Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Masakan Jawa Tengah Yang Sangat Lezat

Ada banyak cara mengenal Masakan Jawa tengah yang sangat lezat dengan mudah. Karena lezatnya makanan Jawa tengah banyak orang yang ingin mencobanya lagi dan lagi, karena kepopulerannya juga banyak makanan Jawa tengah yang dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia. Banyak jumlah makanan khas Jawa tengah mulai dari yang basah hingga yang kering. Bahkan seiring perkembangan zaman kamu bisa membuatnya sendiri karena resepnya yang sangat mudah. Makanan di Jawa tengah terkenal dengan cita rasa manis, jika tidak suka manis di Jawa tengah ada juga yang bercita rasa pedas. Berikut ini rekomendasi makanan pedas.

Nasi pedas tempe semangit

Tempe semangat adalah tempe yang hampir basi. Makanan ini berbahan dasar tempe pedas yang menggunakan tempe semangit. Nasi dengan tempe semangit dipadukan bersamaan dengan kuah  menambah citarasa pedas pada kuahnya. Makanan ini sangat direkomendasikan bagi semua orang pecinta pedas.

Pecel khas Blora

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah pecel khas Blora. Meskipun nasi pecel Blora belum terkenal tetapi makanan ini memiliki keunikan yaitu wadahnya yang menggunakan daun jati. Kacang tanah yang digunakan digoreng tanpa menggunakan minyak dan dicampur dengan bumbu yang lainnya. Layaknya nasi pecel isi hampir sama dengan yang lainnya. Tak lupa tambahkan lauk seperti mendoan, ayam goreng, telur asin, bakwan sehingga menambah selera makan kamu.

Masakan Jawa tengah
Masakan Jawa tengah


Garang Asem

Gara asem adalah makanan yang berbahan dasar ayam yang dimasak menggunakan daun pisang. Selain ayam ada beberapa bahan lainnya seperti cabe rawit Dani potongan tomat sebagai pendamping isian makanan ini. Saat kamu mencoba mencicipi kuahnya, rasa kuahnya perpaduan antara asam dan pedas. Biasanya Garang asem dinikmati dengan nasi atau dimakan langsung saat masih hangat.

Buntil dengan kuah santan pedas

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah buntil dengan kuah santan pedas. Buntil merupakan olahan dari daun singkong dan daun pepaya. Isian buntil hanya parutan kelapa yang dicampur ikan teri yang sudah dibumbui. Masakan ini disajikan bersamaan dengan nasi atau dimakan begitu saja. Kuah buntil memiliki rasa asin dan gurih, dan daun singkong sebagai pembungkusnya membuat makanan ini menjadi makanan favorit pecinta rasa pedas.

Soto karang

Soto karang hampir sama dengan soto kwali. Soto karang berisikan nasi, bawang goreng, kentang goreng, kecambah, irisan daun seledri dan potongan iga sapi yang teksturnya yang empuk. disebut soto karang karena bentuknya yang mirip dengan karang yang berada di laut. Soto karang memiliki cita rasa yang gurih dengan perpaduan rempah-rempah. Ditambah lagi perasan jeruk nipis dan sambal bisa menambah selera makan kamu. Sebelum menikmatinya aduk supaya menambah citarasa.

Kraca olahan keong kuah pedas

Masakan Jawa tengah selanjutnya adalah kraca. Kraca merupakan olahan keong yang memiliki citarasa pedas. Selain memiliki citarasa yang pedas kuah dari kraco juga gurih dan cara memakannya yang tergolong unik. karena kamu bisa makan menggunakan garpu atau tusuk gigi, kamu bisa juga menggunakan cangkang kerang.

Pindang serani khas jepara

Pindang serani merupakan makanan khas dari daerah Jepara. Bahan dasar pembuatan pindang serani adalah sup ikan laut. Biasanya ikan yang digunakan adalah kerapu, kakap merah dan lain-lain yang memiliki tekstur lembut. Kuah dari pindang serani berwarna bening dan menggunakan bumbu yang beragam. Kuah dari pindang serani sangat cocok bagi kamu pecinta pedas.

Itulah diatas beberapa Masakan yang bercita rasa pedas dan cocok bagi kamu pecinta makanan pedas. Masih banyak lagi Masakan Jawa tengah yang bercita rasa pedas.

Post a comment for "Mengenal Masakan Jawa Tengah Yang Sangat Lezat"

Berlangganan via Email