Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Tengah dari Solo yang begitu Terkenal

Masakan Jawa Tengah dari Solo yang begitu Terkenal - Tentu anda sudah tahu bukan bahwa Kota Solo seringkali dijadikan destinasi wisata? Wisata yang ada di Solo ini antara lain wisata alam, sejarah, pendidikan, hingga wisata kulinernya yang begitu terkenal. Nah, jika berbicara mengenai wisata kuliner, ada banyak menu masakan khas yang bisa Anda cicipi. Ingin tahu apa saja menu kuliner khas Solo yang bisa jadi pilihan wisata kuliner Anda? Ini dia daftar masakan kulinernya.

Masakan Jawa Tengah Khas Kota Solo

1. Tengkleng kambing

Sesuai namanya tongseng kambing ini dibuat dari bahan dasar daging kambing dengan cita rasa yang gurih dan pedas. Namun dalam pembuatannya, tengkleng lebih didominasi oleh bagian tulang kambing dibandingkan dagingnya. Bagi Anda yang baru pertama mencicipinya, mungkin akan beranggapan jika tengkleng ini mirip dengan gulai kambing. Hanya saja, tengkleng disajikan dengan konsistensi kuah yang lebih encer dibandingkan gulai.

masakan Jawa Tengah
masakan Jawa Tengah

2. Soto Gading

Soto Gading adalah salah satu menu masakan Jawa Tengah yang berupa soto yang ada di Solo. Bedanya Soto Gading dengan soto di daerah lain adalah tekstur kaldunya yang lebih kental. Dengan tekstur seperti ini tentu cita rasa yang dihasilkan juga akan lebih gurih dan memanjakan lidah.  

3. Bakso Solo

Siapa sih yang tidak menyukai menu olahan bakso yang begitu terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia ini? Nah, ketika mengunjungi Solo Anda akan menemukan banyak penjual bakso di pingir-pinggir jalan. Perbedaan bakso yang ada di Solo ini adalah tekstur daging dalam sotonya yang begitu terasa, atau biasa disebut dengan bakso urat. Begitu juga dengan cita rasa kuahnya yang begitu gurih dan rasa khas dagingnya.  

4. Sate Buntel

Meski menu masakan Jawa Tengah ini bernama sate, tapi tampilannya berbeda dengan sate pada umumnya. Lantaran bahan yang digunakan adalah daging kambing cacah, serta dibungkus memakai lapisan tipis di bagian luarnya. Setelah proses pembuatan sate buntel tersebut selesai, barulah sate dibakar agar bahan matang. Adanya lapisan lemak dan proses pembakaran sate inilah yang menyebabkan rasanya begitu nikmat dan gurih.

Untuk penyajiannya biasa ditambahkan dengan tambahan bumbu kecap, irisan bawang merah, potongan kecil daun kol, serta cabe rawit jika menyukai rasa pedas. Nah, untuk menambah kesegaran rasa, tak jarang pula ditambahkan juga jeruk nipis.

5. Brambang Asem

Brambang asem adalah salah satu menu masakan Jawa Tengah yang sudah ada sejak zaman dulu. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat brambang asam adalah daun ubi jalar rebus dan tambahan sambal. Namun uniknya, rasa sambal yang dibuat memiliki cita rasa yang super pedas sehingga sangat pas dipadukan dengan jenis makanan lain.

6. Tahok

Tahok adalah satu salah satu menu kuliner khas Solo yang berasal dari makanan tradisional Tionghoa. Tahok memiliki tekstur makanan yang lembut menyerupai puding, namun dengan cita rasa manis dan sensasi hangat di tenggorokan. Sensasi hangat ini lantaran bahan pembuatannya yang menggunakan tambahan daun serai dan rempah jahe. Selain itu, dalam pembuatannya juga ditambahkan gula merah dan daun pandan sebagai tambahan cita rasa dan aroma wangi yang alami.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencicipi menu masakan Jawa Tengah dari kota Solo di atas? Menjadikan Solo sebagai destinasi wisata kuliner memang sangatlah tepat. Apalagi jika melihat banyaknya menu masakan yang dimiliki, serta cita rasa, bahan dan pembuatannya yang unik. Sehingga wajar jika banyak orang menyukai makanan kuliner dari Solo ini.


Post a comment for "Masakan Jawa Tengah dari Solo yang begitu Terkenal"