Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Barat Yang Memiliki Citarasa Khas Sunda

Banyak Masakan Jawa barat yang memiliki citarasa khas Sunda yang perlu kamu cicipi. Jawa barat memang terkenal dengan pusat oleh-oleh khas Sunda. Makanan khas Sunda memiliki rasa yang gurih saja, ada juga yang memiliki rasa yang pedas, asin , dan asam. Banyak wisatawan asing yang suka dengan makanan khas Sunda. Apabila kamu sedang berwisata atau berdasarkan di Jawa barat jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Sunda. Nah, dibawah ini menu makanan khas Sunda yang sudah menjadi makanan favorit banyak keluarga.

Sayur asem khas Sunda Jawa barat

Untuk membuat sayur asem tidak sulit bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sayur asem hanya menggunakan sayur-sayuran yang dicampurkan dengan Asam Jawa sehingga menghasilkan rasa asam pada kuah.  Sayur asem sangat cocok dipadukan dengan ikan asin dan sambal Sebagai pelengkap. Sayur asem juga mengandung serat yang tinggi karena bahan yang digunakan adalah sayuran yang mengandung serat.

Masakan Jawa barat
Masakan Jawa barat


Nasi liwet

Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah nasi liwet. Dalam proses pembuatan nasi liwet tidak menggunakan santan sama sekali.  Meskipun tidak menggunakan santan, nasi liwet tetap memiliki rasa gurih karena mencampurkan bumbu bumbu khas Indonesia dalam pembuatan nasi liwet. Biasanya nasi liwet disajikan dengan tempe, tahu, sayur asem, ikan asin sebagai pelengkap nasi liwet.

Pais ikan

Pais ikan biasa dengan nama lain yaitu pepes ikan. Pais ikan terbuat dari bumbu bumbu yang sudah dihaluskan lalu dibalut dengan daun pisang bersamaan dengan ikan yang sudah dicuci bersih dan ditambah tomat dan cabai di dalamnya. Makanan ini sangat cocok untuk menu makan keluarga, kare pais ikan mudah dibuat.

 Nasi tutuk Oncom

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah nasi totok Oncom. Nasi tutuk Oncom nasi dengan campuran tumis oncom atau Oncom bakar. Makanan ini sudah banyak yang menjual bahkan di luar pulau Jawa sudah banyak yang menjual nasi tutuk Oncom dengan variasi lauk Pauk sesuai daerah masing-masing.

Nasi timbel

Nasi timbel merupakan perpaduan antara nasi pulen yang dibungkus daun pisang, pada umumnya nasi timbel dibuat dengan nasi merah campuran. Nasi timbel memiliki rasa yang unik dan aroma khas yang kuat, makanan ini sangat identik Dengan makanan khas Sunda. Penyajiannya nasi timbel termasuk karena bungkusnya yang menggunakan daun pisang. Ada banyak lauk yang cocok dengan nasi timbel antara lain tempe dan tahu, ikan asin, serta lalapan dan sambal.

Mie kocok

Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah mie kocok. mie kocok tidak terlalu terkenal di pulau Jawa, namun popularitas mie kocok jangan diragukan lagi bila di Jawa barat. Dalam satu porsi mie kocok berisikan mie telur, tauge, sawi, dan irisan daun bawang, namun karena banyak peminatnya maka ditambah bakso dan daging dalam semangkuk mie kocok. Dalam satu porsi mie mangkok tidaklah mahal hanya sepuluh sampai lima belas ribu per mangkok.

Lotek

Lotek hampir sama dengan gado-gado. Makanan ini terbuat dari sayuran yang sudah direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan lotek dan gado-gado adalah bumbu kacang, bumbu kacang yang digunakan lotek kadang-kadang ditambah terasi. Tingkat kepedasan bisa juga disesuaikan dengan selera kamu.

Nasi itu saja Masakan Jawa barat yang memiliki citarasa khas Sunda. Masih banyak lagi makanan khas Sunda yang ada di Jawa barat.


Post a comment for "Masakan Jawa Barat Yang Memiliki Citarasa Khas Sunda"