Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Masakan Indonesia yang Enak - Khas Jawa

Menu masakan indonesia yang enak – enak khas jawa. Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau tentunya adalah rumah bagi sejumlah makanan besar yang menggiurkan. Contoh saja di pulau Jawa yang padat penduduk. Di sini Anda bisa menemukan ragam makanan yang khas dan banyak dijual mulai dari warung lokal, angkringan pinggir jalan, hingga rumah makan yang mahal.

Masakan Jawa Paling Populer

Pecel lele

Pecel lele merupakan masakan khas Jawa yang terdiri dari kombinasi lele goreng, sambal, dan sayuran segar (seperti mentimun, kubis, dan kacang panjang). Namun, ada juga yang disandingkan dengan nasi putih, tahu, serta tempe. Masakan ini merupakan favorit orang Jawa dan umumnya dijual di warung tenda pinggir jalan. Pecel lele ini cukup terjangkau, dan lebih nikmat jika dikonsumsi dengan es teh atau es jeruk segar.

masakan Indonesia yang enak
masakan Indonesia yang enak

Gudeg

Gudeg merupakan masakan Indonesia yang enak yang berasal dari Yogyakarta. Masakan ini cukup unik, karena dibuat dari nangkah mentah yang dimasak dalam santan. Variasi gudeg ada dua, yaitu kering dan basah. Keduanya menggunakan bahan yang sama, namun pada gudeg kering memiliki sedikit santan. Hidangan ini biasanya dikemas dalam besek dan disajikan bersama nasi putih, ayam, tempe, tahu, serta telur rebus.

Gado-gado

Gado-gado adalah jenis salad campuran versi Indonesia. Makanan ini terdiri dari berbagai sayuran rebus, tahu, telur, dan tempe. Selanjutnya, makanan ini dibumbuhi dengan saus kacang pedas dan dilengkapi kerupuk udang renyah. Hidangan ini banyak ditemukan di seluruh daerah dan mewakili makanan jalanan Indonesia. Akan tetapi banyak juga restoran yang meletakkannya sebagai menu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Sate

Sate merupakan masakan Indonesia yang enak, populer, dan serba guna. Makanan ini terdiri dari daging tusuk yang dimasak dengan hati-hati di atas bara. Semua jenis daging dapat digunakan untuk membuat sate, yang paling umum adalah daging ayam, kambing, serta sapi. Sate yang sudah masak setelah dibakar akan disajikan dengan dengan saus kacang yang lezat. Biasanya ada juga yang dilengkapi dengan nasi putih.

Bubur ayam

Bubur ayam adalah jenis masakan khas Jawa yang sangat bergizi, cocok untuk sarapan pagi. Makanan ini terdiri dari bubur beras yang disajikan dengan ayam suwir dan berbagai topping gurih. Topping ini terdiri dari: irisan daun bawang, bawang goreng, daun ketumbar cincang, kacang halus, kerupuk goreng, serta irisan telur rebus. Biasanya bubur ini tidak terlalu pedas, namun bisa juga disajikan dengan saus sambal yang berapi-api.

Cireng

Cireng diyakini sebagai masakan Indonesia yang enak khas Sunda. Jenis camilan goreng ini berbahan dasar tepung sagu atau tapioka yang diolah dengan bumbu, bawang putih, serta tambahan daun bawang. Namun ada juga versi modern yang menambahkan daging atau sosis di dalamnya. Bagian luar cireng pada dasarnya terasa renyah, sementara tengahnya tetap lembut dan kenyal. Makanan ini biasa dijual di kios-kios dengan disandingkan saus cabai atau kecap asin yang segar.

Batagor

Jenis masakan lain yang populer di Indonesia adalah batagor, yakni pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas khas Bandung. Camilan ini hampir sama dengan pangsit China, sayangnya makanan ini tidak dikukus. Untuk menambah rasa, biasanya batagor ini disajikan dengan kentang rebus, tahu, dan juga kol. batagor goreng ini kemudian dipotong kecil-kecil dan ditutup dengan saus kacang yang pedas.

Demikian ulasan singkat mengenai masakan Indonesia yang enak khas Jawa. Anda bisa menemukan referensi masakan-masakan tersebut dengan cepat di Internet. Semua tersedia dengan harga yang terjangkau, dan tentunya enak. Berikutnya Anda mungkin ingin mengetahui referensi masakan lain dari luar Jawa, seperti Sumatra dan sebagainya.


Post a comment for "Menu Masakan Indonesia yang Enak - Khas Jawa"

Berlangganan via Email