Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana Bagi Kamu yang Doyan Kuliner

Masakan Jawa Timur Sederhana Bagi Kamu yang Doyan Kuliner - Apakah kamu adalah tipe orang yang doyan banget menjajal berbagai jenis makanan? Jika ya, kamu wajib nih mengunjungi Jawa Timur sebagai wisata kuliner. Lantaran di Jawa Timur ada berbagai jenis makanan tradisional yang pastinya bakal menggoda di lidah. Bahkan masing-masing kotanya juga punya makanan khas loh. Nah, sudah penasaran apa saja jenis makanan tersebut? Yuk simak daftar makanan yang bisa untuk kamu cicipi ini!

Masakan di Jawa Timur Bagi Penikmat Kuliner

1. Rujak Cingur

Jika kamu pernah mendengar menu kuliner rujak petis, menu tersebut sebenarnya cukup mirip dengan rujak cingur. Bedanya hanya ada di bahan cingur sapi yang digunakan. Kombinasi sayuran dan kikil rebus di dalamnya sangatlah menggoda. Apalagi ditambah dengan saus kacang yang akan menambah kenikmatan bumbu rujak cingur ini. Karena saus kacang inilah yang menentukan kelezatan dari cita rasa rujak cingur. Bagi kamu yang menyukai sayuran dengan tambahan cingur, tentu masakan ini layak dicoba.

2. Gado gado

Ingin menikmati masakan Jawa Timur sederhana yang sehat tanpa takut berat badan naik? Kamu bisa banget nih menjajal kenikmatan gado-gado yang dibuat dari sayuran kukus ditambah saus kacang. Untuk jenis sayuran yang digunakan biasanya adalah kentang, daun kubis, toge, wortel, serta buncis rebus. Tak jarang juga ditambahkan irisan tahu dan tempe goreng dalam jumlah sedikit.

masakan Jawa Timur sederhana
masakan Jawa Timur sederhana

3. Sego Tempong Banyuwangi

Di Banyuwangi juga ada menu masakan pedas yang akan menggoyang lidah penikmatnya. Masakan tersebut adalah seperti sego tempong khas Banyuwangi. Menu ini menghadirkan bahan makanan seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan terong goreng yang dipadukan dengan sambal dan sayur lalap. Jika dilihat sekilas, menu masakan ini cukup mirip dengan tempe penyet yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan.

4. Urap Tradisional

Olahan masakan jawa Timur sederhana ini tentunya sangat baik buat kesehatanmu. Makanan urap sendiri dibuat dari sayuran kangkung, daun pepaya, ataupun daun singkong, yang ditambah touge. Bahan tersebut dipadukan dengan parutan kelapa yang dikukus, yang memiliki rasa sedikit pedas dan berasa segar sehingga bisa meningkatkan selera makan. Untuk penyajiannya adalah bahan sayuran dicampur dengan parutan kelapa kukus yang sudah dibumbui bawang dan cabai.

5. Pecel lele

Eitss pecel lele yang dimaksud di sini tidak sama loh dengan nasi pecel saus kacang.  Melainkan, menu ini terdiri atas lele goreng dan lalapan sayur berisi daun kol, timun, bahkan terkadang ditambah bayam rebus. Untuk menambah nikmat rasa, menu ini disajikan dengan sambal terasi pedas. Atau jika ingin lebih lengkap, tambahkan petai yang digoreng dan dimakan bersama sambal. Pasti deh menu ini menggugah selera makanmu!

6. Sayur bening

Menu masakan Jawa Timur sederhana yang terakhir yaitu sayur bening tradisional. Sesuai namanya, olahan sayur ini memiliki kuah bening dengan rasa halus di lidah tanpa banyak bumbu. Untuk menambah kesegaran, gunakan campuran seledri dan kemangi. Campuran bahan tersebut juga akan menambah aroma nikmat dari masakan. Pastikan juga kamu menambahkan gula dan garam sesuai selera agar rasa manis dan asinnya menyatu.

Bagaimana? Apakah kamu tergoda ingin menikmati menu masakan Jawa Timur sederhana di atas? Kenikmatan berbagai makanan sederhana tersebut memang sudah tidak diragukan lagi deh di lidah. Rasanya pun ngga kalah dari masakan modern. Pastikan kamu mencobanya. Dijamin kamu bakal merasa ketagihan dan tergoda untuk kembali mencicipinya.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana Bagi Kamu yang Doyan Kuliner"