Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Barat yang Paling Populer dan Enak yang Harus Anda Coba

Banyak Masakan Jawa barat yang paling populer dan enak yang harus Anda coba. Jawa barat memiliki banyak makanan yang enak di setiap kotanya. Bahkan di luar provinsi ini banyak yang menjual makanan khas Jawa barat. Setiap kota bahkan ibu kota di provinsi tersebut memiliki masyarakat yang kreativitas yang tinggi sehingga menghasilkan olahan olahan baru. Jika Anda berkunjung ke daerah tersebut jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk mencoba makanan khasnya. Nah dibawah ini akan dijelaskan berbagai makanan khas Jawa barat yang paling populer dan diminati oleh banyak orang.


Nasi Jamblang daun jati


Olahan nasi Jamblang sebenarnya hanyalah nasi ditambah lauk Pauk dan dibungkus daun jati. Awalnya nasi Jamblang memiliki lauk Pauk berupa tempe, tahu, dan sambal tapi sekarang lauk yang disediakan sekitar 40 jenis lauk yang berbeda-beda. Dalam satu porsi nasi Jamblang hanyalah sedikit nasi, namun yang membuat nasi Jamblang berbeda dengan yang lain yaitu diberi puluhan lauk sehingga membuat nasi Jamblang bervariasi. Apalagi pembungkusnya yang menggunakan daun jati sehingga menciptakan aroma dan citarasa yang khas dan membuat nasi Jamblang tahan basi.

Masakan Jawa barat
Masakan Jawa barat



Mie kocok


Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah mie kocok. Mie kocok memang tidak terkenal di luar Jawa barat. Namun popularitas mie kocok jangan diragukan lagi bila di Jawa barat. Satu porsi mie kocok berisikan mie telur, tauge, sawi, dan irisan daun bawang yang dikocok, karena peminat mie kocok banyak maka ditambahkan bakso dan daging dalam mie kocok. Dalam satu porsi mie mangkok tidaklah mahal hanya sepuluh sampai lima belas ribu per mangkok.

Tahu Kuningan


Masakan yang selanjutnya adalah tahu kuningan. Proses pembuatan tahu kuningan hampir sama dengan tahu pada umumnya. Yang membedakan adalah bentuknya yang lebih padat, tekstur yang lembut, dan rasanya yang gurih. Ukuran dari tahu kuningan lebih kecil daripada tahu pada umumnya. Karena teksturnya yang lembut dan isiannya yang padat tahu ini sangat cocok dijadikan cemilan ataupun sebagai pendamping makan kamu, karena tahu kuningan bisa mengenyangkan perut kamu atau mengganjal lapar. Untuk disajikan sebagai cemilan biasanya tahu kuning dipadukan dengan cabe rawit ataupun sambal, sehingga membuat citarasa pedas gurih.


Makaroni panggang

Biasanya makaroni dimakan sebagai masakan jawa barat karena ukurannya yang kecil dan gurih. Di bogor ada makaroni panggang dengan ukuran yang lebih besar daripada makaroni pada umumnya, makaroni panggang yang ada di Bogor diisi dengan aneka Isian. Pada makaroni panggang, ukuran makaroninya lebih panjang daripada makaroni pada umumnya. Makanan ini juga ditaburi parutan keju diatasnya, sehingga menambah rasa gurih pada makaroni panggang. Apabila pembuat makaroni panggang tidak telaten maka akan menghasilkan rasa yang kurang. Untuk harga makaroni panggang hanya delapan belas ribu saja, makaroni panggang bisa kamu nikmati.


Roti Unyil

Masakan ini yang selanjutnya adalah roti Unyil. Roti Unyil dengan terkenal di kalangan masyarakat Bogor kare ukurannya yang kecil. Disebut roti Unyil karena ukuran dari roti tersebut yang kecil. Kelebihan dari roti Unyil adalah melimpahnya varian rasa, dengan aneka rasa tersebut maka orang-orang tidak akan bosan menikmati roti Unyil sebagai kudapan untuk mengisi waktu luang. Untuk harga dari roti Unyil sekitar 1.500 untuk satu buah roti.


Itulah beberapa masakan Jawa barat yang paling populer di kalangan masyarakat Jawa barat. Masih banyak lagi makanan khas Jawa Barat Yang paling populer.


Post a comment for "Masakan Jawa Barat yang Paling Populer dan Enak yang Harus Anda Coba"