. Saat proses pembuatannya, nasi diolah dengan tambahan daun pandan untuk menciptakan aroma yang kuat dan menggoda selera. Cara penyajiannya tidak menggunakan piring atau mangkuk, melainkan dibungkus daun pisang sehingga menambah aroma wangi dan alami.

4. Brekecek

Menu masakan Jawa Tengah selanjutnya adalah brekecek yang dibuat dari bahan dasar ikan pathak atau ikan jahan. Namun tak jarang, brekecek juga dibuat dari bahan kepala ikan menthok dan basur. Pemilihan nama masakan brekecek ini juga bukan tanpa alasan. Namun dibalik namanya, brekecek berasal dari kata break dan kecek. Arti dari brek adalah di jatuhkan, sementara kecek berarti dicampur atau di cecak bersama bumbu.

5. Nasi Grombyang

Menu rekomendasi selanjutnya adalah nasi grombyang. Bahan utama yang digunakan adalah nasi dengan tambahan daging kerbau. Selanjutnya tambahkan kuah gurih yang dibuat dari bahan-bahan rempah. Menu nasi grombyang disajikan dengan kuah yang cukup banyak dibanding nasinya, sehingga akan tampil bergrombyang atau bergoyang.

6. Mangut beong

Jika dilihat dari namanya, masakan Jawa Tengah mangut beong ini dibuat dari bahan dasar ikan beong. Ikan ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan lele, serta merupakan ikan khas dari sungai Progo. Sehingga bagi Anda yang berada atau tinggal di luar Jawa Tengah, mungkin masih asing dengan nama ikan ini. Kelebihan dari ikan ini adalah teksturnya yang padat dan lembut, sehingga banyak orang yang menyukainya.

7. Mie Siang Kie

Misi Angki adalah salah satu menu khas dari Jawa Tengah yang berasal dari kota Semarang. Sesuai namanya tentu makanan ini dibuat dari bahan dasar mie. Jenis mi yang digunakan adalah jenis mie pangsit, lalu ditambahkan topping suwiran ayam, kuah ayam, rebusan sawi, dan juga kerupuk pangsit.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi masakan Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan kuliner Anda. Pastinya, menu-menu di atas patut Anda coba jika mengaku sebagai pecinta kuliner. Apalagi beberapa di antaranya tidak akan Anda jumpai di daerah lain. Maka dari itu, sempatkan mencicipi menu masakan tersebut ya!


Post a comment for "Rekomendasi Masakan Jawa Tengah yang Patut Anda Coba"