Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahan Masakan Jawa Tengah Yang Berbahan Dasar Daging

Banyak olahan Masakan Jawa tengah yang berbahan dasar daging seperti sate. Sate memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerah. Tidak terkecuali Jawa tengah memiliki beragam jenis sate di setiap daerahnya. Bahkan di setiap daerah memiliki ciri khas sendiri sendiri dan memiliki keunikan antara yang satu dengan yang lainnya. Simak dibawah ini beragam sate yang berada di Jawa tengah yang akan menambahkan selera makan kamu dan memiliki nama yang unik.

Sate balibul Tegal

Disebut sate balibul karena daging yang digunakan adalah daging kambing yang berumur lima bulan. Daging sate balibul memiliki tekstur yang empuk dan memiliki ukuran potongan  yang cukup besar dan saat dibakar tidak diberi bumbu sehingga memiliki warna yang pucat. Sate balibul biasanya disajikan dengan sambal yang sudah diberi rempah-rempah. Sebagai sate balibul bisa dimakan menggunakan gulai kambing bersantan.

Sate loso pemalang

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah sate loso. Resep dari sate loso turun temurun dari nenek moyang Masyarakat pemalang, hingga banyak yang membuat sate ini dengan daging kerbau sehingga menjadi sate ikonik kota Pemalang. Sekarang membuat Sate loso banyak yang menggunakan daging sapi yang telah dipotong dan ditusuk, setelah ditusuk sate diberi bumbu sebelum dibakar, bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang. Sate loso biasa disajikan bersamaan dengan sup tulang muda.

Masakan Jawa tengah
Masakan Jawa tengah


Sate bumbon Kendal

Sate ini menggunakan bahan dasar daging sapi. Sate bumbon hampir sama dengan sate sate lainnya, yang membedakan sate bumbon adalah bumbu yang digunakan. Jika kamu jalan jalan ke kota Kendal jangan lupa untuk mencicipi sate bumbon.

Sate ambal kebumen

Masakan Jawa tengah yang selanjutnya adalah sate ambal. Sate ambal memiliki keunikan tersendiri, keunikan sate ambal adalah bumbu yang digunakan adalah bumbu tempe. Untuk membuat bumbu tempe, tempe harus ditumbuk dengan rempah sampai halus, setelah halus bumbu tempe ditambahkan cabai dan bawang goreng.

Sate serapeh

Sate serapeh biasa menggunakan bahan dasar daging ayam. Sate serapeh menggunakan bumbu bersantan kental yang ditambah gula Jawa hingga menghasilkan warna yang kemerahan merahan. Bumbu ini yang menjadi keunikan pada sate serapeh yang menggugah selera makan kamu. Biasanya sate serapeh dimakan dengan nasi tahu atau dinikmati langsung. Jika penasaran dengan rasa sate serapeh datang langsung ke Rembang Jawa tengah.

Sate kere

Selanjutnya Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah sate kere. Disebut sate kere karena sate pada zaman dahulu dimana semua kalangan masyarakat tidak dapat menikmati sate daging yang cukup mahal. Sate kere cukup disajikan bersamaan dengan bumbu kecap. Sate ini menjadi viral karena dijadikan hidangan saat acara pernikahan kahiyang ayu, Putri presiden Jokowi.

Sate kelinci Tawangmangu

Sate kelinci memang banyak yang menjual di Indonesia. Yang membedakan sate kelinci Tawangmangu adalah tempat makannya dan bumbu yang digunakan. Tempat makan yang digunakan di lereng gunung Lawu. Tempatnya yang dingin dan sejuk membuat secara makan kamu bertambah. Penyajian sate kelinci biasanya cukup dengan bumbu kecap. Dan sebagai pelengkap ditambah dengan potongan lontong membuat perut kamu kenyang, dan jangan lupa minumnya jahe hangat agar tetap fit.

Nah itu di atas beberapa masakan Jawa tengah dengan berbahan dasar daging. dan kamu yang mengaku food lovers dan pecinta sate wajib mencoba beberapa macam sate di atas.

Post a comment for "Olahan Masakan Jawa Tengah Yang Berbahan Dasar Daging"