Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Masakan Indonesia yang Enak - Khas Sumatera

Menu masakan indonesia yang enak - khas sumatera. Reputasi Indonesia di bidang pariwisata seperti pantai dan perairan yang jernih, sepertinya telah menyamarkan ragam kuliner dari negara ini. Tentu saja, dengan banyaknya pulau yang terpisah maka variasi makanan di tiap wilayah juga berbeda. Seperti di Sumatera, Anda mungkin akan menemukan banyak makanan global yang tidak kalah populernya dengan masakan Jawa.

Masakan Sumatera Yang Populer

Soto Medan

Variasi soto ini cukup gurih dengan mencampurkan daging ayam atau sapi dalam kaldu kental yang kaya akan santan dan banyak rempah-rempah (seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan ketumbar). Daging yang dipakai terlebih dahulu dimasak, kemudian dicacah, dan digoreng sebelum akhirnya dituangkan dalam kaldu. Sementara itu bagian atas masakan akan penuh topping seperti kerupuk udang, telur rebus, kentang goreng, dan bawang goreng.

masakan Indonesia yang enak
masakan Indonesia yang enak

Arsik

Arsik adalah masakan Indonesia yang enak dan asli dari Sumatera Utara (Mandailing dan Batak Toba). Masakan ini juga disebut dengan ikan mas bumbu kuning, karena berbahan dasar ikan mas yang direbus dengan berbagai rempah-rempah berwarna kuning. Bumbu utama dari arsik ini sangat khas yaitu andaliman dan asam cikala yang hanya ditemukan di pegunungan Sumatera Utara.

Tekwan

Tekwan adalah masakan khas Palembang yang berupa sup bola ikan yang dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang, dan juga jamur. Ini seperti bakwan, namun dengan komponen utama yakni bola ikan tekwan yang terbuat dari campuran daging ikan dengan tepung tapioka. Untuk toppingnya yakni ada irisan daun bawang, bawang goreng, dan juga seledri. Istilah tekwan sendiri diambil dari kata “berkotek samo kawan” yang artinya duduk dan mengobrol bersama teman.

Mie Aceh

Jenis mie goreng yang satu ini merupakan hidangan khas Aceh dengan bumbu sup kari pedas. Komponen dasar masakan Indonesia yang enak ini terdiri dari mie kuning tebal, dengan ditambah irisan daging sapi atau domba, atau jenis makanan laut tertentu (seperti udang dan cumi-cumi). Sementara untuk jenis sayurannya ada daun bawang, bawang putih, tauge, kol, dan tomat.

Pempek

Jenis camilan yang satu ini berasal dari kota Palembang. Bahan dasarnya terbuat dari daging ikan giling dan tepung tapioka yang dicampur dan dibentuk bulat panjang. Campuran ini kemudian dikukus sebelum akhinya dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan minyak sayur. Untuk menambah rasanya, camilan ini biasa dicampur dengan irisan mentimun dan saus asam manis yang khas, namun ada juga yang ditambah dengan nasi.

Rendang

Jenis masakan Indonesia yang enak ini berasal dari orang Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang sendiri adalah jenis masakan daging yang diolah dengan proses memasak yang panjang. Prosedur ini dipercaya mampu membuat daging yang diolah lebih tahan lama. Bahan dasar masakan ini terdiri dari daging, kelapa, cabai, dan rempah-rempah. Yang mana keempat bahan itu dipercaya secara simbolis mampu mewakili masyarakat Minangkabau.

Nasi Padang

Makanan yang berasal dari kota Padang ini pada umumnya merupakan kombinasi nasi putih dengan bermacam-macam sayuran dan lauk khas Padang. Ini lebih seperti gaya makan dibandingkan suatu hidangan, karena nasi ini hanya ada khusus di restoran Padang. Daftar menu yang biasanya menghiasi nasi Padang yaitu ada rendang daging sapi, ayam panggang, gulai, kare, sayuran rebus, dan berbagai masakan yang mengandung banyak rempah dan cabai segar.

Contoh masakan Indonesia yang enak di atas adalah jenis makanan yang cukup populer di pulau Sumatera. Jika Anda bukan orang asli Sumatera, maka lebih baik Anda mencatat dengan baik ulasan di atas. Karena makanan-makanan di atas cukup enak dan tentunya bisa menjadi referensi baru kuliner Anda.


Post a comment for "Menu Masakan Indonesia yang Enak - Khas Sumatera"