Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Tengah yang Unik Untuk Dinikmati

Ada berbagai macam masakan Jawa Tengah yang unik untuk dinikmati saat berkunjung ke Jawa tengah. Hampir setiap kota di Jawa tengah memiliki masakan yang unik dan memiliki rasa yang berbeda-beda di setiap kota. Masakan Jawa tengah memiliki berbagai rasa, ada yang manis, pedas, dan lain lain. Masakan Jawa tengah yang paling disukai adalah masakan tradisionalnya, bahkan wisatawan asing sangat menyukai masakan tradisional khas Jawa tengah. Banyak makanan di Jawa tengah yang berupa makanan berat dan makanan ringan. Nah dibawah ini adalah masakan khas Jawa tengah yang perlu kamu cicipi saat berkunjung ke Jawa tengah.

Soto

Soto Kudus memiliki penyajian yang berbeda yang membedakan soto Kudus dengan soto lainnya adalah penyajian soto Kudus menggunakan mangkok kecil. Soto Kudus ada yang menggunakan daging kerbau dan ada juga yang menggunakan daging ayam. Kalau kamu ingin tahu sensasinya makan daging kerbau datang saja ke Kudus untuk merasakan memakan daging kerbau.

Gudeg

Masakan Jawa Tengah yang selanjutnya adalah gudeg. Gudeg adalah makanan yang sangat terkenal di Jawa tengah. Bahan bahan membuat Makanan ini terdiri dari nangka yang dimasak menggunakan santan, gula serta daun. Memasaknya juga butuh berjam-jam hingga bumbu meresap. Gudeg biasanya disajikan dengan sayur, ayam, telur, tahu serta santan kental.

Masakan Jawa tengah
Masakan Jawa Tengah


Getuk

Getuk merupakan makanan ringan yang menggunakan bahan dasar singkong rebus yang dihaluskan dan diberi varian warna. Gethuk dulu berwarna putih Sekarang banyak macam berwarna gethuk di Jawa tengah. Ada juga getuk goreng dan rasanya juga tidak kalah enak dengan gethuk biasa. Supaya lebih enak diatas getuk diberi kelapa parut yang telah dikukus.

Sego kucing

Masakan Jawa Tengah yang selanjutnya adalah sego kucing. Sego kucing dalam artian bahasa Indonesia adalah nasi kucing karena porsinya yang sangat sedikit. Sego kucing berisi tempe, ikan teri dan sambal dan dibungkus daun pisang. Harga Sego kucing sangat murah hanya dengan Rp1.000 - Rp3.000 kamu dapat menikmati sebungkus Sego kucing.

Nasi bogana

Nasi bogana berisikan sayuran dan berbagai lauk Pauk yang dibungkus menggunakan daun pisang. Sekilas nasi bogana seperti nasi campur khas Jawa timur, nasi bogana bisa dibilang lebih komplit daripada nasi campur. Nasi bogana dengan porsi jumbo dan lauk pauknya yang komplit bisa menjadi menu makan siang.

Sego godhog

Masakan Jawa Tengah selanjutnya adalah sego godhog yang berarti nasi rebu. Bentuknya mirip dengan bakmi kuah, tapi yang membedakan adalah porsinya yang lebih banyak daripada bakmi kuah. Sego godhog dibuat menggunakan bihun, suwiran ayam, sayuran, telur, dan nasi yang disirami kuah kaldu. Jika kamu mau makan Sego godhog sebaiknya dimakan selagi hangat.

Tongseng

Tongseng berbahan dasar daging sapi, kambing atau kikil. Bahan tersebut ditumis. Tongseng bisa ditambahkan santan sesuai selera dan tingkat kepedasan sesuai selera kamu. kamu bisa menambah apa saja sesuai selera kamu.

Nasi grombyang

Masakan Jawa Tengah adalah nasi grombyang. Dalam penyajian nasi disajikan dengan kuah berlimpah. Saking banyaknya kuah, nasi tersebut terlihat grombyang-grombyang. Isi dari makanan ini adalah nasi dengan daging kerbau dan kuah pedas.

Berbagai macam Masakan Jawa Tengah di atas adalah masakan yang paling populer di Jawa tengah. Jika kamu menginginkan masakan masakan di atas kamu bisa membeli di kota kamu.

Post a comment for "Masakan Jawa Tengah yang Unik Untuk Dinikmati"