Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahan Masakan Jawa Tengah Yang Menggunakan Bahan Dasar nasi

Banyak olahan Masakan Jawa tengah yang menggunakan bahan dasar nasi. Hampir di setiap kota di Jawa tengah memiliki Masakan yang berbahan dasar nasi dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda di setiap kota. Bahkan masyarakat Indonesia dan wisatawan asing menyukai masakan Jawa tengah. Makanan Jawa tengah bisa di jumpai di mana saja karena cara pembuatannya yang mudah dan bahannya bisa dijumpai di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah beberapa makanan Jawa tengah yang berbahan dasar nasi yang perlu kamu cicipi saat berkunjung ke Jawa tengah.

Nasi liwet solo

Di urutan pertama ada nasi liwet solo yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih. Rasa gurih nasi liwet berasal dari cara pengolahannya yang menggunakan santan. Biasanya nasi liwet disajikan menggunakan sayur labu dengan kuah santan kental, suwiran ayam, dan juga aren yang disajikan di atas daun pisang sebagai wadahnya. Nasi liwet sudah menjadi salah satu khas makanan Jawa tengah yang memiliki cita rasa gurih. Makanan bisa ditemukan dimana saja di wilayah Jawa tengah.

Nasi penggel khas kebumen

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah nasi penggel. Nasi penggel biasanya dimakan sebagai menu sarapan pagi. Menu ini biasa disajikan berbentuk bola yang berukuran seperti bola pingpong. Kamu bisa mengambil sendiri makanan ini dan ditempatkan di atas daun pisang sebagai wadah. Masakan ini biasa disajikan bersama sayur lodeh dengan kau lainnya. Selain sayuran makanan ini ditambahkan lauk lain seperti kikil atau daging sapi, dan tidak lupa tempe mendoan. Seporsi nasi penggel bisa ditemukan di wilayah kebumen Jawa tengah.

Masakan Jawa tengah
Masakan Jawa tengah


Nasi grombyang khas pemalang

Jika kamu berkunjung ke pemalang jangan lupa mencicipi nasi grombyang. Nasi grombyang sekilas sama dengan nasi rawon yang membedakan adalah kuahnya yang tidak serentak rawon, cita rasa nasi grombyang guris dengan aroma yang sangat sedap. Isi nasi grombyang terdiri dari nasi, suwiran ayam, daun bawang, dan kuah kaldu yang berlimpah. Seporsi makanan ini kamu bisa temukan di wilayah pemalang Jawa tengah.

Nasi gandul khas pati

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah nasi gandul. Makanan ini sangat populer di Pati karena memiliki nama yang unik. Selain memiliki nama yang unik, nasi gandul juga memiliki cita rasa yang cukup menggugah selera. Cara penyajian nasi gandul, nasi disajikan dengan kuah kecoklatan dengan irisan daging sapi atau jeroan sesuai selera. Sekilas rasa nasi gandul sama dengan rawon, soto, dan gulai. Untuk menikmati makanan ini kamu bisa datang ke Pati Jawa tengah.

Nasi lesah khas Magelang

Nasi lesah masih kurang populer di Jawa tengah, tetapi makanan ini tidak kalah lezat dengan makanan lain yang ada di Magelang. Penyajiannya hampir sama dengan soto, akan tetapi nasi lesah tidak menggunakan mangkok sebagai wadahnya melainkan piring. Isian nasi lesah hampir sama dengan soto yang membedakan adalah kuahnya yang menggunakan santan. Lauk dari nasi lesah terdiri dari telur, ayam, dan lain-lain sesuai selera.

Itu tadi beberapa Masakan Jawa tengah yang wajib kamu cicipi. Tidak hanya yang di atas masih banyak lagi Masakan masakan yang menggunakan bahan dasar nasi di setiap daerah daerah di Jawa tengah. Jangan lupa mencicipi makanan yang ada di daerah daerah Jawa tengah saat berkunjung ke Jawa tengah.

Post a comment for "Olahan Masakan Jawa Tengah Yang Menggunakan Bahan Dasar nasi"