Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Masakan Jawa Timur Sederhana dengan Cita Rasa Nikmat

Menu Masakan Jawa Timur Sederhana dengan Cita Rasa Nikmat - Siapa bilang rasa makanan nikmat hanya bisa didapatkan dari menu masakan modern? Padahal menu makanan rumahan yang sederhana juga bisa lho punya rasa nikmat seperti di restoran - restoran. Tentu saja cita rasa ini juga harus diimbangi dengan teknik memasak pemilihan menu yang tepat. Contohnya saja seperti menu kuliner di Jawa Timur berikut ini.

Masakan Jawa Timur yang Nikmat

1. Lontong balap Surabaya

Mendengar namanya saja, mungkin kamu akan berpikiran jika menu ini sangatlah unik seunik namanya. Ya, memang menu ini cukup unik dengan adanya bahan lontong, tahu goreng, dan juga tauge. Cara penyajiannya yakni lontong balap dicampur dengan kecap, lalu disiram kuah gurih khas lontong balap Surabaya. Biasanya masakan ini disajikan dengan menu tradisional lentho yang khas.

2. Sate Madura

Untuk masakan Jawa Timur sederhana yang satu ini kamu pasti sudah tidak asing lagi, terlebih dengan slogan khasnya "te sateeee". Memang sate Madura ini cukup terkenal dan laris diminati pengunjung, bukan hanya di Madura saja. Melainkan juga terkenal di kota-kota lain di Jawa Timur hingga seluruh Indonesia loh. Saat menikmatinya, kamu akan merasakan wangi daging yang dipanggang dengan tungku arang tradisional.

masakan Jawa Timur sederhana
masakan Jawa Timur sederhana

3. Bebek Sinjay

Masih sama-sama dari Madura, Bebek Sinjay ini punya kenikmatan yang tak tertandingi. Hidangan bebek goreng ini sangat lengkap jika dipadukan dengan nasi hangat, sambal, dan juga kremesan. Biar makin komplit dan menggugah selera, kamu bisa menambahkan mangga muda sebagai lalapannya.

4. Sate Ayam Ponorogo

Meski sama-same olahan sate, tapi sate ayam dari Madura dan Ponorogo berbeda loh. Ada beberapa masakan Jawa Timur sederhana yang menggunakan daging ayam giling lalu dibuat seperti tusukan sate pada umumnya. Tekstur begitu dan lembut di lidah, karena daging sudah diolah terlebih dulu. Untuk tambahan, sate disajikan dengan saus kacang yang manis dan gurih pastinya.

5. Botok Daun

Menu masakan selanjutnya adalah botok, makanan yang dibuat dari beberapa bahan yang dipadukan dengan kelapa parut. Bahan-bahan yang digunakan biasanya kacang panjang, tempe, tahu, ataupun daging ayam. Uniknya, makanan botok ini dibungkus daun pisang lalu dikukus. Sehingga aroma daun pisang akan menambah rasa gurih dan wangi pada makanan.

6. Nasi Gegog

Nasi gegog adalah menu masakan Jawa Timur sederhana yang berasal dari Kabupaten Trenggalek. Di beberapa kota di sekitarnya, makanan ini sangatlah populer meski tampilannya menyerupai nasi bungkus biasa. Namun isi di dalamnya lah yang membuat nasi gegog begitu dinikmati. Nasi ini disuguhkan dengan bungkusan daun pisang, serta memiliki rasa pedas khas Trenggalek.

7. Nasi Tiwul Goreng

Satu lagi nih menu masakan dari Ponorogo yang nggak kalah nikmatnya. Menu masakan tersebut adalah nasi tiwul goreng. Dari namanya saja tentu kita sudah tahu bahwa bahan yang digunakan bukanlah nasi putih, melainkan nasi tiwul atau nasi dari singkong kering. Sementara untuk cara memasak sebenarnya sama, hanya saja sebaiknya bumbu diperbanyak. Tujuannya adalah supaya bumbu bisa masuk hingga ke seluruh bagian nasi tiwul.

Siapa bilang masakan rumahan yang sederhana tidak bisa seenak makanan di restoran mewah? Coba saja kamu mencicipi menu masakan Jawa Timur sederhana di atas! Ngga bakalan deh kamu nyesel dan meragukan cita rasa nikmatnya! Apalagi jika dibandingkan dengan masakan modern, masakan Jawa Timur ini mampu bersaing pastinya.

Post a comment for "Menu Masakan Jawa Timur Sederhana dengan Cita Rasa Nikmat"