Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rawon Salah Satu Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Banyak Peminatnya.

Rawon Salah Satu Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Banyak Peminatnya. Siapa yang tidak kenal dengan rawon, makanan tradisional ini memang sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Rawon merupakan makanan favoit bagi sebagian masyarakat, tak hanya dari kalangan menengah keatas rawon juga memiliki penggemar dari berbagai kalangan. Rasanya yang khas dan dengan dipadukan dengan bermacam rempah rawon merupakan salah satu masakan tradisional yang menjadi warisan budaya.

Dahulu Rawon biasanya disajikan diberbagai acara adat atau acara acara besar seperti acara pernikahan, acara tasyukuran dan acara acara penting lainnya. Tetapi degan semakin berkembangnya dunia kuliner dan permintaan konsumen yang beragam banyak juga para pedagang hingga restoran yang memberikan atau menyajikan menu rawon sebagai salah satu menu andalan. Tak jarang hal ini memudahkan bagi anda yang menginginkan masakan satu ini, tidak usah lagi menunggu jika ada hajatan atau acara besar lainya, anda sudah dapat menikmati masakan ini.

Berwarna hitam dan agak pekat inilah ci khasnya rawon, dibeberapa daerah di Indonesia masakan rawon memiliki macam dan cara memasaknya masing masing, tetapi tetap tidak merubah ciri khasnya. Ada yang menggunkan santan sebagai kuahnya dan ada juga yang berkuah bening. Tetapi meskipun menggunakan santan Masakan jawa timur sederhana ini tetap akan berwarna hitam pekat.

Masakan jawa timur sederhana

Macam - Macam Isian Rawon

Berbicara tentang masakan rawon mungkin sebagaian dari anda tahu jika rawon memiliki isian berbagai macam daging, hal ini juga yang menjadi banyakknya pilihan dan semakin beraneka ragam jenis rawon ini. Tetapi meskipun denngan berbagai macam banyaknya isian daging ini rawon tetap mendapat tempat di hati pecinta kuliner.berikut bebrapa daging atau isian pada rawon.

Daging Sapi

Rawon daging sapi merupakan hal yang biasa digunakan untuk isian rawon. Dengan teksture khas agak lembut, daging sapi cocok untuk isian rawon, daging sapi juga memiliki serat yang agak kecil disbanding daging lainnya. Dengan kualitas daging sapi yang baik dan diolah dengan tepat daging sapi mampu menjadi masakan rawon yang luar biasa. Rawon yang merupakan Masakan jawa timur sederhana juga memiliki berbagai inovasi dibeberapa tempat di jawa timur.

Berbagai inovasi inilah yang menciptakan masakan dengan ikon rawon tercipta seperti adanya rawon nguling, rawon setan. Sebenarnya dari berbagai inovasi  rawon ini sama mereka tidak akan meninggalkan cita rasanya yang khas pada rawon, tetapi mungkin hanya ditambah kreasi missal pada rawon setan dibuat pedas dan mempunyai tingkat kepedasan yang berbeda beda.

Daging Kerbau

Daging kerbau juga menjadi pilihan untuk bahan pembuatan rawon. Daging kerbau yang mempunyai tekstur agak besar dan berserat besar juga cocok digunakan sebagai bahan pembutan rawon. Ada beberapa sebab masakan jawa timur sederhana ini menggunkan daging kerbau. Seperti dibali kita tahu bahwa di bali hewan Sapi sangat dihormati dan dianggap suci maka tak jarang para masyaraktanya mengganti daging sapi dengan daging kerbau.

Daging Jeroan

Jeroan memang memiliki daya tarik tersendiri, jeroan yang meliputi jantung, paru, babat, usus pada sapi maupun kerbau juga cocok untuk dijadikan isian rawon. Bukan tanpa sebab selain daging jeroan juga cocok dimasak apa saja. Mulai dari hanya digoreng sebagai pelengkap hingga sebagi isian di dalam rawon, jeroan memiliki bnayk peminat. Tentunya hal ini akan kembali  lagi ke selera makan anda, apakah anda ingin hanya isian rawon dengan menggnkan  daging apa anda ingin isian rawonnya dengan jeroan.

Dengan banyaknya macam dan ragam Masakan jawa timur sederhana rawon ini, mampu menjadi masakan yang selalu dirindukan bagi pecinta kuliner. Anda tertarik untuk menyantap rawon pada menu makan selanjutnya?, silahkan mencoba.

Post a comment for "Rawon Salah Satu Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Banyak Peminatnya."

Berlangganan via Email